26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Review Lengkap GoPay PayLater atau GoPayLater dari Gojek

JAKARTA, duniafintech.com – GoPay PayLater atau GoPayLater merupakan salah satu layanan dari Gojek yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Layanan ini dapat digunakan baik di ekosistem aplikasi Gojek maupun Tokopedia. Namun, sedikit berbeda dengan GoPay yang merupakan dompet digital, GoPayLater akan memberikan pinjaman kepada pembeli untuk melakukan transaksi dan dibayarkan pada akhir bulan.

Fitur beli sekarang bayar nanti yang disediakan oleh Gojek in diketahui hanya dapat digunakan bagi kamu yang berusia minimal 21 tahun dan merupakan WNI yang memiliki KTP.

Lantas, bagaimana sih cara mendapatkan hingga ketentuan biaya dari fitur canggih ini? Berikut ini review selengkapnya.

Baca juga: Cara Bayar Tokopedia Pakai GoPayLater, Mudah Kok!

Apa Itu GoPay PayLater?

Mengutip laman resmi Gojek, GoPayLater adalah alternatif metode pembayaran pascabayar (postpaid) untuk pelanggan terpilih.

Kamu bisa menggunakan GoPayLater untuk pembayaran saat memesan layanan tertentu di aplikasi Gojek atau melakukan transaksi di merchant GoPay dan membayar tagihannya paling lambat di akhir bulan.

Cara Mendapatkan GoPay PayLater

Penting diketahui, GoPayLater sendiri saat ini hanya tersedia bagi pelanggan setia Gojek yang terpilih ya. Namun, kamu berpeluang besar loh untuk mendapatkan fitur ini dengan cara sebagai berikut:

  • Tingkatkan transaksi kamu menggunakan GoPay ketika memesan layanan Gojek maupun saat bertransaksi di beragam online merchant lalu tunggu hingga mendapatkan undangan GoPayLater.
  • Pastikan akun GoPayLater kamu sudah teraktivasi dengan mendaftarkan data diri yang dilengkapi dengan meng-upload foto KTP dan foto diri bersama KTP untuk bisa menikmati GoPayLater.

Apa Itu Limit GoPayLater?

Pada dasarnya, limit GoPayLater merupakan batas maksimum penggunaan GoPayLater yang dapat kamu habiskan untuk transaksi setiap bulannya.

Nah, setiap kali bertransaksi menggunakan GoPayLater, nominal saldo limit GoPayLater kamu akan berkurang dan masuk ke total tagihan yang harus dilunasi—paling lambat pada akhir bulan.

Di Mana Saja GoPayLater Bisa Digunakan?

Sebagai informasi, GoPayLater tersedia sebagai metode pembayaran di berbagai layanan Gojek, di antaranya GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoBluebird, Gojek Subscription, GoPulsa, GoTagihan, dan GoTix.

Di samping itu, GoPayLater pun dapat digunakan di Tokopedia dan sejumlah Rekan Usaha GoPay online dan sebagai pembayaran offline di merchant pilihan dengan kode QR (QRIS) yang diterbitkan oleh GoPay.

Sebagai catatan, seperti disadur dari website resmi Gojek, apabila GoPayLater tidak muncul di pilihan metode pembayaran saat kamu membuat pesanan di sebuah layanan Gojek maka berarti GoPayLater belum tersedia di layanan tersebut untuk kamu ya.

gopay paylater

Cara Mengaktifkan GoPay PayLater

Mengutip Kompas.com, sebelum mengaktifkan GoPay PayLater, terlebih dahulu kamu harus punya aplikasi Gojek versi terbaru. Inilah ara mengaktifkan GoPay PayLater di aplikasi Gojek:

  • Klik “GoPayLater” di aplikasi Gojek dan masukkan kode OTP.
  • Kamu akan mendapatkan penjelasan soal GoPayLater. Kemudian, silakan klik “Daftar Sekarang”.
  • Isi data diri, upload foto KTP, dan foto selfie dengan KTP.
  • Tunggu data diri dan foto KTP diproses.
  • Tanda tangan secara digital dan GoPayLater pun siap untuk digunakan.

GoPayLater sendiri juga dapat digunakan di e-commerce Tokopedia, yakni dengan cara seperti berikut ini:

  • Pilih banner Ada GoPay di Tokopedia.
  • Klik Sambungkan Sekarang.
  • Pastikan nomor HP Tokopedia yang ada sama dengan nomor HP GoPay yang terdaftar.
  • Klik Lanjut.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke HP kamu.
  • Klik Konfirmasi.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit GoPayLater Cicil, Mudah & Perlu Dicoba!

  • Masukkan PIN GoPay kamu.
  • Klik Konfirmasi.
  • GoPay sudah berhasil terhubung dan kamu pun bisa Mulai Belanja.

Cara Bayar Tagihan GoPay PayLater

Kamu bisa mendapatkan informasi lengkap soal limit saldo, riwayat pesanan, dan jumlah tagihan di halaman utama/beranda GoPayLater. Adapun tagihan GoPayLater akan jatuh tempo pada tengah malam di hari terakhir setiap bulannya. Inilah cara bayar GoPaylater:

  • Klik Bayar untuk melihat rincian transaksi GoPayLater.
  • Klik Bayar Tagihan.
  • Masukkan PIN Gojek untuk melanjutkan pembayaran.
  • Pembayaran tagihan berhasil.

Bunga dan Denda GoPayLater

Kabar baiknya, pengguna layanan GoPay PayLater ini tidak akan dikenakan bunga. Meski begitu, terdapat biaya transaksi yang mesti dibayarkan setiap kali kamu menggunakan GoPay PayLater, dengan besaran sekitar Rp25.000 per bulan.

Akan tetapi, biayanya tidak akan ditarik sekiranya di dalam satu bulan kamu tidak menggunakan GoPay PayLater.Di lain sisi, denda GoPay PayLater akan dijatuhkan apabila kamu terlambat membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo. Untuk jatuh tempo pembayaran GoPay PayLater adalah pada setiap akhir bulan.

Adapun besaran denda GoPay PayLater adalah sebesar Rp2.000 per hari. Dendanya akan mulai diberlakukan setiap tanggal 6 pada bulan berikutnya jika pengguna tidak segera membayarkan tagihan pada hari terakhir setiap bulannya sebagaimana yang sudah ditentukan.

Nah, buat kamu yang menggunakan layanan GoPay PayLater, kamu akan diberikan jangka waktu selama 5 hari untuk membayar semua tagihan sebelum dikenakan denda harian. Jika kamu masih belum melakukan pembayaran pada tanggal 5 pukul 23:59:59 WIB pada bulan berikutnya maka akan diberlakukan denda harian sebesar Rp2.000 dimulai dari tanggal 6. 

Meski demikian, besaran dendanya akan diatur supaya tidak melebihi total jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna layanan dengan menyesuaikan biaya transaksi GoPay PayLater.

Sekian ulasan tentang apa itu GoPay PayLater atau GoPayLater dari Gojek yang perlu kamu ketahui. Masih belum menggunakan layanan yang satu ini? Coba yuk sekarang juga!

Baca juga: Mudah Banget! Ternyata Begini Cara Menggunakan GoPaylater Cicil

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE