27.3 C
Jakarta
Kamis, 20 Juni, 2024

Horeee! Sarinah Kembali Beroperasi Hari Ini dengan “Wajah” Baru

JAKARTA, duniafintech.com – Sarinah, sebuah pusat perbelanjaan tertua di Indonesia yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, bakal kembali beroperasi mulai hari ini, Senin (21/3/2022). Dalam “kelahirannya” kembali ini, pusat perbelanjaan pertama di tanah air ini  hadir dengan “wajah” alias tampilan baru.

“Dengan bangga kami mempersembahkan #TransformasiSarinah. Sebuah gerakan konkrit atas pengembangan dan dukungan terhadap brand lokal keren untuk mewujudkan kebangkitan ekonomi kerakyatan,” demikian akun Instagram @sarinahindonesia menulis pada Minggu (20/3/2022), dikutip dari Kompas.com.

Setelah direnovasi besar-besaran sejak tahun 2020 lalu, Sarinah pun kembali beroperasi dengan mengusung tema “Community Mall”. Tema ini diharapkan dapat membuat Sarinah bisa menjadi tempat anak muda dan komunitas untuk berkumpul bersama.

Menurut pihak pengelola Sarinah, akan banyak titik yang disediakan sebagai tempat foto bagi para pengunjung nantinya.

“Sarinah menyimpan banyak memori masa lalu yang sekarang menjadi sejarah, seperti Relief Soekarno, eskalator pertama di Indonesia, dan Kolam Pantul,” imbuh pengelola Sarinah dalam unggahan yang sama.

“Tak kalah unik, Sarinah juga mengembangkan beberapa spot unggulan lainnya yaitu Amphitheater dan Skydeck.”

Sebagai informasi, Sarinah adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962. Pusat perbelanjaan sekaligus gedung pencakar langit pertama di Indonesia ini diketahui bergerak di bidang ritel dan perdagangan, yang pembangunannya dipelopori oleh Presiden Soekarno.

Sarinah pun hadir sebagai pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia. Adapun saat ini, Sarinah “terlahir” kembali dengan slogan “The Window of Indonesia”, yang menjadi ruang kreativitas bagi masyarakat untuk menunjukkan produk-produk dalam negeri.

“Sebuah gerakan untuk membangun semangat lokalitas dan memberikan panggung bagi karya unggulan khas Nusantara,” lanjut akun Instagram @sarinahindonesia.

Wajah baru

Lalu, apa saja “wajah” baru dari Sarinah usai renovasi besar-besaran sejak dua tahun silam? Berikut ini daftarnya.

  1. Pusat produk UMKM

Hal ini sebagaimana sudah diungkap oleh Menteri BUMN RI, Erick Thohir, sejak proses renovasi dimulai pada dua tahun silam. Saat itu, Erick bilang bahwa pihaknya ingin produk-produk lokal mampu bersaing dengan produk global.

“Kami juga berkomitmen menjadikan Sarinah sebagai rumah bagi produk-produk lokal. Saya, tentunya, akan mendorong agar produk-produk lokal jadi pemenang di negeri sendiri. Amin,” kata Erick pada akhir November tahun lalu.

  1. Konsep community mall

Seminggu menjelang pembukaan pada hari ini, beberapa informasi soal “wajah” baru Gedung Sarinah sudah disampaikan lewat akun Instagram @sarinahindonesia. Di antara informasi itu adalah bahwa Gedung Sarinah yang baru ini bakal mengusung konsep “Community Mall” alias mal komunitas. Harapan dari konsep itu adalah Sarinah bisa menjadi tempat berkumpul anak muda dan komunitas.

  1. Amphitheater dan skydeck

Terbaru, Sarinah bakal punya amphitheater dan skydeck.  Adapun fasilitas atrium ini bisa dipakai untuk mengadakan sejumlah pameran kreatif, misalnya pergelaran busana ataupun fashion show. Maka dari itu, Sarinah diharapkan dapat menjadi creative hub atau pusat kreativitas bagi para anak muda maupun seniman Indonesia.

  1. Relief peninggalan era Bung Karno

Menurut Direktur Utama Sarinah, Fetty Kwartati, setelah direnovasi besar-besaran, Gedung Sarinah bakal menyediakan ruang budaya bagi pengunjung. Sejalan dengan itu, seperti diunggah oleh akun @sarinahindonesia, tampak sebuah relief peninggalan era Presiden Soekarno yang sudah dipercantik pada sebuah ruangan terbuka yang dapat diakses oleh khalayak ramai.

Relief yang berumur lebih dari setengah abad ini sebelumnya tersembunyi di ruang mesin (ruang AHU) di belakang gerai makanan cepat saji. Fetty menerangkan, relief patung petani ini sebelumnya tidak dapat diakses oleh masyarakat luas sejak tahun 1980-an lantaran ada perubahan tata letak (desain) ruang di gedung yang diresmikan pada tahun 1966 silam ini.

  1. Ruang belanja VIP

Mengantongi target meningkatkan kelas UMKM, Gedung Sarinah yang baru ini pun bakal menyediakan ruangan VIP bagi pengunjung yang ingin berbelanja produk UMKM. Dari ruangan itu, pembeli dapat memiliki berbagai koleksi batik premium dan produk lokal lainnya. Di lain sisi, konsep ruang belanja VIP itu sekilas mengingatkan pada merek-merek global.

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

Iklan

ARTIKEL TERBARU