27.9 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Kartu Kredit BRI: Cara Pengajuan dan Jenisnya

Kartu kredit BRI adalah kartu kredit online yang dikeluarkan oleh Bank BRI yang digunakan untuk alat pembayaran di merchant online maupun offline. Proses pengajuan pembuatan dari kartu kredit, yaitu dengan cara pengajuan kartu kredit online maupun offline. 

Produk terbaru yang saat ini disediakan oleh salah satu Bank ternama di Indonesia, yaitu BRI Kartu Kredit. Jadi, tidak hanya tabungan BRI saja melainkan juga menawarkan kartu kredit, asuransi kesehatan, dan asuransi jiwa melalui BRI Life. Kartu kredit yang dikeluarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia juga menawarkan promo di berbagai merchant yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna layanan. 

Bahkan tersedia promo cicilan yang bisa memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Persoalan utama dari layanan BRI Kartu Kredit adalah tidak sedikit nasabahnya yang merasa bingung dalam hal memilih jenis BRI Kartu Kredit yang sesuai.

Apa itu Kartu Kredit BRI?

Kartu kredit BRI online adalah alat pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pembelian yang bisa diubah menjadi cicilan dan juga pinjaman dana. Bank terbesar yang ada di Indonesia ini menawarkan sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan bagi nasabah kartu kreditnya melalui jaringan kerjasama dengan merchant yang luas.

Sekarang ini BRI Credit Card menjadi salah satu produk pinjaman yang semakin diminati oleh nasabah BRI. Pasalnya pada tahun 2020 lalu, Bank BRI berhasil mencatat pertumbuhan outstanding pada produk kartu kredit sebesar 33,6% secara YoY (Year-on-Year) atau senilai Rp3,6 triliun per tahun.

BRI kartu kredit memiliki berbagai jenis kartu beserta keunggulan dari masing-masing jenis kartu yang ditawarkan kepada nasabahnya. Bahkan, proses pengajuannya juga semakin mudah karena bisa dilakukan secara online.

Jenis, Biaya, dan Denda Kartu Kredit BRI

Pada umumnya jenisnya terbagi menjadi lima jenis kartu, yakni BRI Travel, BRI Daily Needs, BRI Lifestyle, BRI Commercial Card, dan Co-Branding BRI Traveloka. 

Berikut ini adalah beberapa jenis credit card bri yang disediakan untuk berbagai macam kebutuhan nasabahnya serta serta syarat umum yang dibutuhkan hingga biaya dan denda yang akan dikenakan oleh jenis kartu yang dipilih nantinya.

1. Kartu Kredit BRI Travel

BRI Travel adalah jenis credit card yang disediakan oleh bank BRI bagi nasabahnya yang gemar travelling. Dengan memiliki kartu ini nasabah BRI merupakan salah satu keuntungan baginya, karena kartu ini dibuat khusus sebagai produk kartu travel (khususnya kegiatan travelling destinasi negara Asia) dan sebagai sarana olahraga (sport) bagi segment profesional dan pengusaha.

Jenis kartu kredit ini biasanya menawarkan cicilan nol persen untuk setiap pembelian tiket pesawat, akomodasi hotel, dan bonus lainnya sehingga bisa menghemat keuangan pada saat liburan. Layanan lainnya yang disediakan oleh kartu ini adalah layanan tarik tunai yang bisa menjadi dana darurat bagi nasabahnya pada saat kehabisan uang atau sedang mengalami kesulitan dalam hal mencari money changer saat berlibur.

BRI kartu kredit travel ini memiliki tiga jenis kartu yang khusus untuk memenuhi kebutuhan travelling nasabahnya, adapun jenis kartunya adalah BRI Mastercard World Access, BRI Wonderful Indonesia, dan JCB Platinum.

Adapun persyaratan umum untuk melakukan pengajuan kartu kredit yang dibutuhkan oleh masing-masing jenis kartu tersebut, antara lain:

  • Memiliki identitas diri yang sah (KTP, NPWP, KITAS, PASPOR).
  • Berusia minimal 21 tahun untuk pemegang kartu utama dan berusia 17 tahun bagi pemegang kartu tambahan dengan maksimal usia dari keduanya adalah 45 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap per bulannya, mulai dari Rp3 juta hingga Rp30 juta per bulan.

Untuk persyaratan  umum yang dibutuhkan oleh kartu BRI jenis Travel. Adapun jenis dari BRI Travel ini adalah sebagai berikut.

  • BRI World Acces

Kartu BRI World adalah jenis kartu yang digunakan untuk melakukan perjalanan bisnis dan travelling ke luar negeri maupun dalam negeri. Biaya dan keuntungan yang bisa didapatkan bagi nasabah yang menggunakan kartu ini, antara lain:

  1. Memiliki limit kredit awal mulai dari Rp10 juta hingga Rp1 miliar.
  2. Dapat melakukan transaksi tarik tunai harian maksimal Rp10 juta per harinya.
  3. Dikenakan biaya overlimit (batas penggunaan) sebesar Rp200 ribu per bulan.
  4. Biaya keterlambatan pembayaran akan dibebankan senilai 1% dari total tagihan yang ada dan akan kembali menjadi 3% jika kebijakan relaksasi.
  5. Nasabah juga akan dikenakan biaya tahunan sebesar Rp1 juta dan nasabah juga akan diberikan gratis biaya penagihan dan upgrade kartu.
  6. Tersedia cicilan 0% dari setiap pembelian tiket pesawat.
  • JCB Platinum

JCB Platinum merupakan kategori kartu yang termasuk dalam jenis kartu travel yang disediakan untuk para nasabah BRI yang gemar melakukan travelling. Adapun biaya dan previlage yang bisa didapatkan oleh pemilik kartu ini, antara lain:

  1. Memiliki limit kredit yang disediakan di awal sebesar Rp15 juta hingga Rp40 juta dengan minimum penghasilan sebesar Rp5 juta per bulan.
  2. Biaya tahunan dan overlimit, kenaikan limit kredit serta penggantian kartu sebesar Rp300 ribu untuk biaya tahunan dan Rp100 ribu unuk biata overlimit dan ganti kartu.
  3. Menyediakan pelayanan maksimal melalui airport lounge, shuttle bus, belanja, hotel, dan golf dan juga biaya pergantian PIN tidak akan dikenakan biaya.
  4. Melayani transaksi tarik tunai dengan maksimal transaksi sebesar Rp10 juta per hari dan menyediakan fitur cicilan mulai dari nol persen.
  • BRI Wonderful Indonesia

BRI Wonderful Indonesia adalah salah satu produk co-branding (produk hasil kolaborasi) antara PT Bank Rakyat Indonesia dan kementrian sosial, adapun rincian biaya dan kemudahan transaksi menggunakan jenis kartu ini, adalah sebagai berikut:

  1. Tersedia limit awal sebesar Rp15 juta hingga Rp1 miliar dengan penghasilan minimum Rp5 juta per bulan.
  2. Annual Fee (biaya tahunan) sebesar Rp600 ribu dan biaya overlimit serta kenaikan limit kredit sebesar Rp100 ribu.
  3. Biaya pergantian kartu yang dikenakan sebesar Rp50 ribu dan pergantian PIN sebesar Rp25 ribu.
  4. Layanan tarik tunai dengan maksimal tarik tunai sebesar Rp10 juta per harinya.
  5. Bebas biaya upgrade kartu dan bebas biaya penagihan.
  6. Menyediakan cicilan dengan bunga nol persen untuk setiap pembelian tiket pesawat.

2. Kartu Kredit BRI Daily Needs

Daily needs BRI kartu kredit merupakan kartu yang berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok dikala sedang krisis. Jenis kartu kredit ini memiliki dua jenis kartu, yaitu BRI Platinum dan BRI Easy Card dengan berbagai kelebihan dan biaya yang dibebankan berbeda-beda. Berikut ini adalah biaya yang ditetapkan oleh BRI untuk nasabah yang memegang kartu ini, bukan hanya itu saja melainkan terdapat kelebihan masing-masing didalamnya. 

  • BRI Easy Card

BRI Easy Card merupakan kartu kredit yang dapat memenuhi segala kebutuhan sehari-hari dengan cara cicilan dengan tenor yang disesuaikan dan suku bunga yang dikenakan bunga nol persen. Berikut ini adalah kelebihan yang ada pada BRI Easy Card serta biaya yang dikenakan oleh kartu ini, antara lain:

  1. Memberikan limit awal sebesar Rp5 juta dengan minimum penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan.
  2. Tersedia berbagai macam promo menarik setiap harinya yang  disediakan oleh BRI.
  3. Biaya tahunan yang relatif lebih rendah, Yaitu senilai Rp250 ribu dengan biaya overlimit yang disediakan sesuai dengan minimal Rp100 ribu.
  4. Akan tetapi, untuk biaya penagihan BRI tidak akan memungut biaya penagihan mereka.
  5. Pergantian PIN akan dikenakan biaya senilai Rp25 ribu, sedangkan biaya upgrde kartu senilai Rp75 ribu setiap transaksi.
  • BRI Platinum

BRI Platinum merupakan jenis kartu yang hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga gaya hidup pemilik kartu. Berikut ini adalah biaya yang telah ditentukan oleh BRI dan juga kelebihan yang ada pada kartu ini, antara lain:

  1. Limit kredit yang diberikan di awal sebesar Rp40 juta dan bisa mencapai Rp100 juta dengan penghasilan tetap minimal Rp8,5 juta perbulan.
  2. Layanan tarik tunai dalam sehari maksimal Rp10 juta.
  3. Biaya tahunan yang dikenakan biaya senilai Rp600 ribu, sedangkan biaya overlimit dikenakan biaya sebesar Rp125 ribu.
  4. Biaya pergantian kartu apabila terjadi kehilangan atau kerusakan akan dikenakan biaya senilai Rp50 ribu dan pergantian PIN sejumlah Rp25 ribu.
  5. Biaya kenaikan limit kredit akan dikenakan biaya sebesar Rp100 ribu.
  6. Bebas biaya upgrade kartu kredit dan juga bebas biaya penagihan.

3. BRI Kartu Kredit Lifestyle

Bank Rakyat Indonesia tidak hanya menyediakan produk kartu kredit travel dan juga daily needs saja, BRI juga menyediakan kartu kredit untuk kebutuhan gaya hidup. Karena pada dasarnya, jenis kartu kredit ini memberikan berbagai penawaran diskon menarik di berbagai merchant, konser musik, serta promosi lain yang termasuk dalam fitur yang memudahkan transaksi belanja nasabah.

Terdapat dua pilihan kartu kredit Lifestyle yang disediakan oleh BRI, yaitu BRI Visa Touch dan BRI Infinite Card. Berikut ini adalah jenis dan biaya beserta denda dari produk kartu kredit jenis lifestyle.

  • BRI Visa Touch

BRI Visa Touch adalah BRI kartu kredit tambahan yang diberikan untuk memfasilitasi transaksi online dan mempermudah gaya hidup pribadi milenial. Berikut ini adalah biaya dan kelebihan yang terdapat dalam kartu kredit visa touch, antara lain:

  1. Memiliki limit kredit awal sebesar Rp5 juta dengan batasan maksimal sebesar Rp15 juta dengan minimum penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan.
  2. Biaya tahunan yang dibebankan oleh nasabah pengguna kartu ini sebesar Rp300 ribu dengan biaya overlimit Rp100 ribu.
  3. Biaya kenaikan limit dikenakan sejumlah Rp50 ribu dan biaya upgrade kartu senilai Rp75 ribu.
  4. Biaya untuk kenaikan limit kartu kredit sejumlah Rp50 ribu dan untuk biaya upgrade kartu dikenakan biaya sebesar Rp75 ribu.
  5. Bebas biaya penagihan dan mendapatkan promo menarik setiap harinya bagi pengguna layanan kartu kredit visa touch, mulai dari layanan resto, café, dan juga e-commerce yang sudah bekerja sama dengan pihak BRI. 
  • BRI Infinite Card

BRI Infinite Card merupakan kartu kredit segmen premium khusus untuk nasabah prioritas BRI dengan posisi sebagai lifestyle card. Adapun biaya yang telah ditentukan oleh pihak bank dan juga kelebihan yang terdapat dalam produk BRI infinite card, antara lain:

  1. Memiliki limit kredit sebesar Rp150 juta hingga Rp1 miliar dengan syarat sudah menjadi nasabah prioritas dengan minimum AUM (Asset Under Management) sesuai ketentuan AUM BRI Prioritas.
  2. Biaya tahunan yang dikenakan kepada pemilik kartu ini sebesar Rp2,4 juta dan biaya overlimit yang tersedia pada kartu ini akan dibebankan sebesar Rp250 ribu.
  3. Biaya untuk menaikkan limit kredit dan biaya ganti kartu dikenakan sebesar Rp100 ribu.
  4. Biaya penagihan dikenakan senilai Rp12 ribu dan biaya ubah PIN akan dikenakan biaya senilai Rp25 ribu.
  5. Nasabah prioritas akan mendapatkan asuransi perjalanan, baik dengan jalur udara, darat maupun laut.
  6. Priority Pass (Nasabah prioritas).
  7. Memiliki akses gratis untuk 2 pax fasilitas executive lounge yang menjalin kerja sama dengan pihak bri dan bandara dalam negeri.
  8. Batas maksimal tarik tunai senilai 60% dari sisa limit kredit.

Kemudahan Transaksi menggunakan Kartu Kredit BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyediakan fasilitas yang bisa digunakan oleh semua nasabahnya untuk memudahkan transaksi menggunakan kartu kredit, antara lain:

  • Nasabah BRI akan mendapatkan kemudahan dalam transaksi yang menyediakan logo Visa/Mastercard di seluruh dunia.
  • Promo menarik yang diadakan oleh pihak bank yang dapat dinikmati oleh seluruh nasabah BRI setiap harinya.
  • BRING atau program belanja ringan yang disediakan oleh bri dalam memberikan fasilitas cicilan dengan bunga 0 hingga 0,79 persen untuk setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit dan termasuk belanjaan bulanan dari katalog BRI.
  • Nasabah juga akan mendapatkan BRI Point dari tiap transaksi yang dilakukan menggunakan credit card BRI di merchant-merchant tertentu pilihan BRI.
  • BRI menyediakan fitur BRI Travel Service yang memberikan kemudahan dan juga kenyamanan dalam pemesanan tiket perjalanan, hotel maupun wisata ke seluruh dunia.
  • Call center BRI yang siap sedia melayani kendala nasabahnya selama 24 jam penuh.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah fasilitas kartu kredit BRI memang memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Namun, penggunaan kartu kredit harus bisa dikontrol sebaik mungkin agar keuangan tetap stabil.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pasar Kripto Bergejolak, Tapi Masih Cenderung Bergerak Positif

JAKARTA, duniafintech.com - Harga mata uang kripto sepanjang pekan ini cenderung menguat, di tengah masih tingginya gejolak atau ketidakpastian seputar akhir krisis Ukraina sementara...

Mengenal REN Coin, Token Milik Jaringan Protokol Ren yang Didirikan 2017

JAKARTA, duniafintech.com - Ren (REN) Coin adalah protokol jaringan terbuka yang dibangun untuk menyediakan interoperabilitas dan likuiditas antara berbagai platform blockchain.  Dilansir dari Coinmarketcap, REN...

Dapat Pengalaman Baru, Vidi Aldiano Konser dan Ngedance di Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Penyanyi Vidi Aldiano akan menggelar konser di metaverse. Ini merupakan pengalaman pertamanya melakukan konser secara virtual. Konser Virtual Vidi Aldiano di...

Kelebihan P2P Lending Syariah Untuk Dana Pendidikan

JAKARTA, duniafintech.com - Nilai manfaat dari sistem P2P LendingSyariah mampu memberi peluang penting bagi banyak aspek. Terkadang tidak hanya untuk bidang investasi hingga UMKM...

Harga Kripto 28 Juni 2022 Belum Bergairah, Bitcoin Cs Naik Tipis

JAKARTA, duniafintech.com - Harga kripto jajaran teratas termasuk bitcoin masih melanjutkan koreksi pada Selasa (28/6/2022) pagi. Bahkan mayoritas kripto jajaran teratas lainnya masih berada...
LANGUAGE