31.2 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

IndoGiving, Crowdfunding Marketplace Ini Bisa Jual Barang untuk Donasi

Marketplace crowdfunding Indogiving memungkinkan setiap penggunanya membuka toko, melakukan donasi, atau bahkan mengumpulkan dana untuk amal. Tidak hanya itu, platform ini juga memfasilitasi donasi untuk tujuan pribadi dengan hasil akhir dana, produk atau layanan.

Sebagai platform crowdfunding marketplace, Indogiving memanfaatkan teknologi digital terbaru untuk mendorong pendanaan publik di tingkat lokal maupun nasional dengan sistem yang sangat transparan dan bisa dilacak.

Apa saja keunggulan dari crowdfunding marketplace ini?

  1. Project akan ditampilkan lengkap di halaman platform yang bisa diakses kapan saja.
  2. Para giver akan mendapat poin voucher sebagai bentuk apresiasi platform.
  3. Platform memiliki metode pembayaran beragam, di antaranya melalui virtual account bank nasional, GoPay, kartu kredit, bahkan ke depannya, platform ini juga menyediakan pembayaran via Tokocrypto menggunakan koin kripto.
  4. Platform melibatkan masyarakat secara umum.

Cara Donasi di Marketplace Crowdfunding IndoGiving

Bagi kamu yang memiliki kemampuan finansial yang baik, kamu dapat berbagi kebaikan dengan melakukan donasi uang di platform ini. Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Registrasi akun di platform ini menggunakan email atau Facebook. Setelah melakukan registrasi, giver atau user perlu mengaktifkan akun terlebih dengan membuka link yang telah dikirim melalui email. Untuk mempermudah proses verifikasi, pastikan data dan email yang kamu masukkan aktif.
  2. Setelah akun diverifikasi oleh platform, kamu pun dapat melihat project yang tersedia di platform ini. Kamu dapat memilih project yang ingin kamu berikan donasi.
  3. Selain memberikan donasi, platform juga menyediakan fitur share project, sebagai bentuk bantuan kamu terhadap penggalangan donasi pada project tersebut. Dengan melakukan share project, tentunya project tersebut akan dilihat lebih banyak orang, dan ada kemungkinan orang lain juga akan tergerak untuk berdonasi.

Cara Menggalang Dana

Selain memberikan donasi berupa uang, kamu juga bisa lho menggalang dana untuk membantu sesama. Bagaimana caranya?

  1. Untuk melakukan penggalangan dana di platform ini, kamu harus melakukan registrasi sebagai user dan melengkapi data diri di platform.
  2. Setelah melengkapi profil, kamu dapat membuat halaman sosial korporasi, yayasan, atau komunitas. Untuk membuatnya, pengguna harus mengunggah dokumen organisasi yang ingin dibuatnya. Setelah diunggah, platform akan melakukan verifikasi data terhadap dokumen tersebut.
  3. Apabila halaman sosial telah dibuat, maka user dapat membuat sebuah project untuk penggalangan dana. Ceritakanlah tujuan user dalam  hal mengumpulkan dana tersebut di formulir yang disediakan oleh platform.
  4. Jika project sudah dibuat, user tinggal melakukan share projectnya ke media sosial dan lain sebagainya agar lebih banyak orang yang tahu dan melakukan donasi.

Pembuat halaman yayasan, korporasi, dan komunitas akan berperan sebagai administrator utama dan punya akses penuh atas halaman tersebut. Pengguna juga dapat mengundang tim dan memberikan fungsi sebagai administrator, Project creator, Finance staff, serta Operational staff.

Khusus halaman komunitas, pengguna juga memiliki akses penerimaan dana untuk keperluan lainnya, seperti uang kas atau iuran, penerimaan pendaftaran, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, untuk dapat membuat project Yayasan dan Korporasi, user harus mengunggah dokumen organisasi seperti SK menteri sebagai bagian dari proses verifikasi. Sedangkan untuk Komunitas, user harus mengunggah surat pernyataan pendirian komunitas yang ditanda tangani ketua komunitas di atas materai, serta melengkapi profil komunitas.

Cara Buka Toko untuk Donasi di Indogiving

Selain donasi berupa uang, platform ini juga menyediakan layanan galang dana untuk keperluan produk atau barang, lho. Hal inilah yang membuat platform ini disebut sebagai crowdfunding marketplace.  

IndoGiving memberikan kemudahan kepada user yang ingin membuat project untuk keperluan produk atau barang, namun sebelum itu, kamu harus membuat toko kamu terlebih dahulu, berikut caranya.

  1. Registrasi toko dengan melengkapi formulir dan melakukan aktivasi email yang dikirimkan ke email pengguna.
  2. Setelah verifikasi berhasil, pengguna dapat melengkapi deskripsi tokonya. Hal ini akan memudahkan pembeli mengetahui kebijakan toko, dan tim logistik mengetahui melakukan pick up barang.
  3. Kemudian unggah produk yang ingin dijual dan input kondisi produk, apakah baru atau bekas, atau justru menjual jasa.
  4. Pengguna bisa memilih ingin memberikan give back saat input produk atau memilih project galang dana setelah produk terjual (hasil penjualan masuk ke wallet pengguna dan tidak bisa diuangkan).
  5. Pengguna juga memilih project dan give yang telah ditentukan akan secara otomatis masuk ke project galang dana yang dipilih (minimal giveback sebesar tiga persen).

Nah, untuk para pengguna yang menjual produk bentuk barang atau jasa untuk donasi, kamu dapat menentukan berapa besaran nominal yang akan kamu donasikan dari penjualan tersebut. 

Memang, platform menetapkan minimal give back dari hasil penjualan tersebut sebesar 3 persen, akan tetapi, akan lebih baik kalau total dari hasil penjualan tersebut didonasikan semuanya, bukan? Yuk, berbuat baik untuk sesama..

 

Penulis: Kontributor
Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE