28.3 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

Traveloka Paylater: Cara Kerja, Registrasi hingga Aktivasi

Traveloka paylater adalah fasilitas pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk mencicil semua pembelian dalam aplikasi tanpa kartu kredit. Paylater dari traveloka merupakan metode pembayaran yang saat ini dikenal sebagai kredit online yang berlaku untuk semua produk yang tersedia di aplikasi traveloka, kecuali untuk beberapa produk pilihan seperti pembayaran tagihan dan top-up pulsa.

Paylater traveloka ini merupakan paylater dari PT Caturnusa Sejahtera Finance sebagai penyedia layanan paylater di traveloka. Adanya metode pembayaran paylater membuat semua orang merasakan kemudahan dalam melakukan transaksi digital. Menariknya dari produk paylater ini adalah menyediakan para penggunanya paylater card yang bisa digunakan bukan hanya untuk produk yang ada di traveloka saja, tapi bisa dilakukan di seluruh merchant online maupun offline yang berada di dalam dan luar negeri.

Traveloka pay later card hadir sebagai metode pembayaran yang praktis dan simpel, dengan proses pendaftarannya relatif lebih mudah dibandingkan kartu kredit pada umumnya yang memiliki berbagai syarat yang harus dipenuhi. Untuk dapat menggunakan layanan ini tentu harus mendaftar terlebih dahulu dengan syarat yang dibutuhkan, yaitu calon pengguna sudah berusia 21 tahun dan maksimal 70 tahun serta memiliki KTP yang sah. 

Proses Pendaftaran Traveloka Paylater

Setelah memenuhi kriteria yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai pengguna paylater, berikut ini adalah cara registrasi akun paylater dari traveloka.

  • Unduh dan install aplikasi Traveloka yang bisa di unduh melalui smartphone di Playstore maupun Apps Store.
  • Setelah itu, buka aplikasinya dan lakukan login ke akun traveloka yang sudah ada. Jika belum mempunyai akun traveloka, silakan login menggunakan email maupun nomor handphone untuk meneruskan ke halaman utama aplikasi.
  • Selanjutnya tekan traveloka pay, kemudian pilih paylater.
  • Setelah itu nanti akan masuk ke halaman apply for paylater untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan dengan mengisi data pribadi, keluarga dan pekerjaan.
  • Selanjutnya adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan foto diri untuk keperluan verifikasi.
  • Perlu diketahui bahwa proses verifikasi ini memerlukan waktu sekitar 60 menit di jam kerja, pastikan bahwa nomor yang digunakan aktif dan dapat dihubungi.
  • Setelah melalui proses verifikasi dan akun telah disetujui, maka paylater bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Setelah pendaftaran berhasil disetujui oleh pihak traveloka, limit kredit yang diberikan bisa mencapai Rp50 juta. Dengan limit yang diberikan maka semua produk yang ada di aplikasi traveloka bisa dialihkan pembayarannya menggunakan metode pembayaran paylater, kecuali beberapa produk tagihan dan isi ulang.

Cara Kerja Traveloka Paylater

Ada dua metode yang disediakan oleh traveloka terkait cara kerja fitur paylater mereka, yakni metode atau cara transaksi melalui aplikasi traveloka dan metode transaksi melalui merchant online maupun offline. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua cara kerja dari pay later tersebut.

1. Bertransaksi Menggunakan Paylater di Aplikasi Traveloka

Berikut ini adalah cara mudah dalam bertransaksi menggunakan paylater dari traveloka yang dilakukan di aplikasi traveloka itu sendiri.

  • Buka aplikasi traveloka dan pilih produk yang diinginkan.
  • Setelah itu klik buy, lalu nanti akan diarahkan ke halaman pembayaran traveloka.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran melalui paylater, kemudian nanti akan disediakan opsi bayar dengan metode cicilan.
  • Pilih opsi cicilan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
  • Selanjutnya adalah tekan beli menggunakan paylater, lalu masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar pada aplikasi.
  • Tunggu proses pembayaran selesai di verifikasi, lalu pembayaran berhasil dan transaksi selesai dilakukan.

2. Transaksi melalui Merchant Menggunakan Traveloka Paylater

Metode transaksi yang dilakukan melalui merchant online maupun offline, maka penggunanya harus memiliki pay later card yang sudah disediakan oleh traveloka untuk penggunanya yang berada di level yang lebih tinggi. Untuk itu, tingkatkan skor paylater terlebih dahulu untuk menikmati fasilitas yang disediakan melalui aktivitas pembelian dan pembayaran yang baik. 

Berikut ini adalah metode transaksi yang bisa dilakukan ketika pengguna paylater traveloka sudah mencapai level tinggi, sehingga dapat melakukan transaksi di merchant online maupun offline yang bekerja sama dengan traveloka.

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah berbelanja kebutuhan yang ingin dibeli melalui situs favorit pilihan pengguna.
  • Ketika siap melakukan pembayaran pada situs tersebut, selanjutnya adalah memilih metode pembayaran melalui kartu kredit sebagai alat bayarnya.
  • Kemudian buka halaman paylater di aplikasi traveloka untuk mengaktifkan virtual number yang akan valid dalam kurun waktu 15 menit.
  • Setelah itu kembali ke situs belanja tadi untuk meneruskan pembayaran dengan cara mengcopy-paste semua detail virtual number tadi.
  • Selanjutnya adalah menekan selesai pada halaman kartu kredit yang tersedia pada situs belanja yang ingin dibayarkan. 
  • Setelah menekan selesai, maka transaksi akan langsung dikonfirmasi oleh merchant tersebut dan untuk pembelian yang baru saja dilakukan tadi bisa diubah menjadi cicilan di aplikasi traveloka dalam kurun waktu 12 jam.

Perlu digarisbawahi pada saat akun paylater traveloka sudah tinggi dan ingin melakukan transaksi di luar aplikasi traveloka, maka perlu mengajukan aktivasi virtual number sebelumnya.

Cara Apply Virtual Number 

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa penggunaan virtual number hanya ditawarkan oleh traveloka kepada pengguna paylater yang memiliki level lebih tinggi saja. Ketika mengajukan virtual number maka otomatis akan mendapatkan fasilitas paylater card yang berguna untuk berbelanja di luar aplikasi traveloka.

Berikut ini adalah cara apply virtual number paylater traveloka.

  • Buka aplikasi traveloka dan masuk ke traveloka pay dan pilih pay later.
  • Pada halaman paylater yang tersedia di aplikasi traveloka menyatakan level up, maka tekan tombol ajukan.
  • Kemudian nanti akan diarahkan ke halaman pengantar untuk mengenal cara kerjanya, baca dan pahami halaman tersebut kemudian tekan request virtual number.
  • Setelah itu tunggu kode OTP yang akan dikirimkan oleh traveloka ke nomor handphone yang terdaftar di aplikasi untuk meneruskan pengajuan virtual number.
  • Selanjutnya ketika sudah memasukkan kode OTP yang dikirimkan oleh traveloka, maka proses pengajuan akan masuk ke tahap peninjauan oleh aplikasi dan jika pengajuan disetujui, maka virtual number sudah bisa dipakai untuk berbelanja di merchant online maupun offline.

Mudah bukan? Semakin sering melakukan aktivitas pembelian menggunakan pay later dan pembayaran tagihan memiliki riwayat pembayaran yang baik, maka bisa dengan cepat untuk mendapatkan virtual number dari traveloka.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah dengan metode pembayaran paylater yang saat ini tersedia di berbagai aplikasi yang menyediakan layanan tersebut untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi, tentu harus dipergunakan dengan bijak agar dapat mengatur keuangan supaya tetap stabil. Karena dengan metode yang ditawarkan beli sekarang dan bayar nanti bisa jadi boomerang untuk penggunanya, jika tidak dipergunakan dengan bijak. Walaupun begitu adanya metode pembayaran ini memang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU