26.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

HFIS BPJS Kesehatan, Begini Cara Menggunakannya

JAKARTA, duniafintech.com – Aplikasi HFIS BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang digunakan untuk menghimpun data milik fasilitas kesehatan mitra BPJS.

Aplikasi ini adalah akronim dari Health Facilities Information System (HFIS) BPJS Kesehatan, yang digunakan untuk mengelola aset dari puluhan ribu mitra fasilitas kesehatan (faskes) dan ratusan juta peserta asuransi.

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa memperoleh informasi mengenai alamat faskes, jumlah dokter, jam praktek, kapasitas kamar, dan lainnya.

Oleh sebab itu, fasilitas BPJS Kesehatan ini dibuat untuk mempermudah koordinasi antar faskes ketika menentukan rujukan rumah sakit lanjutan.

Untuk mengakses data HFIS ini, kamu bisa juga menggunakan aplikasi P-Care yang ada di ponsel Android.

Baca juga: 5 Cara ke Psikiater dengan BPJS Kesehatan, Ini Panduannya

Fungsi HFIS BPJS Kesehatan

Kehadiran HFIS membuat fasilitas kesehatan bisa lebih mudah melakukan koordinasi dengan pihak asuransi dan penyedia faskes lain.

Di samping bisa mengajukan perpanjangan kerjasama dan melaporkan kondisi faskes, pasien pun dapat lebih untuk mudah dirujuk ke Faskes Rujukan Tingkat Lanjut (FRTL) dari Faskes Rujukan Tingkat Pertama (FRTP).

Dengan demikian, petugas FRTP dapat secara online mencari rumah sakit terdekat yang punya kuota kamar dan dapat melayani keluhan pasien dari FRTP.  Bagi pasien BPJS, aplikasi Aplicares pun mempermudah mereka untuk mencari rumah sakit terdekat yang melayani BPJS Kesehatan.

Bahkan, ada fitur yang secara sistem sudah memfilter pencarian dan menampilkan faskes terdekat dari lokasi pasien menggunakan GPS.

Cara Menggunakan HFIS BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan

Mengutip website resmi BPJS, program HFIS ini baru bisa berlaku kalau fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik sudah bermitra dengan BPJS Kesehatan dalam program Fasilitas Mitra Kerjasama. Berikut alur pendaftarannya.

* Untuk mendaftarkan faskes dapat mengirimkan surat ke kantor cabang atau menghubungi call center BPJS yang tersedia selama 24 jam.

* Setelah proses pendaftaran selesai, faskes akan menerima email berisi username dan password untuk masuk ke aplikasi HFIS.

* Login di aplikasi, kemudian Isi profil fasilitas kesehatan sesuai kolom yang tersedia, dan melakukan self-assessment.

* Data faskes yang masuk akan dianalisa dan disetujui oleh Kepala Unit BPJS.

* Tim BPJS melakukan visit kredensialing untuk memastikan data yang dimasukkan sesuai dengan realita.

* Sebagai informasi, seluruh proses analisis data tersebut bisa dipantau juga oleh faskes melalui HFIS.

* Jika fasilitas kesehatan lolos persyaratan dan resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), maka faskes akan dikirimkan akses yang baru ke email faskes untuk login  ke HFIS.

* Faskes memasukkan username dan password baru ke kolom login di situs HFIS BPJS Kesehatan.

* Barulah pada tahap ini faskes bisa melihat profilnya serta mengajukan perubahan data lewat persetujuan Kepala Bidang BPJS Kesehatan Kantor Cabang, sebelum akhirnya diperbarui di aplikasi.

Sistem ini mempermudah faskes dalam mendapatkan transparansi terkait proses pendaftaran. Akan tetapi, untuk beberapa berkas faskes, tetap harus mengajukan dokumen secara tertulis ke kantor cabang BPJS Kesehatan sekalipun telah tersedia fasilitas online.

Baca juga: Gak Semua Penyakit Ditanggung BPJS Kesehatan, Ini Daftarnya

HFIS BPJS

Cara Mengakses HFIS BPJS Kesehatan bagi Peserta Asuransi

Untuk para peserta asuransi yang ingin memantau data fasilitas kesehatan yang tersedia, bisa mendapatkannya lewat aplikasi BPJS Kesehatan terpisah, yakni Aplicares untuk website dan P-Care untuk aplikasi ponsel pintar.

Akses data di website Aplicares

Aplicares adalah situs pencarian data fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia untuk nasabah. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu masuk ke dalam website Aplicares, kemudian memilih jenis fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, dokter praktik perorangan, dokter gigi, klinik utama, klinik pratama, atau apotek) dan provinsi. Selanjutnya, tekan tombol cari untuk membuka daftar faskes.

Jika kamu sudah tahu ingin ke rumah sakit mana maka tersedia juga opsi pencarian berdasarkan nama rumah sakit atau rumah sakit terdekat dari lokasi kamu saat ini. Untuk diketahui, data dalam Aplicares bisa diakses oleh masyarakat umum tanpa harus login terlebih dahulu.

Akses aplikasi ponsel pintar P-Care

Buat kamu pengguna Android, kamu bisa mendapatkan aplikasi P-Care dengan mengunduh di Play Store. Untuk memperoleh informasi, kamu harus melakukan login dulu dengan akun BPJS kamu.

Ingat juga ya bahwa selain bisa mendapatkan informasi, P-Care pun menyediakan layanan E-claim bagi nasabah BPJS Kesehatan.

Data yang Tersedia di Aplicares HFIS BPJS Kesehatan

Data apa saja yang bisa ditemukan dalam aplikasi P-Care BPJS Kesehatan? Inilah daftarnya.

Ketersedian tempat tidur berdasarkan kelas, jenis kelamin, kapasitas total, dan jumlah total yang tersedia, terdiri dari:

* Ruang VVIP

* Ruang VIP

* Ruang Utama

* Kelas I

* Kelas II

* Kelas III

* Ruang ICU

* Ruang ICCU

* Ruang PICU

* Ruang UGD

* Ruang IGD

* Ruang Bersalin

* Ruang HCU

* Ruang Isolasi

* Jenis Pelayanan Faskes

* Sarana Faskes

Adapun persyaratan dari BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut: informasi yang tertulis dalam Aplicares gak menjamin ketersediaan saat pasien tiba di faskes.

Itulah informasi lengkap terkait HFIS BPJS Kesehatan yang perlu kamu ketahui. Supaya layanan BPJS Kesehatan bisa dimanfaatkan dengan maksimal, pastikan juga ya bahwa kamu telah membayar iurannya secara rutin.

Baca juga: BPJS Kesehatan Perusahaan, Berapa Iurannya?

Simak informasi lengkap seputar dunia Kripto dan Fintech hanya di Duniafintech.com

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Berita Fintech Indonesia: Nama Fintech Legal Dicatut, AFPI Ancam Tempuh Jalur Hukum

JAKARTA, duniafintech.com – Berita fintech Indonesia terbaru kali ini datang dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Untuk diketahui, AFPI melayangkan ancaman terhadap pihak-pihak yang...

Berita Bitcoin Hari Ini: Koreksi, BTC Dibanderol Rp 355 Juta

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini masih seputar pergerakan harga kripto yang mengalami koreksi.  Saat ini, aset kripto dengan kapitalisasi pasar tersebar Bitcoin atau...

Makin Dilirik, Sandiaga Uno Ajak Jelajahi Keindahan Indonesia Lewat Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - Teknologi Metaverse kini semakin dilirik, Sandiaga Uno mengajak untuk menjelajahi keindahan Indonesia melalui Metaverse.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf ini...

OneAset, Aplikasi Investasi One Stop Solution Favorit Masa Kini

JAKARTA, duniafintech.com - Saat ini investasi sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya karena munculnya berbagai aplikasi yang mendukung, yakni OneAset adalah suatu...

Asuransi Kesehatan Syariah untuk Keluarga, Inilah Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan syariah untuk keluarga penting dimiliki sebagai upaya pertanggungan atas segala risiko yang akan terjadi. Tentu saja, setiap orang ingin memiliki...
LANGUAGE