33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

GoGive, Tempat Donasi Digital untuk Masyarakat Membutuhkan

GoGive merupakan salah satu dari sekian layanan yang disediakan oleh aplikasi layanan on demand dan platform dompet digital Gojek. Meski dikenal luas sebagai aplikasi layanan transportasi, platform dengan nama resmi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini juga memiliki banyak pengembangan layanan lainnya.

GoGive, layanan penggalangan dana yang diinisiasi oleh Gojek dan Kitabisa dibikin untuk menjadi wadah kebaikan antara sesama masyarakat. Melalui platform ini, masyarakat yang memiliki kemampuan finansial baik dapat menolong mereka yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan.

Tentu saja, inisiatif untuk membuat platform galang donasi ini juga disebabkan banyak masyarakat Indonesia yang gemar, bahkan royal dalam melakukan donasi.

Bahkan, menurut survey World Giving Index pada 2018, masyarakat di Indonesia menempati posisi pertama sebagai warga negara paling dermawan di seluruh dunia. Dengan semangat gotong royong tersebut, GoGive diluncurkan dan dapat digunakan untuk berbagai hal.

Dalam menjalankan platform, Gojek pun bekerja sama dengan para penerima LSM dan GO terpilih, tujuannya untuk menepis keraguan para pemberi donasi terkait kredibilitas kampanye yang tersiarkan di platform. Beberapa lembaga tersebut ialah Aksimuda, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Doctor Share, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan Yayasan Anak Bangsa Bisa dan lainnya.

Baca juga:

ALUDI, Asosiasi Resmi Layanan Urun Dana di Indonesia

Platform BagiRata Bantu Warga Terdampak Covid-19

Layanan yang Dimiliki

Nah, untuk layanan yang ada di dalam GoGive, ada beberapa jenis layanan serta produk yang dimilikinya, yaitu sebagai berikut.

  1. Donasi Mulai dari Rp 1.000

Di platform galang donasi ini, kamu dapat melakukan donasi mulai dari nominal Rp 1.000, lho. Artinya, sekecil apapun uang yang diberikan, masih tetap bernilai dan dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi dengan memakai sistem urun dana, tentu nominal yang kecil itu akan menjadi besar suatu saat nanti.

  1. Membayar Zakat

Selain menyediakan fitur donasi, GoGive juga menyediakan layanan pembayaran zakat. Nah, pengguna hanya tinggal memilih satu di antara beragam kampanye yang tersedia di platform ini.

  1. Kitabisa Plus

Layanan ini merupakan layanan tolong menolong antar sesama donatur. Apabila kamu bergabung ke dalam program ini, maka kamu dapat membantu anggota lain yang kesulitan, dan sekaligus mendapat bantuan. Artinya, program ini merupakan layanan subsidi silang antar sesama anggotanya untuk berbagi.

Nah, yang menjadi menarik, ketiga layanan yang tersedia di GoGive tersebut bisa kamu bayar menggunakan GoPay. Tentunya pembayaran ini jadi sangat efektif dan praktis bagi para penggunanya.  Sehingga pengguna tidak perlu lagi harus pergi ke ATM melakukan transaksi.

Cara Menggunakan GoGive untuk Berbagi Donasi

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara menggunakan GoGive untuk berdonasi? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk memberikan donasi.

  1. Pertama pengguna dapat membuka aplikasi Gojek, kemudian pilihlah menu GoGive.
  2. Setelah itu klik menu atau banner GoGive yang terlihat di platform. Lalu akan muncul pilihan penggalangan dana (kampanye) yang bisa pengguna pilih sesuai keinginan.
  3. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pencarian penggalangan dana di kolom pencairan
  4. Setelah menemukan kampanye yang sesuai dan ingin pengguna donasikan, klik donasi sekarang.
  5. Kemudian lengkapi kolom yang harus diisi, seperti nama, nomor Whatsapp, atau e mail.
  6. Masukkan nominal donasi dan pilih metode pembayaran, misalnya menggunakan GoPay pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat membayar donasi melalui Dompet Kebaikan atau transfer dengan ATM atau mobile banking. Lalu klik lanjut pembayaran.
  7. Setelah itu akan muncul tampilan bayar sekarang, dan ikuti langkah yang diminta oleh platform.

Nah, itulah cara melakukan donasi menggunakan aplikasi Gojek. Selain melalui aplikasinya, kamu juga bisa lho membuka website resminya, yaitu gogive.kitabisa.com. Di sana, kamu juga dapat mencari kampanye yang ingin kamu bantu melalui dana.  

Tentu saja, dengan berbagai macam layanan kebaikan yang dimiliki Gojek dan platform lainnya ini akan dapat membantu banyak masyarakat di Indonesia, terutama di masa pandemi ini.

Pengguna yang memiliki kemampuan finansial mapan juga harus selektif dalam mencari dan memberikan donasi terkait penggalangan dana digital, ya. Jangan sampai, niat baik kamu tersebut malah dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab!

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE