24.7 C
Jakarta
Rabu, 6 Juli, 2022

Biaya Operasi Kanker Payudara, Ditanggung BPJS?

JAKARTA, duniafintech.com – Penting diketahui bahwa biaya operasi kanker payudara di Indonesia terbilang lumayan mahal.

Tarif yang dikenakan untuk operasi ini adalah di kisaran Rp40 juta—Rp50 juta. Biayanya sendiri tidak jauh berbeda dengan rumah sakit luar negeri, misalnya Bumrungrad International Hospital di Bangkok yang mencapai Rp67 juta.

Lalu, apakah biayanya dicover oleh BPJS Kesehatan? Cari tahu yuk dalam ulasan di bawah ini.

Apa Itu Kanker Payudara?

Kanker payudara adalah sejenis tumor ganas yang berkembang pada sel-sel di organ payudara. Kondisi tersebut terjadi saat sel-sel pada payudara membelah diri lebih cepat daripada sel normal, terakumulasi, dan membentuk benjolan.

Bahkan, di stadium atau tingkatan yang lebih parah, sel-sel abnormal ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya lewat kelenjar getah bening. Biasanya, kanker payudara lebih banyak menyerang perempuan ketimbang laki-laki.

Di samping itu, obesitas dan bertambahnya umur (di atas 50 tahun) pun meningkatkan risiko terkena penyakit ini. Oleh sebab itu, saat menemukan adanya benjolan di payudara, pembengkakan, atau perubahan yang sebelumnya tidak pernah ada, sebaiknya kamu segera ke dokter untuk memeriksakannya.

Nantinya, dokter akan mendiagnosis dan menyarankan pengobatan yang tepat untuk gejala tersebut. Kalau memang gejala yang dirasakan itu terdiagnosis kanker payudara maka ada beberapa prosedur pengobatan yang bisa dilakukan, yakni kemoterapi, radioterapi, cryosurgery, dan operasi

Umumnya, operasi akan dilakukan terhadap kanker payudara stadium lanjut, yakni ketika benjolan sudah terlampau besar dan harus segera diangkat. Pasalnya, kalau tidak diangkat maka sel-sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lain dan membahayakan kesehatan.

Jenis Operasi Kanker Payudara

Ada beberapa jenis operasi kanker payudara yang bisa dilakukan, bergantung pada kondisi pasien dan tingkat keparahan kanker yang diidap. Berikut ini ulasannya.

  1. Mastektomi

Mastektomi adalah prosedur operasi kanker payudara berupa pengangkatan satu payudara atau keduanya. Hal tersebut dilakukan apabila kanker telah menyebar dan supaya sel kanker dapat hilang.

Baca juga: Berapa Biaya Tambal Gigi di RS? Ini Rinciannya

  1. Lumpektomi

Lumpektomi adalah operasi dengan mengangkat bagian payudara yang terserang kanker.  Prosedur ini pun sekaligus mengangkat beberapa jaringan kecil yang sehat di sekitarnya.

  1. Rekonstruksi payudara

Operasi yang satu ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi payudara usai dilakukannya pengangkatan jaringan kanker.

Biasanya, dokter akan memperbaiki kondisi payudara dengan memberikan implan atau menggunakan jaringan di sekitar tubuh, seperti perut, paha, punggung, dan bokong.

Kenapa Biaya Operasinya Mahal?

Operasi kanker payudara terbagi menjadi dua jenis, yakni untuk mengangkat jaringan kanker dan memeriksa penyebaran kanker ke kelenjar getah bening. Kalau sudah menyebar hingga kelenjar getah bening maka dokter juga akan mengangkatnya sesuai prosedur medis yang dibutuhkan.

Usai sel kanker itu berhasil diangkat melalui operasi, bukan berarti penderita sembuh total. Pasalnya, masih ada prosedur pengobatan lain yang harus dijalankan, contohnya terapi radiasi lokal untuk menghancurkan sel-sel kanker mikroskopis pada payudara yang mungkin tersisa pasca operasi.

