28.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

GRABGERAK UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

duniafintech.com – GrabGerak, layanan transportasi khusus bagi penyandang disabilitas baru saja diluncurkan oleh Grab dan terdapat 118 GrabCar yang disiapkan untuk membantu disabilitas dalam layanan baru ini.

Layanan ini menyasar wilayah Jabodetabek ini sudah bisa diakses aplikasi Grab versi terbaru. Sama seperti layanan transportasi lainnya, GrabGerak pada prinsipnya mengantar penumpang dari satu titik ke titik lainnya.

Baca juga :KRYPTONO EXCHANGE JUNI MENDATANG

Perbedaan utama dari GrabGerak adalah pengemudinya yang terlatih. Kendaraan GrabCar di layanan baru ini juga tampil sedikit berbeda dengan stiker khusus GrabGerak.

Mediko Azwar selaku Marketing Director of Grab Indonesia  menjelaskan layanan tersebut disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Inisiatif ini merupakan langkah alamiah bagi kami untuk menjangkau lebih jauh dari apa yang pasar lakukan. Karena mobilitas dan aksesibilitas bukanlah sebuah keistimewaan, namun hak dasar setiap manusia, kepercayaan inilah yang mendasari konsep dari inisiatif kami,” ungkapnya di Epicentrum Walk, Jakarta, yang dilansir dari metrotvnews, Rabu, 25 April 2018.

Baca juga : DIDI CHUXING SIAP SAINGI UBER

Data dari Program Perlindungan dan Layanan Sosial (PPLS) pada 2012 menunjukkan terdapat 3.838.985 penyandang disabilitas di Indonesia. Kendala dari segi aksesibilitas dan mobilitas menjadi momok bagi mereka di dalam negeri, mulai dari trotoar yang diokupasi pedagang kaki lima, jembatan pejalan kaki tanpa elevator, hingga area khusus penyandang disabilitas yang kerap diserobot angkutan umum.

Oleh mensiasati hal tersebut, mitra Grabcar yang khusus untuk layanan GrabGerak, telah memiliki sertifikasi serta pelatihan yang diberikan langsung Advokasi untuk Disabilitas Inklusi (Audisi) Indonesia.

Baca juga :DIGITAL EXCHANGE INI RILIS DI AFRIKA SELATAN

Dalam GrabGerak terdapat layanan yang ramah untuk semua orang, dan tidak terkeculi unutk penyandang disabilitas penglihatan atau yang tidak mampu membedakan warna. Dari segi tarif, layanan ini tak berbeda jauh dari GrabCar. Hanya saja produk baru ini sedikit lebih murah.

Untuk sementara, layanan ini masih bersifat uji coba dan terbatas di wilayah Jabodetabek saja. Layanan pemesanan kendaraan yang ramah disabilitas ini terbilang baru di Indonesia. GrabGerak ini juga menambah koleksi produk mereka yang sudah ada sebelumnya mulai dari GrabBike, GrabCar, GrabHitch, GrabTaxi, GrabFood, dan Grabexpress.

 

Written by : Dinda Luvita
Picture by : Pixabay.com

2 KOMENTAR

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU