27.1 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Cara Menggunakan Gopay Paylater dari Aplikasi Go-Jek

Gopay Paylater merupakan fitur terbaru dari aplikasi Go-Jek dengan hasil kerja samanya bersama PT Mapan Global Reksa (Findaya). GoPayLater merupakan produk fintech lending dari Findaya yang dikembangkan oleh PT Mapan Global Reksa yang tergabung sebagai bagian dari Mapan. Mapan itu sendiri adalah satu dari tiga startup fintech (Financial Technology) yang diakusisi oleh Go-Jek tahun lalu.

PT Mapan Global Reksa (Findaya) juga sudah memperoleh surat tanda terdaftar sebagai penyelenggara pinjaman dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Findaya juga sudah melayani mitra Go-Jek, Go-Food, Go-Clean, Go-Massage, dan Mapan dengan fasilitas cicilan untuk kebutuhan lain penggunanya.

Sekarang ini, Go-Jek menawarkan fitur Paylater yang bisa digunakan layaknya kartu kredit, GoPayLater menanggung terlebih dahulu pembayaran tagihan di seluruh layanan aplikasi untuk penggunanya. Adanya fitur ini memudahkan para penggunanya dalam bertransaksi di aplikasi maupun merchant rekanan Go-Jek, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membayarkan semua tagihannya satu kali sebulan. Jadi, pengguna aplikasi Go-Jek tidak perlu membayar tagihan satu persatu setelah melakukan transaksi, pengguna fitur ini cukup membayar seluruh tagihan tersebut setiap akhir bulan.

Menariknya fitur ini adalah ketika pengguna layanan ini membayarkan tagihannya sebelum tanggal jatuh tempo, maka tidak akan dikenakan bunga pada saat melakukan pembayaran seluruh tagihannya. Bahkan pihak Go-Jek juga akan memberikan waktu tambahan untuk pengguna layanan paylater melunasi tagihannya yang sudah lewat jatuh tempo selama 5 hari.

Namun, jika pengguna layanan GoPayLater ini belum dapat melunasi tagihannya yang sudah jatuh tempo bahkan setelah diberikan keringanan selama waktu yang sudah ditentukan oleh pihak Go-Jek yakni 5 hari, baru pihak Go-Jek akan memberikan bunga harian sebesar Rp2 ribu kepada pengguna layanan paylater.

Setelah mengenal fitu GoPayLater dari Go-Jek yang bekerja sama dengan perusahaan fintech lending, berikut ini adalah syarat aktivasi hingga cara aktivasi akun paylater. 

Syarat hingga Cara Aktivasi Fitur Gopay Paylater

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk mengaktifkan fitur GoPayLater, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP dan berusia minimal 21 tahun. Setelah pengguna aplikasi Go-Jek memenuhi kriteria seperti yang sudah disebutkan tadi silakan aktivasi akun paylater dengan cara, sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Go-Jek terbaru yang sudah terinstall pada smartphone.
  • Selanjutnya klik “GoPayLater” pada aplikasi Go-Jek.
  • Setelah itu pihak Go-Jek akan mengirimkan kode OTP ke nomor handphone yang didaftarkan pada aplikasi, lalu masukkan kode OTP tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Berikutnya adalah pengenalan fitur paylater kepada calon pengguna fitur tersebut.
  • Pahami terlebih dahulu fitur tersebut sebelum menggunakan layanan paylater, ketika sudah memahami isi dari fitur tersebut kemudian tekan “daftar sekarang”.
  • Selanjutnya adalah mengisi data diri lengkap beserta unggah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP dan swafoto (selfie) dengan KTP.
  • Setelah itu tunggu data diri dan foto  KTP selesai di proses oleh pihak Go-Jek.
  • Setelah semua sudah lolos tahap verifikasi, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menandatangani surat perjanjian digital yang diberikan oleh pihak Go-Jek, silakan tanda tangan secara digital untuk mengaktifkan fitur GoPayLater.

Setelah fitur paylater tersebut aktif, maka penggunanya akan diberikan limit kredit hingga Rp500 ribu dan akan dikenakan biaya langganan sebesar Rp12.500 per bulannya. Akan tetapi biaya langganan ini akan dikenakan di bulan kedua setelah pemakaian fitur paylater tersebut, artinya biaya langganan di bulan pertama pemakaian tidak akan dikenakan biaya atau gratis.

Tidak hanya itu saja, melainkan fitur GoPayLater ini bisa digunakan di Aplikasi Go-Jek dengan seluruh layanan yang ada dalam aplikasi dan juga GoPayLater ini bisa digunakan di merchant rekanan Go-Jek.

Cara Menggunakan Melalui Aplikasi Go-Jek

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, berikut ini adalah penggunaan GoPayLater di Aplikasi Go-Jek.

  • Buka aplikasi Go-Jek, lalu pilih layanan ingin digunakan.
  • Setelah itu pada saat konfirmasi pesanan, pilih metode pembayaran melalui GoPayLater.
  • Pastikan kembali rincian transaksi sudah benar, kemudian tekan “Bayar”.
  • Setelah menekan “bayar” kemudian masukkan PIN Go-Jek untuk meneruskan transaksi.

Pihak Go-Jek akan memverifikasi pembayaran tersebut dan ketika sudah berhasil melakukan pembayaran, maka akan dialihkan ke halaman yang menyatakan pembayaran berhasil.

Cara Menggunakan Gopay Paylater Melalui Partner Go-Jek

Metode ini bisa dilakukan ketika merchant yang dikunjungi sudah bekerja sama dengan pihak Go-Jek dan menyediakan pembayaran menggunakan GoPay. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu hal tersebut untuk melanjutkan transaksi menggunakan GoPayLater. Berikut ini adalah cara menggunakan GoPayLater di merchant rekanan Go-Jek.

  • Melakukan transaksi pada merchant tersebut.
  • Setelah itu buka aplikasi Go-Jek untuk bayar menggunakan GoPay.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran menggunakan GoPayLater.
  • Kemudian pastikan rincian transaksi sudah benar, lalu tekan “bayar”.
  • Setelah memastikan bahwa rincian transaksi sudah benar adanya, masukkan PIN Go-Jek untuk meneruskan transaksi pada merchant tersebut.
  • Selanjutnya jika halaman yang ada di aplikasi diteruskan ke halaman yang menyatakan pembayaran berhasil, maka transaksi tersebut sudah selesai.

Perlu di ingat kembali bahwa GoPayLater hanya bekerja, jika merchant atau aplikasi tersebut sudah bekerja sama dengan Go-Jek dan menyediakan pembayaran melalui GoPay.

Cara Membayar Tagihan Gopay Paylater

GoPayLater bisa melihat seluruh informasi secara lengkap mengenai fitur yang ada, seperti limit saldo, riwayat pesanan, dan jumlah tagihan pada halaman beranda fitur tersebut. Untuk tagihan paylater tersebut juga akan jatuh tempo pada tengah malam di hari terakhir tiap bulannya. 

Pastikan juga bahwa tidak terjadi keterlambatan dalam membayar tagihan dari GoPayLater yang muncul di akhir bulan nantinya. Berikut adalah cara membayar tagihan GoPayLater.

  • Buka aplikasi Go-Jek yang sudah terinstall di smartphone.
  • Kemudian klik menu “more” yang ada pada kotak GoPay.
  • Setelah itu pilih menu GoPayLater, lalu tekan “bayar” untuk melihat rincian transaksi GoPayLater.
  • Setelah mengetahui rincian transaksi beserta nominal bayarnya, silakan tekan “bayar tagihan”.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan, metode pembayaran tersebut berupa Virtual Account, Transfer Bank, Minimarket, dan GoPay. 
  • Silakan lakukan pembayaran sesuai jumlah yang tertera pada aplikasi.
  • Jika menggunakan metode pembayaran melalui GoPay, masukkan PIN Go-Jek untuk meneruskan pembayaran.

Ketika pembayaran sudah diteruskan, maka pihak Go-Jek akan memverifikasi pembayaran tersebut dalam kurun waktu 1×24 jam. Ketika pembayaran sudah diverifikasi dan di proses oleh pihak Go-Jek, maka limit kredit yang sudah terpakai akan dikembalikan seperti semula.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah GoPayLater merupakan metode pembayaran yang bisa digunakan lewat aplikasi Go-Jek langsung maupun di merchant rekanan Go-Jek. Adanya fitur ini memudahkan penggunanya untuk memenuhi kebutuhan harian mereka pada saat saldo GoPay sedang kritis. Tentunya diharuskan penggunaan fitur secara bijak bagi para pengguna layanan paylater ini.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Bengkel Spesialis Mercy, Ini Daftar Lengkapnya

JAKARTA, duniafintech.com – Bengkel spesialis Mercy terdekat adalah tempat yang paling dicari oleh pengguna mobil keluaran Jerman ini. Di samping lantaran membutuhkan perawatan khusus, di...

Tahapan Investasi P2P Lending Syariah, Jadi Solusi Keuangan

JAKARTA, duniafintech.com – Tahapan investasi P2P lending syariah kali ini bisa dijadikan solusi, jika Anda mencari investasi yang terpercaya dan menawarkan imbal hasil yang...

Dangdut Verse Sempat Trending di Twitter, Gabungan Antara Musik dengan Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Frasa dangdut verse atau D'verse sempat menjadi trending di media sosial Twitter. Musik lokal menjadi pilihan investasi digital baru melalui token...

Cara Transfer ShopeePay ke DANA 2022, Gampang Loh! 

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, cara transfer ShopeePay ke DANA atau juga cara transfer DANA ke ShopeePay sangat gampang. Namun, memang banyak pengguna belum mengetahui...

Pendanaan P2P Lending Syariah? Wajib Catat Ya

JAKARTA, duniafintech.com – Pendanaan P2P Lending Syariah? apa saja tahapannya ya. Berinvestasi kini bisa lebih mudah hanya melalui aplikasi fintech. Salah satu pilihannya, anda...
LANGUAGE