25.8 C
Jakarta
Kamis, 6 Oktober, 2022

Berita Fintech Hari Ini: GOTO Akuisisi 100 Persen Perusahaan Kripto 

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech hari ini akan mengulas tentang PT Goto Gojek Indonesia Tokopedia (Tbk) (GOTO) melebarkan lini bisnisnya dari perusahaan e-commerce atau penyedia platform digital. Kali ini GOTO merambah ke dunia aset kripto dengan mengakuisisi saham 100 perusaahan kripto yaitu PT Kripto Maksima Koin (KMK).

Berdasarkan laporan keterbukaan di website idx.co.id, laporan tersebut tertulis bahwa GOTO mengambil alih saham PT Kripto Maksima Koin sebesar 100 persen. Saham tersebut diambil alih sebanyak 0,02 persen oleh PT GoTo Gojek Tokopedia (Tbk). Sisanya diambil alih sebanyak 99,98 persen oleh PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB) atau GoPay.

“Laporan informasi atas dilakukannya pengambilalihan 100 persen saham PT Kripto Maksima Koin (KMK) oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Perseroan) (0,02 Persen) dan PT Dompet Karya Anak Bangsa (DKAB) (99,98 Persen), dimana DKAB adalah anak perusahaan terkendali Perseroan,” seperti yang tertulis dalam laporan keterbukaan di BEI.

Baca juga: Raup Rp 13,7 Triliun, GoTo Masih Pegang Rekor Dana IPO Terbesar 2022

Sebelumnya, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) akan membentuk ekosistem perdagangan fisik aset kripto di Indonesia dengan membentuk Bursa Berjangka.

Plt. Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan jika mengacu Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka untuk selanjutnya dilakukan penyesuaian dalam merespon kebutuhan dan dinamika perdagangan fisik aset kripto di Indonesia.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Fintech GoTo Diprediksi Meningkat

Dia menjelaskan penelaahan dan verifikasi dilakukan terhadap lembaga kliring yang akan menjadi salah satu kelembagaan dalam ekosistem perdagangan fisik aset kripto. Lembaga tersebut berfungsi untuk melakukan penyelesaian dan penjaminan transaksi aset kripto serta menyimpan fiat/dana pelanggan pada rekening terpisah.

“Bappebti secara konsisten akan terlibat aktif dalam pembentukan ekosistem perdagangan fisik aset kripto penting lainnya seperti Bursa Aset Kripto dan Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto. Kami berharap seluruh proses tersebut dapat diselesaikan sesuai amanat Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021,” kata Didid.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan penyesuaian ini dilakukan karena adanya usulan dari pelaku usaha dan evaluasi dari Kementerian Perdagangan. Peraturan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Perdagangan untuk terus berinovasi dan mengikuti dinamika perkembangan pasar fisik aset kripto yang sangat dinamis.

“Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Perdagangan melalui Bappebti bersama asosiasi dan pelaku usaha terus melakukan kajian dala mengakomodir perkembangan perdagangan aset digital di Indonesia yang masih erat kaitannya dengan blockchain maupun aset kripto seperti produk Non-Fungible Token (NFT) dan metaverse,” kata Jerry.

Jerry mengungkapkan pertumbuhan nilai transaksi dan jumlah pelanggan aset kripto mencapai Rp859,4 triliun pada tahun 2021. Transaksi tersebut mengalami peningkatan sebesar 1.224 persen atau sebesar Rp64,9 trilin di tahun 2020. Untuk pembelinya tercatat 14,6 juta pembeli.

Baca juga: Tuding Investasi Kripto Wirda Mansur Penipuan, Pria Ini Ngotot Minta Ganti Rugi

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Online Terbaik – Tips Jaga Diri Kala Pancaroba Datang

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi online terbaik menjadi salah satu solusi memproteksi diri kala musim pancaroba datang kerap membawa penyakit. Perubahan cuaca dan suhu udara di...

Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat Digital Perempuan, Pemuda dan UMKM, jadi fokus pemerintah untuk memacu peningkatan produktivitasnya. Bank Indonesia menyampaikan dalam acara perhelatan internasional Presidensi G20,...

Kurs Dollar ke Rupiah Hari Ini di BCA dan BRI, Cek di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke rupiah hari ini, Rabu (5/10/2022), menurut kurs yang tersedia, menguat pada level Rp 15.248 di perdagangan pasar spot. Adapun rupiah...

Pertumbuhan Investor Pasar Modal Asal Sumatera Utara Meningkat 30,41 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Pertumbuhan investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara, menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai  memiliki potensi. Terbukti, investor pasar modal Provinsi Sumatera Utara...

Berita Bitcoin Hari Ini: Wuih, Bitcoin Kembali ke US$20.000!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini datang dengan kabar menggembirakan. Pasalnya, Bitcoin kembali menyentuh level US$20.000. Sebagai informasi, harga mayoritas kripto utama kembali pada...
LANGUAGE