Kemudian, juga ada prosedur kemoterapi yang bertujuan untuk mencegah sel-sel kanker menyebar setelah operasi dan semua itu harus dilakukan berulang kali hingga pasien benar-benar sembuh.

Padahal, untuk radiasi saja, kamu harus membayar sekitar Rp30 juta—Rp50 juta untuk satu kali tindakan. Seperti dijelaskan di awal tulisan, biaya operasinya mencapai puluhan juta bukanlah jumlah final.

Baca jugaKelas Standar BPJS Kesehatan, Apa Saja Fasilitas Ruang Inapnya?

Namun, masih ada berbagai prosedur pengobatan lain yang harus dijalankan setelah operasi yang biayanya juga tidak kalah mahal. Semua jenis pengobatan itu mesti dijalankan kalau kamu benar-benar ingin sembuh total dari penyakit kanker payudara.

Apakah BPJS Menanggung Biaya Operasinya?

Mengingat biaya operasinya yang tidaklah murah, kamu bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk menanggung biaya tersebut.

Berita baiknya, BPJS Kesehatan menanggung biaya pengobatan semua jenis kanker, termasuk kanker payudara.

Akan tetapi, memang ada beberapa obat kanker yang tidak masuk dalam tanggungan biaya BPJS Kesehatan, yang biasanya ditujukan untuk penderita kanker stadium lanjut yang harganya cukup mahal.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut maka kamu bisa langsung menanyakan hal ini pada bagian BPJS Kesehatan.

Biaya Operasi Kanker Payudara

Biaya Operasi Kanker Payudara

Mengutip Alodokter, inilah daftar biaya operasi kanker payudara atau benjolan pada payudara di berbagai klinik dan rumah sakit di Indonesia.

  • Rumah Sakit Kebon Jati, Bandung: Dimulai dari Rp7.552.000
  • Rumah Sakit Citra Medika, Lamongan: Dimulai dari Rp6.340.000
  • Rumah Sakit Telogorejo, Semarang: Dimulai dari Rp30.000.000
  • Rumah Sakit Premier, Surabaya: Rp48.000.000 ‐ Rp82.000.000
  • MedicElle Clinic, Surabaya: Dimulai dari Rp25.000.000
  • Rumah Sakit Balimed, Denpasar: Dimulai dari Rp15.853.000
  • RSAL Dr Ramelan Surabaya, Surabaya: Dimulai dari Rp11.200.000

Penting diingat bahwa biaya itu tentu saja dapat berubah-ubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan dari masing-masing rumah sakit. Nah, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit untuk mendapatkan informasi tarif terbaru operasi ini.

Baca jugaDenda Rp30 Juta Akan Mengintai Para Penunggak Iuran BPJS Kesehatan

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Jasindo: Keunggulan dan Daftar Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi Jasindo merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia sebagai perusahaan milik negara. Jasindo sendiri adalah PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero),...

Memahami Cara Kerja Crypto, Pengertian hingga Regulasinya di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Cara kerja crypto atau cryptocurrency hampir mirip dengan mata uang di berbagai negara. Namun, cara kerja crypto tersebut belum menjadi alat...

Kelebihan dan Kekurangan Kripto, Trader Wajib Paham

JAKARTA, duniafintech.com - Kelebihan dan kekurangan kripto sangat penting untuk diketahui. Para investor atau trader kripto mesti memahaminya.  Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini...

Daftar Pinjaman Online Resmi Langsung Cair, Bisa Anda Pilih

JAKARTA, duniafintech.com - Pinjaman online resmi langsung cair sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan dengan cepat. Namun terkadang masih sulit menemukannya.  Saat ini Anda bisa...

Mahal Banget! Biaya Haji Diperkirakan Naik Hingga Rp100 Juta per Jamaah  

JAKARTA, duniafintech.com - Biaya haji diperkirakan akan naik hingga mencapai Rp 100 juta per jamaah. Kementerian Agama dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebelumnya telah...
LANGUAGE