31.5 C
Jakarta
Selasa, 28 September, 2021

Investasi Crowdfunding di CrowdDana Bisa dengan Modal Kecil

CrowdDana merupakan suatu platform yang memfasilitasi pemilik modal (investor) dengan pemilik bisnis. PT Crowddana Teknologi Indonusa ini memberikan fasilitas kepada investor untuk melakukan investasi ke proyek bisnis yang memiliki prospek menjanjikan, dengan modal rendah.

Sebagai informasi, aplikasi ini sebagai platform Equity Crowdfunding (ECF) telah mendapatkan izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan surat tanda berizin KEP93/D.04/2019 sejak 31 Desember 2019 silam.

Melalui platform ini, investor bisa mendapatkan kepemilikan dalam bentuk saham yang bisa diperjualbelikan di dalam marketplace tersebut. Artinya, aplikasi ini secara tak langsung mempermudah masyarakat yang hanya memiliki modal kecil mendapat akses untuk berinvestasi juga.

Sebagai catatan, bagi yang tidak mengetahuinya, ECF merupakan proses pengumpulan dana untuk suatu proyek atau bisnis oleh sejumlah orang dengan cara beramai-ramai atau gotong royong. Dengan urun dana atau patungan tersebut, maka akan banyak usaha kecil yang terbantu.

Keunggulan Investasi di CrowdDana

Apa saja keunggulan investasi di platform ini?

  1. Investor akan mendapat keuntungan dalam bentuk dividen yield & capital gain sebesar 15 persen hingga 25 persen per tahun.
  2. Investor mendapat kepemilikan dalam bentuk saham dan dapat diperjualbelikan di platform CrowdDana.
  3. Investasi di platform ini bisa dimulai dengan modal yang kecil.
  4. Platform membebankan biaya transaksi yang kecil daripada yang lainnya.

Menawarkan Sistem Kepemilikan Saham

Ketika investor melakukan investasi kepada sebuah usaha di platform, kamu akan mendapat kepemilikan saham serta bagi hasil yang berasal dari dividen bisnis. Nah, masing-masing proyek atau bisnis tersebut  memiliki badan hukum berbentuk perseroan terbatas (PT).

GoGive, Tempat Donasi Digital untuk Masyarakat Membutuhkan

Nah, dari saham yang kamu miliki tersebut, kamu akan mendapatkan bagi hasil dari dividen saat perseroan mencetak laba bersihnya. Biasanya, dividen tersebut akan dibagikan setiap tiga bulan sekali (kuartal), yaitu Januari, April, Juli, dan Oktober. 

Kamu akan mendapatkan bagi hasil dividen sesuai dengan proporsi saham yang kamu miliki di bisnis tersebut, dan akan langsung masuk ke dalam saldo akun kamu di platform ini. Artinya, dengan berinvestasi lebih besar, maka kamu akan mendapatkan saham dan proporsi dividen yang lebih besar.

Cara Jual Saham

Platform ini juga menyediakan layanan menjual saham yang dimiliki oleh investor. Kamu dapat menjual saham bisnis yang kamu miliki setelah satu tahun kamu melakukan investasi pada penawaran saham perdana.

Sedangkan, untuk melakukan transaksi jual beli saham, akan dilakukan di Pasar Sekunder yang bakal hadir di aplikasi ini. Untuk harga atau nilai saham yang dimiliki investor, CrowdDana sebagai penyelenggara akan memberikan harga referensi yang sesuai dengan memperhatikan kinerja bisnis di platformnya.

Harga saham yang terdapat di Pasar Sekunder bisa berada di atas atau bahkan di bawah harga dari referensi yang diberikan, hal ini tergantung dari permintaan pasar. Artinya, apabila kinerja sebuah bisnis bagus dan memiliki prospek yang baik, maka permintaan pasar akan lebih besar, serta harga saham juga dapat mengalami kenaikan.

Mengenal ALUDI, Asosiasi Resmi Layanan Urun Dana di Indonesia

Cara Investasi di CrowdDana

Sebelum melakukan investasi, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui agar kamu tidak salah dalam memilih perusahaan yang ingin kamu investasikan. Nah, hal yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari prospektusnya terlebih dahulu, kemudian mengetahui prospek bisnis dan potensi keuntungannya.

Kamu juga harus bisa menyesuaikan ekspektasi dengan mempertimbangkan risiko bisnis yang dapat terjadi, dan menyisihkan dana investasi serta melakukan diversifikasi di beberapa usaha.

Nah, untuk melakukan investasi di platform ini, berikut ini langkah yang dapat kamu lakukan.

  1. Kunjungi halaman Beranda platform, dan pilih bisnis atau proyek yang ingin diinvestasikan.
  2. Klik tombol Invest dan masukkan jumlah lembar saham.
  3. Klik tombol Invest, dan klik tombol Konfirmasi.
  4. Kamu akan menerima email pembelian saham telah berhasil.

Sedangkan untuk melakukan deposit saldo, kamu dapat memasuki aplikasi CrowdDana, lalu pilih menu Dashboard atau Portofolio. klik Deposit, dan pilih metode yang ingin digunakan.

Setelah itu, masukkan nominal deposit, dan lakukan transfer ke nomor virtual account yang tertera sesuai diminta oleh CrowdDana. Apabila kamu telah melakukan transfer, maka kamu akan menerima email Deposit Berhasil jika pembayaran sudah diterima, saldo pun akan bertambah, dan kamu dapat melakukan investasi langsung di aplikasi ECF terbaik ini.  

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Kucurkan Kredit Rp2,24 triliun, Modal Rakyat Berhasil Jaga NPL 0,03%

Platform digital berbasis pinjaman, Modal Rakyat, berhasil menjaga tingkat kredit macet atau non performing loan (NPL) di level yang sangat rendah yaitu sebesar 0,03%. CEO...

Trade Expo Indonesia : Mendag Target Transaksi Rp21,4 triliun 

Kementerian Perdagangan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke-36 dengan tema ‘Reviving Global Trade'. Pameran ini digelar secara digital dan melibatkan aktor global. Menteri Perdagangan Muhammad...

Daftar Aplikasi Menambang Bitcoin di Android

Bitcoin saat ini semakin dikenal di tanah air. Adapun harganya yang melambung tinggi dengan cepat, diketahui telah menarik perhatian para investor untuk mulai terjun...

OJK dan Industri Jasa Keuangan Dukung Pengembangan UMKM

Komitmen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri perbankan, industri keuangan non bank, pasar modal dan fintech, yaitu akan meningkatkan pengembangan Usaha Menengah Kecil dan...

Modal Rakyat Beri Pinjaman untuk Usaha dengan Bunga Kompetitif

Modal Rakyat merupakan layanan pinjaman uang berbasis digital yang menjadi wadah pertemuan antara peminjam, yaitu usaha kecil dan menengah (UKM) dan pendana, yaitu individu...
LANGUAGE