28.3 C
Jakarta
Jumat, 19 Juli, 2024

Go Mobile OCTO CIMB Niaga, Aplikasi m-Banking dengan Banyak Fitur

Go Mobile OCTO merupakan layanan aplikasi digital m-banking dari Bank CIMB Niaga dengan sejumlah fitur di dalamnya yang sangat layak dipertimbangkan dan direkomendasikan. One stop mobile financial solution ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan finansial dengan beragam fitur canggih dan keunggulan produknya.

Aplikasi ini diketahui menawarkan sejumlah fitur menarik untuk nasabah melakukan transaksi perbankan online lewat aplikasi. Fitur yang ditawarkannya juga cukup berbeda ketimbang transaksi online melalui web internet banking. Karena itu, aplikasi digital dari CIMB Niaga ini memang sangat layak dicoba dan direkomendasikan bagi mereka yang menginginkan akses perbankan lebih mudah, terlebih sejak era kerja dari rumah (WFH) seperti saat ini.

Untuk diketahui juga, aplikasi ini tumbuh sejalan dengan pesatnya kemajuan teknologi internet pada era kiwari. Penggunaan aplikasi mobile banking pun semakin maju dan banyak diadopsi oleh orang-orang. Terlebih lagi ketika dunia dilanda wabah Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu. Hal itu telah membuat orang terpaksa harus lebih banyak di rumah sehingga penggunaan mobile banking kian berkembang pesat dan menjadi kebutuhan banyak orang.

Cara Daftar Registrasi Go Mobile OCTO CIMB

Pembukaan aplikasi ini didahului dengan pembukaan rekening tabungan, yang sekarang juga bisa dilakukan secara online alias tanpa perlu pergi ke kantor cabang bank terdekat.

Cara Pendaftaran

  • Unduh aplikasi OCTO Mobile by CIMB Niaga di Google PlayStore,  Apple AppStore, atau HUAWEI AppGallery
  • Pilih menu
  • “Daftar OCTO Mobile” – untuk Nasabah CIMB Niaga.
  • “Buka Rekening Tabungan Pertama CIMB Niaga” – untuk Non-Nasabah CIMB Niaga.
  • Ikuti petunjuk yang diperlukan

Untuk informasi lebih lanjut dapat hubungi 14041 atau kunjungi Cabang dan Digital Lounge CIMB Niaga terdekat.

Syarat Download

Syaratnya cukup mudah, yakni calon pengguna harus memiliki e-KTP dan NPWP, serta mengisi formulir pembukaan rekening online. Selain itu, nomor ponsel harus terdaftar pada data Nasabah (CIF) Cimb Niaga untuk pendaftaran melalui Go Mobile OCTO. Lalu, konfirmasikan nomor ponsel di database nasabah CIMB. Apabila pengguna memakai nomor ponsel yang berbeda, silakan mengunjungi cabang atau Digital Lounge CIMB Niaga terdekat untuk melakukan pembaruan data.

Setelah memiliki rekening tabungan, pengguna langsung bisa mengakses aplikasi ini.

Cara Login

Ada dua pilihan cara login yang ditawarkan, yakni:

– User ID dan Password.

Pengguna dapat memasukkan keduanya saat menggunakan aplikasi ini.

– Scan Sidik Jari

Apabila ponsel milik pengguna dapat menyimpan sidik jari, aplikasi ini akan menyediakan cara login ini.

Fitur yang Ditawarkan 

  1. M-Banking Rekening Satu App

Keunikan dari m-banking melalui aplikasi ini adalah penggunanya dapat melihat seluruh banking relationship dengan Bank CIMB NIaga, baik itu rekening tabungan, kartu kredit, investasi, maupun deposito, hanya dalam satu tempat, yaitu di fitur “Rekening Saya”. Penggunanya juga tidak perlu pindah atau mencari-cari ke tempat lain sebab semuanya tersedia dalam 1 aplikasi sehingga monitoring terhadap rekening menjadi lebih mudah. Pemindahan dana antar rekening pun mudah karena prosesnya seamless antar-rekening.

Cara Transfer

Berbagai fitur terkait layanan transfer yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Fitur Transfer

– Transfer Realtime, yaitu jenis transfer di mana dana langsung masuk seketika (real-time) ke rekening yang dituju. Namun, ketentuan perbankan membatasi transfer online maksimum Rp25.000.000 setiap kali transfer atau total Rp100.000.000 per hari.

– Transfer Kliring, yaitu jenis transfer yang memerlukan proses kliring mengikuti jadwal kliring di Bank Indonesia. Namun, LLG memiliki batasan transfer lebih tinggi sampai Rp100 juta per transfer atau dengan jumlah tinggi ketimbang transfer online.

RTGS, yaitu jenis transfer yang memiliki ketentuan untuk transaksi di atas Rp100.000.000 dan diterima pada hari kerja yang sama jika sebelum 15:00 WIB.

Apabila ingin melakukan transfer in bulk, dalam satu group dan tidak satu per satu, aplikasi ini diketahui menyediakan fasilitas transfer massal. Fasilitas itu akan sangat membantu mereka yang sering melakukan transfer ke banyak pihak dalam waktu yang sama.

– Rekening Favorit Transfer, yaitu fitur untuk transfer rutin ke rekening yang sama setiap bulannya. Rekening Favorit Transfer juga membantu melakukan transfer secara rutin dan berkala ke rekening tujuan transfer yang sama. Dalam hal ini, bank secara otomatis sudah menyimpan rekening transfer penggunanya.

  1. Bagi Bukti Transfer

Ketika melakukan transaksi, terutama transfer, biasanya seseorang perlu mengirimkan bukti transfer. Hal ini juga menjadi kebutuhan yang penting setiap kali selesai transfer. Melalui aplikasi ini, setelah selesai kirim uang, akan muncul pilihan untuk membagikan bukti transfer dengan berbagai pilihan share, bisa melalui WhatsApp, SMS, dan e-mail.

  1. Transfer Luar Negeri

Fasilitas transfer ke luar negeri secara online juga tersedia dalam aplikasi ini. Sebagaimana diketahui, agak sulit menemukan layanan mobile banking yang dapat transfer online ke luar negeri sebab biasanya untuk melakukan hal itu, seseorang harus datang ke kantor cabang bank terdekat.

Di aplikasi ini, transfer ke luar negeri secara online dalam berbagai mata uang valuta asing, memiliki ketentuan sebagai berikut:

  • Transaksi antara pukul 06.00 WIB–23.00 WIB.
  • Mata Uang: USD, SGD, EUR, AUD, HKD, CHF, JPY, MYR, NZD, GBP, CAD, dan THB.
  • Limit transaksi IDR 200.000.000 per hari atau ekuivalen (total dari seluruh transfer, tidak termasuk transfer ke rekening pribadi) dan limit per transaksi untuk transfer ke rekening internasional adalah Rp100 juta atau ekuivalen USD10.000.
  • Info yang dicantumkan: IBAN (International Bank Account Number) dan Kode Swift Bank.
  • Wajib membuat pernyataan: “Saya menyatakan bahwa transaksi Saya tidak melebihi USD25.000 bulan ini dan apabila melebihi, saya bersedia untuk memberikan dokumen yang dibutuhkan.”
  1. Tarik Tunai tanpa ATM

Menggunakan fasilitas transaksi tanpa kartu di aplikasi ini membuat penggunanya tidak perlu khawatir saat ketinggalan kartu ATM. Caranya, yaitu dengan masuk ke aplikasi mobile banking dan klik transaksi tanpa kartu. Aplikasi ini kemudian akan mengeluarkan kode tarik tunai atau kode setor tunai. Lalu, pergilah ke ATM Niaga terdekat dan pilih transaksi tanpa kartu yang tercantum di layar mesin ATM.

Selanjutnya, masukkan kode tarik tunai tadi dan sekarang pengguna sudah dapat menarik uang tunai tanpa perlu kartu ATM. Namun, perlu dicatat bahwa kode tarik tunai memiliki masa berlaku sehingga penting untuk memastikan bahwa sudah melakukan transaksi tarik tunai sebelum masa berlaku berakhir.

Di sisi lain, khusus untuk setor tunai tanpa kartu, pengguna harus memilih mesin ATM Cimb Niaga yang dapat menerima penyetoran uang.

  1. Isi Ulang E-Money

Pada aplikasi ini juga tersedia fasilitas isi ulang e-money, di antaranya GoPay, OVO, dan LinkAja. Top up e-money melalui aplikasi ini juga lebih murah ketimbang harus transfer rekening bank. Misalnya, dalam beberapa transaksi online, konsumen dapat membayar dengan transfer bank atau e-money (GoPay atau OVO).

Pengguna pun hanya perlu membayar Rp1.000 saja untuk top up di emoney, kemudian melakukan pembayaran. Untuk transfer bank, akan dikenakan biaya transfer lebih besar, yakni Rp6.500.

  1. Investasi Online

Fasilitas investasi secara online tanpa perlu ke cabang juga tersedia dalam aplikasi yang satu ini. Hal itu menjadi sebuah kemajuan pesat sebab beberapa tahun lalu, kalau ingin melakukan pembelian investasi, nasabah diketahui harus datang ke cabang.

– Reksadana

Di aplikasi ini, pengguna dapat melakukan pendaftaran, penjualan, dan pengalihan Reksadana untuk 69 jenis Reksadana. Pilihan jenis Reksadana yang banyak ini membuat penggunanya bisa memilih instrumen sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi. Bagi mereka yang ingin investasi aman dalam jangka pendek, dapat memilih Reksadana Pasar Uang, sementara untuk investasi return tinggi dalam jangka panjang dapat melalui Reksadana Saham.

Selain itu, juga ada fasilitas auto-debit ke Reksadana untuk investasi rutin dan berkala dalam skema CIMB Regular Investment Saving Plan (CRISP). 

– Tabungan Berjangka Rencana

Tabungan berjangka rencana merupakan jenis tabungan dengan bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa dan memberikan proteksi asuransi jiwa, dalam hal apabila nasabah meninggal, bank melanjutkan setoran tabungan sampai jangka waktu tabungan berjangka selesai. Jenis tabungan berjangka yang tersedia di aplikasi ini adalah sebagai berikut:

– Tabungan Berjangka Syariah

Tabungan berjangka Syariah ini dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan keuangan mulai dari biaya sekolah anak, liburan, DP rumah. Adapun catch-nya adalah nasabah tidak boleh mem-break tabungan sebelum jangka waktu selesai sebab jika itu terjadi, bank akan mengenakan denda.

  1. Kartu Kredit

Pengguna dapat memantau penggunaan kartu kredit secara rutin dengan setiap transaksi kartu kredit Niaga langsung tercatat secara real-time di aplikasi ini. Catatan itu akan membantu pengguna untuk dapat mengawasi pemakaian kartu kreditnya secara lebih efektif. Aplikasi ini juga menyediakan laporan statement transaksi kartu kredit sampai 6 bulan ke belakang. Di samping itu, pengguna juga dapat mengajukan aplikasi kartu kredit secara online dengan cara mengisi formulir pengajuan kartu kredit yang terdapat di aplikasi ini.

  1. VCN (Virtual Card Number)

VCN merupakan cara melakukan transaksi online tanpa kartu kredit. Uniknya lagi, VCN diketahui lebih aman ketimbang kartu kredit dalam rangka bertransaksi di dunia maya. Bank CIMB Niaga diketahui juga mengeluarkan kode VCN yang berperan layaknya no kartu kredit, tetapi hanya berlaku sementara untuk jangka waktu tertentu.

Ketika pengguna akan melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit, masukkan nomor VCN ini disertai dengan nomor CVV (disebutkan beserta VCN) dan masa berlaku kartu. Masa berlaku nomor VCN yang hanya sementara ini membuat VCN menjadi lebih aman. Setelah masa berlaku habis, pengguna sudah tidak bisa lagi menggunakan nomor ini untuk transaksi.

Pembayaran VCN ini memotong dari kartu debit atau kartu kredit penggunanya. Karena itu, tidak ada tagihan bulanan, tetapi langsung potong saldo tabungan atau tagihan di kartu kredit.

Cara membuat VCN adalah sebagai berikut:

  • Masuk aplikasi Go Mobile OCTO.
  • Di menu utama pilih menu “Isi Ulang Prabayar.
  • Pilih sumber dana yang ingin digunakan. Bisa melalui saldo rekening atau melalui Credit Card jika pengguna mempunyai Credit Card dari CIMB NIAGA.
  • Isikan nominal yang ingin kalian Top Up ke VCN CIMB NIAGA. Minimal Rp10.000 dan maksimal Rp10.000.000.
  • Pada saat Top Up jangan lupa untuk mengkonversi kurs dollar ke rupiah agar nantinya saldo yang di gunakan tidak kurang untuk transaksi. (Biasanya produk yang dijual di merchant luar negeri menggunakan kurs US Dollar).
  • Jika sudah, klik “Lanjut”. Pengguna akan dikirimkan mPIN ke nomor ponselnya yang terdaftar.
  • Masukkan mPIN dan klik lanjut.
  • Selamat, VCN CIMB NIAGA kalian sudah berhasil dibuat.

Syarat dan ketentuan VCN, yakni:

  • Virtual Card Number (VCN) dapat digunakan untuk belanja online di semua situs online yang menerima pembayaran dengan kartu MasterCard.
  • Buatlah Kartu VCN sesuai dengan nilai belanja yang diinginkan, minimum Rp10.000 dan maksimum Rp10.000.000.
  • VCN yang sudah dibuat dapat digunakan hingga 96 jam setelahnya.
  • Setiap VCN hanya berlaku untuk 5 transaksi.
  • Pembuatan VCN tidak dikenakan biaya dan tidak akan mengurangi saldo, sampai dengan VCN tersebut digunakan di situs online yang Anda inginkan.
  • Setelah membuat VCN, pengguna akan menerima SMS yang berisikan nomor VCN, CVC2, dan tanggal kedaluwarsa (expired date).
  • Untuk belanja menggunakan VCN, masukkan nomor VCN, CVC2 dan tanggal kedaluwarsa (expired date) yang telah diterima via SMS di situs online tempat berbelanja. 
  • Saldo Anda akan dikurangi sesuai dengan nilai pembelanjaan di situs online tersebut.
  • Transaksi menggunakan VCN akan tercatat di mutasi transaksi sebagai pembelanjaan menggunakan Kartu Debit MasterCard.
  1. Rekening Ponsel

Dalam pembukaan rekening tabungan, nasabah pada era sebelumnya sudah pasti harus datang ke kantor cabang dan siap menghabiskan waktu untuk mengantri. Kini, dengan kemajuan teknologi Fintech, nasabah dapat melakukan proses pembukaan rekening hanya dengan aplikasi.

  • Tabungan Online

– Tabungan ON Account: Bebas biaya administrasi dan kartu debit. Lebih dari itu, nikmati gratis tarik tunai melalui jaringan ATM Bersama, ATM Prima, ATM CIMB Bank (Malaysia, Singapura, Thailand, Kamboja) dan MEPS (Malaysian Electronic Payment System) serta jaringan MasterCard/

– Tabungan Mapan: Tabungan berjangka dengan sistem setoran rutin bulanan dan bunga diatas tabungan reguler, yang pada saat jatuh tempo pencairan dapat dilakukan secara otomatis dari rekening sumber dana.

– Tabungan Pendidikan Syariah: Tabungan berjangka dalam mata uang Rupiah dengan prinsip syariah Mudharabah Muthlaqah.

– Dream savers: Tabungan jangka pendek dengan setoran rutin bulanan, dengan pilihan jangka waktu tabungan: 3, 6, dan 9 bulan.

  • Deposito Online

Untuk membuka deposito secara online dapat dilakukan di m-Banking Go Mobile OCTO, yakni deposito berjangka konvensional dan deposito berjangka Syariah. Pembukaan Rekening Deposito Syariah di aplikasi ini sesuai dengan prinsip Mudharabah Muthlaqah, dalam hal ini pengguna mempercayakan CIMB Niaga Syariah (mudharib) untuk mengelola dana.

Cara Buka Rekening Ponsel

Rekening ponsel merupakan jenis yang menggunakan no ponsel atau no HP sebagai nomor rekening sehingga memudahkan penggunanya untuk mengingat nomor tersebut. Pembukaan rekening ponsel di aplikasi ini membuat penggunanya secara otomatis terdaftar di OCTO Mobile dengan menggunakan nomor ponsel yang sama. Akses ke Rekening Ponsel bisa dilakukan dari semua jenis perangkat mobile dan platform lain, yaitu:

  • Aplikasi GO OCTO Mobile (bisa diunduh di apps store Apple iTunes & Playstore).
  • SMS Menu (Ketik ‘OCTOMobile’lalu kirim lewat sms ke 1418).
  • USSD *141*8#.

Keuntungan rekening ponsel, yakni:

  • Transaksi bebas biaya administrasi.
  • Tanpa persyaratan saldo minimum.
  • Tidak memerlukan rekening bank maupun kartu ATM.
  • Bisa berbelanja, tarik, dan setor tunai di merchant atau toko yang sudah bekerja sama dengan CIMB Niaga.
  • Pengecekan saldo serta sepuluh transaksi terakhir dapat dilakukan melalui ponsel.
  1. Bayar Tagihan

Pengguna aplikasi Go Mobile OCTO dapat membayar tagihan telepon, listrik, kartu kredit, asuransi, TV Kabel/Internet, cicilan pinjaman, biaya pendidikan, tiket pesawat dan lain-lain, dengan fitur bayar tagihan di aplikasi ini, yaitu:

  • Pembayaran Terpadu: Menu praktis untuk membayarkan beberapa tagihan secara sekaligus. Anda hanya butuh 1 mPIN untuk menjalankan semua transaksi pembayaran.
  • Tagihan Saya: Menu untuk menyimpan nomor tagihan yang Anda bayar, dimana setiap kali melakukan pembayaran, dan bisa memilih untuk mendaftarkan nomor tagihan tersebut ke “Tagihan Saya”.
  • Tagihan Terjadwal: Bank akan menjalankan instruksi pembayaran pada tanggal yang telah ditentukan Nasabah.

Terkait pembayaran tagihan, ketentuannya adalah sebagai berikut:

  • Transaksi langsung diproses.
  • Bank akan memberitahukan status transaksi yang dijalankan, baik berhasil atau gagal. Status transaksi pembayaran tergantung proses Penyedia Layanan. 
  • Segala akibat, kerugian, biaya, dan tuntutan apa pun yang timbul dari kelalaian nasabah atas hal tersebut, menjadi tanggung jawab nasabah sendiri sepenuhnya.
  • Transaksi akan dikenakan biaya sesuai kebijakan bank. Besarnya biaya akan tertera pada halaman konfirmasi transaksi pengguna.
  • Pembayaran kartu kredit bank kerja sama akan dikenakan biaya Rp7.500 per transaksi. Biaya akan didebet pada hari kerja berikutnya.
  • Jumlah maksimum dana pembayaran tagihan per hari Rp2.000.000.000.
  1. QR Code

QR Code merupakan cara pembayaran terbaru di perbankan. Bank Indonesia juga menggadang-gadang akan menggunakan QR Code di semua jaringan perbankan. Aplikasi ini diketahui juga menyediakan fasilitas QR Code, dengan manfaat:

  • Bayar belanja online dengan cukup scan pindai QR Code.
  • Kirim uang dengan membuat QR Code yang kemudian dikirimkan ke ke teman atau pihak yang akan dikirim uang.
  • Transfer uang dengan membuat QR Code lalu mengirimkan ke pihak yang akan mentransfer untuk scan code tersebut.

Keuntungan transaksi dengan QR, yakni tanpa biaya alias gratis, dengan batasan Rp5.000.000/transaksi dan maksimum Rp100.000.000 per hari.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU