24.5 C
Jakarta
Sabtu, 13 Agustus, 2022

Gempa Lombok, Masyarakat Manfaatkan Fitur Ini

duniafintech.com – Gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebesar 7 Skala Richter (SR) pada Minggu malam, 5 Agustus 2018 tidak hanya berdampak pada kekhawatiran masyakart, melainkan berdampak pula pada salah satu media sosial, yaitu Facebook.

Mengingat fitur Safety Check yang dirilis Facebook 2014 lalu, para pengguna yang berada di area Nusa Tenggara Barat dan Bali tampaknya mulai memanfaatkan fitur tersebut.

Fitur ini memungkinkan para pengguna yang berada di sekitar wilayah terkena dampak gempa tersebut untuk melaporkan keadaannya. Facebook Safety Check ini dapat digunakan untuk memberi informasi pada teman terkait kondisi pemilik akun, apakah mereka berada dalam kondisi aman atau tidak pasca- gempa Lombok tadi malam.

Baca juga : ALAMI Dorong Pendanaan Syariah Indonesia

Secara otomatis aplikasi Facebook akan mengirimkan notifikasi Safety Check, karena melihat beberapa aspek. Pertama kota yang dicantumkan, kedua lokasi terakhir jika pengguna memberikan akses Facebook kepada perangkat yang digunakan, ketiga, sinyal lain yang menunjukkan lokasi pengguna, contohnya kota tempat user menggunakan internet.

Kemudian lewat notifikasi tersebut pengguna diberi pilihan apakah ia dalam kondisi aman atau tidak. Jika aman, pengguna bisa memilih opsi “i’m safe” atau “saya aman”.

Setelah itu, Facebook akan memberi notifikasi ke semua teman-teman pengguna Facebook tentang status pengguna apakah ia baik-baik saja atau tidak. Selain itu pengguna Facebook juga bisa mengunjungi halaman berikut ini untuk mengakses Safety Check gempa Lombok tadi malam dengan menggunakan browser. Pada halaman tersebut Anda bisa melihat siapa saja rekan Anda yang berada di wilayah terkena gempa dan bagaimana keadaan/status mereka.

Baca juga : Regulasi Fintech di Tanah Air Masih Tertinggal?

Jika salah seorang teman belum memberikan respon atas Safety Check ini, Anda pun bisa bertanya pada rekan Anda lewat tombol “ask if safe”. Di halaman ini juga pengguna bisa melihat update terkini soal gempa yang mengguncang Lombok dan sekitarnya tadi malam, mulai dari rangkaian berita hingga dapat menghitung berapa jumlah korban jiwa dari bencana alam ini.

Fitur Safety Check sendiri memang dikembangkan oleh pihak Facebook sebagai sistem informasi darurat saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau banjir. Fitur ini diharapkan dapat membuat orang lebih cepat menginformasikan kondisinya ketika terjadi sebuah bencana. Selain bencana alam seperti banjir dan gempa bumi, fitur ini juga kerap diaktifkan ketika terjadi darurat seperti adanya pengeboman.

Written by : Dinda Luvita
Picture : Pixabay.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: Daftar Pinjol 24 Jam Langsung Cair

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia hari ini akan membahas tentang daftar pinjaman online 24 jam langsung cair yang bisa kamu coba. Penting diketahui bahwa...

Menteri Bahlil: Siap-Siap Untuk Kenaikan Harga BBM Subsidi

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah memberikan sinyal akan terjadi kenaikan harga BBM subsidi, lantaran harga minyak dunia sudah melampaui harga minyak di APBN sekitar US$63...

Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

JAKARTA, duniafintech.com - Dampak positif Metaverse dalam kehidupan sehari-hari cukup beragam. Teknologi ini bisa mendukung aktivitas manusia.  Saat ini dunia digital atau metaverse ini tengah...

Seberapa Penting Asuransi Persalinan? Cari Tahu Yuk di Sini!

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi persalinan atau asuransi melahirkan punya banyak manfaat sehingga tentunya sangat penting untuk dimiliki. Asuransi ini adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat...

Cara Top Up OVO lewat Panin Bank, Pasti Praktis dan Aman!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Panin Bank berikut ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna kedua layanan keuangan ini. Kemajuan teknologi seperti...
LANGUAGE