26.2 C
Jakarta
Kamis, 25 Juli, 2024

GOTONG ROYONG FUND MASUK RANAH FINTECH

duniafintech.com – Gotong Royong merupakan suatu kegiatan yang dilandasi aspek sosial dan menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Dalam gotong royong, terdapat rasa kebersamaan. Rasa kebersamaan ini muncul karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul.

Konsep inilah yang coba diusung oleh Gotong Royong Fund. Ini adalah sebuah wadah penggalangan dana di Indonesia yang bergerak dalam komunitas penggalangan dana, baik individual maupun organisasi. Gotong Royong Fund menyasar berbagai bidang, seperti sosial, pendidikan, kesehatan, ide kreatif, dan banyak lainnya untuk mencapai tujuan yang sama.

Gotong Royong Fund terdiri atas beberapa individu yang memiliki latar belakang berbeda dengan satu tujuan yang sama, yaitu membentuk Indonesia menjadi negara maju. Wadah ini juga bertujuan untuk menggabungkan hubungan relasi antara sektor pribadi dengan komunitas yang luas untuk menciptakan virtual public private partnership.

Gotong Royong Fund adalah bagian dari Yayasan Pendidikan Cerdas Madani Indonesia (YPCMI), yang didirikan sejak tahun 2010. Yayasan ini merupakan lembaga sosial yang bergerak di bidang edukasi dalam hal pengelolaan dana, sesuai dengan misi YPCMI, yaitu mengembangkan pendidikan di bidang investasi secara menyeluruh.

Gotong Royong Fund membawa komunitas-komunitas berbeda ke dalam wadah yang sama. Platform crowdfunding ini memberikan pilihan kepada para donatur maupun pemilik proyek yang ingin memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan di Indonesia.

Beberapa perusahaan di Indonesia memiliki misi untuk membantu dan berpartisipasi dalam lingkungan mereka melalui program CSR. Sayangnya, ada banyak kendala dalam pencapaian pelaksanaan misi tersebut. Gotong Royong Fund hadir untuk memecahkan permasalahan dan memberikan solusinya melalui crowdfunding.

Masyarakat yang bersangkutan akan mempromosikan kebutuhan mereka secara terbuka dan transparan, di mana perusahaan-perusahaan dapat memilih peluang proyek yang sesuai dengan visi dan misi mereka.

Nilai lebih yang bisa diperoleh oleh perusahaan yang bekerja sama adalah:

  • Dalam pelaksaan CSR, perusahaan dapat memilih berbagai aktivitas kategori yang berbeda
  • Presentasi yang sederhana dan mudah dimengerti
  • Informasi yang jelas dan lengkap mengenai pemilik proyek dan proyeknya
  • Proposal dengan biaya yang efektif sehingga sesuai dengan syarat-syarat perusahaan
  • Perusahaan dapat memilih untuk mendanai 100% atau beberapa persen pada proyek yang dipilih
  • Perusahaan dapat menjadi sponsor untuk proyek yang dipilih
  • Keuntungan yang paling penting adalah kesederhanaan dan monitor pendanaan aktivitas dengan biaya yang efektif

Aktivitas yang sukses akan dipromosikan kepada masyarakat melalui sosial media. Pemilik proyek diharuskan untuk memberikan informasi yang up to date kepada para pemilik dana. Gotong Royong Fund akan melakukan monitor proyek serta melakukan blacklist bagi pemilik proyek yang tidak berkinerja.

Aktivitas yang sukses dan memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat akan tetap lanjut didanai jika pemilik proyek memerlukan dana lebih. Di sisi lain, implementasi yang kurang baik akan dihilangkan.

Hingga kini, Gotong Royong Fund telah mendanai sejumlah aktivitas sosial, seperti operasi katarak, sarana penjemputan bagi anak-anak korban kekerasan, pembangunan kolam renang alam, penyediaan listrik, pemberdayaan ekonomi dan sebagainya. Ruang lingkup aktivitas-aktivitas tersebut tersebar, mulai dari Medan, Jakarta, Solo, Sidoarjo, Sorong, Wamena dan lain-lain.

 

Source            : gotongroyong.fund

Written by        : Sebastian Atmodjo

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU