28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

GAYA MUDIK MASYARAKAT ERA DIGITAL

duniafintech.com – Mudik sudah menjadi budaya yang tak bisa hilang. Bukan hanya di Indonesia, masyarakat di seluruh dunia pun punya waktu mudik masing-masing. Semakin banyaknya orang yang memilih meninggalkan kampung halaman membuat momen ini semakin dinanti-nantikan. Lalu, bagaimana gaya mudik masyarakat era digital?

Perkembangan era digital yang sudah memasuki berbagai ranah kehidupan kita, mau tak mau juga telah mengubah gaya mudik masyarakat era digital. Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran internet telah mempengaruhi cara kita dalam mengambil keputusan tentang bagaimana kita memilih  transportasi hingga lama perjalanan yang bisa kita tempuh ketika mudik. Secara umum ada banyak sekali yang berubah dari kebiasaan mudik kita. Apa saja?

Baca juga: AMARTHA.COM DUKUNG USAHA MIKRO DAN UKM

  1. Memesan Tiket Jauh Lebih Mudah

Bagi Anda yang pernah mengalami mudik di tahun 1990-an atau awal 2000-an, membeli tiket untuk mudik bisa jadi hal yang merepotkan. Tak jarang Anda terpaksa mengantri berhari-hari di stasiun agar bisa mendapatkan tiket keberangkatan yang sesuai dengan jadwal kerja Anda. Ini tentu sangat merepotkan.

Seiring berjalannya waktu dan bermunculannya aplikasi-aplikas pemesanan tiket seperti Traveloka, Tiket.com dan berbagai situs perjalanan lain, masalah ini nyaris tidak pernah kita rasakan lagi. Bahkan PT Kereta Api Indonesia sekarang menyediakan layanan online di mana Anda bisa melakukan pemesanan tiket perjalanan jauh-jauh hari. Hal yang dulunya super ribet, sekarang bisa diselesaikan hanya dengan sentuhan tangan saja.

  1. Memantau Jalur Macet dengan Lebih Mudah

Teknologi yang semakin canggih tak hanya memudahkan pemudik yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum. Anda yang memilih untuk membawa kendaraan sendiri pun bisa merasakan kemudahan yang tak kalah hebatnya di era digital ini.

Hanya dengan bermodalkan ponsel pintar, titik-titik kemacetan, tempat pemberhentian, restoran, pom bensin juga bisa Anda temukan dengan mudah. Anda juga tidak perlu takut tersesat karena GPS menjadi penunjuk arah setia yang akan membantu Anda sepanjang perjalanan. Ini merupakan kelebihan yang tidak bisa kita nikmati sebelum internet sefamiliar sekarang.

Baca juga: 5 TANDA BLOCKCHAIN SUDAH DITERIMA DUNIA

  1. Layanan Penitipan dan Pengiriman Barang

Saat mudik dulu, hal yang seringkali Anda cemaskan pasti tentang barang-barang berharga yang Anda tinggalkan di rumah. Meluasnya teknologi digital membuat orang memanfaatkannya untuk menawarkan aneka jasa secara online, termasuk jasa penitipan barang berharga hingga hewan peliharaan.

Barang-barang yang terlalu berat ketika mudik juga kini bisa dengan mudah Anda serahkan ke jasa pengiriman. Anda tinggal duduk manis dan memantau paket yang Anda kirimkan melalui ponsel dan menunggunya tiba di kampung halaman.

  1. Semakin Banyak Orang yang Memilih Tidak Mudik

Selain berbagai kemudahan mudik di atas, gaya mudik masyarakat era digital juga ditandai kehadiran teknologi yang tak selalu membawa dampak positif. Kemudahan komunikasi face time membuat Anda dan keluarga yang berada di luar kota untuk saling berbincang sambil bertatap muka. Sayangnya, bagi sebagian orang, ini malah dijadikan alasan untuk tidak mudik. “Mudik  itu merepotkan. Sekarang ‘kan silaturahmi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan gadget,” begitu biasanya alasan yang banyak dikemukakan orang.

Terlepas dari perubahan dari sisi positif dan negatifnya, mudik tetaplah budaya yang tidak boleh sampai hilang dari kehidupan kita. Maksimalkan era digital ini tanpa harus kehilangan kesempatan saling sapa dan bertemu langsung dengan sanak saudara, ya!

Written by: Dita Safitri

3 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU