32.7 C
Jakarta
Rabu, 25 Mei, 2022

Ovo Paylater Tokopedia: Syarat Daftar dan Cara Aktivasi Akun

Ovo paylater Tokopedia adalah alat bayar yang memungkinkan pengguna membeli barang dengan sistem bayar nanti sesuai tanggal jatuh tempo.

Ovo merupakan dompet digital dengan berbagai fitur menarik didalamnya yang baru ini meluncurkan fitur terbaru mereka pada platform e-commerce sebagai metode pembayaran yang bernama tokopedia. 

Produk paylater dari ovo adalah layanan pinjaman yang diberikan oleh PT Indonusa Bara Sejahtera (Taralite) yang termasuk dalam perusahaan Peer-to-Peer Lending (P2PL) dalam bentuk limit kredit yang dapat digunakan untuk bertransaksi melalui aplikasi ovo. Produk paylater yang disediakan oleh PT Indonusa Bara Sejahtera dalam aplikasi ovo bisa dipercaya, karena perusahaan fintech tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia).

Menariknya dari produk paylater ovo ini, yaitu tidak memiliki biaya bulanan atau tahunan. Namun, pada saat menggunakan paylater akan dikenakan biaya layanan maksimal 5% dari nilai transaksi tersebut. Biaya layanan ini juga sifatnya bisa berubah dan akan ditentukan dari performa pengguna dalam menggunakan fitur paylater dan membayar tagihan paylater. 

Biaya layanan tersebut bisa dilihat dari nilai biaya layanan pada saat melakukan pembayaran menggunakan paylater. Jika, pembayaran tagihan tidak sampai lunas, maka nantinya akan ada bunga sisa tagihan senilai 0,1% dari sisa tagihan tersebut setiap harinya.

Apa itu Ovo Paylater?

Ovo paylater adalah layanan pinjaman online dalam bentuk e-wallet yang diberikan oleh perusahaan P2PL yang ingin memberikan kemudahan transaksi tanpa kartu kredit. Istilah lain yang dikenal dari salah satu fitur ovo ini adalah sebuah metode pembayaran yang bisa dicicil tanpa kartu kredit. 

Sekarang ini banyak yang menganggap bahwa ovo paylater bangkrut, namun nyatanya ovo paylater dibekukan sementara sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Fitur ini menyediakan limit pinjaman yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang bisa dibeli sekarang dan bayar nanti. 

Pasalnya fitur dari ovo saat ini memiliki beberapa pilihan tenor atau jangka waktu untuk melunasi tagihan paylater. Tenor yang disediakan oleh ovo, yaitu 3 sampai 12 bulan, namun semuanya kadang terkendala dalam proses pembuatan akun, karena mengalami beberapa masalah, seperti tidak bisa login ovo atau ovo dibekukan. 

Persyaratan untuk mengajukan paylater dari aplikasi ovo tokopedia ini sangat simpel, yaitu:

  • Berdomisili sesuai area layanan OVO.
  • Umur akun tokopedia minimal sudah berusia 6 bulan.
  • Melampirkan swafoto dan juga KTP.

Jadi, seperti itulah persyaratan umum yang harus dipenuhi terlebih dahulu, namun untuk menghubungkannya ke akun tokopedia syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kembali bahwa nomor handphone yang digunakan oleh aplikasi ovo sudah sama dengan akun tokopedia.
  • Akun ovo diharuskan sudah upgrade ke ovo premiere.
  • Akun Tokopedia berusia minimal 6 bulan.

Cara Daftar hingga Aktivasi Akun

Seiring dengan kemajuan teknologi yang saat ini berkembang pesat yang menghadirkan inovasi baru bagi segelintir perusahaan yang ingin terjun ke dalam digitalisasi. Kegunaan paylater adalah untuk menalangi semua jenis pembelian penggunanya, cara kerjanya pun hampir sama dengan kartu kredit. Namun, pengajuannya tidak begitu rumit pada saat mengajukannya di Bank.

Proses pengajuan OVO sendiri akan tercantum saat melakukan aktivasi, karena sebelum menggunakan fitur tersebut setiap pengguna diharuskan untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu. Setelah meng-upgrade akun OVO menjadi OVO Premier, maka nanti akan diteruskan untuk menuju proses aktivasi yang kemudian mengisi semua data pribadi serta menuliskan alamat sesuai dengan KTP. Proses verifikasi memerlukan waktu 1 x 24 jam.

Cara Aktivasi  Ovo Paylater Tokopedia

Untuk dapat menikmati dan menggunakan fitur paylater dari ovo, akun ovo harus sudah terhubung dan teraktivasi pada akun tokopedia. Berikut ini adalah cara aktivasi akun ovo agar terhubung dengan aplikasi tokopedia.

  • Unduh dan install aplikasi tokopedia di smartphone.
  • Kemudian masuk ke akun tokopedia menggunakan username dan password yang sudah terdaftar di aplikasi.
  • Lalu, tekan menu akun ovo yang tersedia pada halaman depan tokopedia.
  • Selanjutnya adalah menekan tombol “aktifkan sekarang” dan tunggu sampai kode verifikasi ke nomor OVO.
  • Lalu, masukkan kode verifikasi tersebut, kemudian upload swafoto dengan KTP.
  • Setelah itu lanjutkan untuk mengisi identitas diri secara lengkap dan valid.
  • Kemudian muncul syarat dan ketentuan yang berlaku, silakan baca dan pahami maksudnya, lalu tekan lanjut.
  • Setelah itu tunggu proses aktivasi disetujui.
  • Proses verifikasi akan berlangsung selama kurang lebih 1 x 24 jam.
  • Ketika akun sudah disetujui dan sudah teraktivasi, maka akun paylater sudah dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Cara Kerja Ovo Paylater Tokopedia

Berikut adalah cara menggunakan fitur paylater ovo melalui e-commerce tokopedia.

  • Buka aplikasi Tokopedia pada ponsel pintar dan lakukan login akun.
  • Kemudian carilah produk yang diingkan di kolom search tokopedia.
  • Setelah menemukan produk yang diinginkan, maka masukkan barang tersebut ke dalam keranjang.
  • Kemudian konfirmasi pesanan sudah sesuai, dan lakukan checkout pesanan.
  • Setelah melakukan checkout pesanan, silakan isi alamat penerima dan pilihlah jasa kurir yang diinginkan.
  • Masukkan juga kode voucher tokopedia untuk menghemat belanjaan (bila mempunyai voucher tokopedia).
  • Setelah itu, tekan lanjut untuk meneruskan transaksi.
  • Selanjutnya adalah memilih metode pembayaran dengan ovo, lalu pilih paylater.
  • Setelah itu akan muncul rincian total dari pesanan yang sudah di mark up dengan biaya layanan paylater sebesar 5 persen.
  • Kemudian tekan bayar sekarang untuk menyelesaikan transaksi.

Tagihan paylater akan muncul pada tanggal 27 di akhir bulan, pastikan untuk membayar tagihan tepat waktu agar tidak dikenakan bunga harian.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah fitur paylater ovo saat ini sedang dibekukan sementara waktu dikarenakan Indonesia saat ini dalam situasi force majeur (keadaan kahar) akibat wabah Covid-19. Sebab itu mungkin ada sedikit masalah untuk mengaktifkan fitur paylater, namun untuk fitur lainnya dari OVO masih berfungsi dengan sangat baik.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Rekomendasi Ide Bisnis Kekinian 2022 dengan Modal Rp1 Juta

JAKARTA, duniafintech.com – Ide bisnis kekinian 2022 menjadi sebuah hal yang penting bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha dengan modal Rp1 juta. Saat...

Mau Beli Kacamata Pakai BPJS? Intip Cara dan Daftar Optiknya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Tertarik untuk beli kacamata pakai BPJS Kesehatan? Sejatinya, caranya sangatlah gampang. Pasalnya, Anda bisa langsung datang ke optik yang bekerja sama...

Investasi Digital Mulai Tercoreng dan Perlu Segera Dipulihkan

JAKARTA— Ekosistem investasi digital tampaknya sekarang menjadi tercoreng karena beberapa pemberitaan buruk yang terjadi belakangan ini. Ini tentunya mengancam literasi keuangan digital. Padahal, masih...

Bertandang ke Indonesia, Elon Musk hingga Bill Gates Konfirmasi Hadir di B20 Summit Bali

JAKARTA, duniafintech.com – Orang terkaya di bumi dipastikan berkumpul pada agenda B20 Summit Bali. Chair of B20 Indonesia Shinta Kamdani menyampaikan bahwa sejumlah pebisnis...

Gegerkan Masyarakat, Sumber Harta Karun Emas 2 Miliar Ton Ditemukan di NTB

JAKARTA, duniafintech.com - Jumlah harta karun Indonesia akan bertambah setelah PT. Sumbawa Timur Mining (STM) mengumumkan adanya potensi sumber daya tembaga dan emas di...
LANGUAGE