25.6 C
Jakarta
Jumat, 9 Desember, 2022

ICO SUMBANG ANGKA 3,5 KALI LIPAT LEBIH BANYAK UNTUK STARTUP BLOCKCHAIN KETIMBANG VC SEJAK 2017

duniafintech.com – Pertumbuhan industri startup dan blockchain yang semakin pesat belakangan ini ternyata membuat salah satu tren pengumpulan modal, ICO (Initial Coin Offerings) semakin populer. Angkanya mencapai 3,5 kali lipat lebih banyak daripada VC (venture capital) sejak tahun 2017 lalu.

Baru-baru ini di tahun 2018 diketahui bahwa jumlah dana melalui VC yang berhasil diakumulasi oleh perusahaan blockchain dan perusahaan yang menerapkan teknologi ini berhasil memecahkan rekornya di tahun 2017.

Baca juga: perusahaan-pertukaran-cryptocurrency-di-jepang-membentuk-badan-pengawas-industri-mata-uang-digital/

Meksipun mencatat pendanaan venture hingga $900 juta di tahun 2017, dan tambahan lebih dari $375 juta di awal tahun 2018 ini, cara tradisional VC masih kalah jauh dibandingkan dengan jumlah akumulasi dana yang didapatkan dengan cara ICO.

Meskipun Anda tidak pernah ikut serta melakukan VC, dengan membaca artikel ini setidaknya Anda pernah mengikuti ICO, atau setidaknya membaca tentang metode pendanaan ini. Ini membuktikan bahwa ICO belakangan menjadi lebih populer daripada VC.

Tujuan asli dari Bitcoin dan sebagian besar mata uang virtual yang lain adalah meningkatkan sistem moneter yang tidak bergantung pada bank sentral dan mempercayai pihak ketiga. Tidak mengherankan jika para penggemar kripto telah menemukan cara untuk menghindari proses yang lama demi meningkatkan modal untuk mendanai proyek baru, yang secara tradisional tertanam dalam budaya perbankan dan kepercayaan lama.

Hari ini kita menyaksikan seberapa cepat dominasi ICO dalam proses pendanaan startup blockchain dan memahami cara kerja bagaimana dana bisa masuk melalui instrumen pendanaan baru ini.

Baca juga: https://duniafintech.com/bagaimana-teknologi-blockchain-mengubah-cara-kerja-aplikasi-kencan-online/

ICO: Jumlah Deal Lebih Sedikit, Namun Nilainya Lebih Tinggi Daripada VC

Untuk catatan tahun 2017 dan ditambah dua bulan pertama tahun 2018 pada saat penulisan artikel ini, data Crunchbase telah mencatat total 527 putaran modal ventura dan ICO yang diajukan oleh perusahaan-perusahaan dalam kategori Bitcoin, Ethereum, Blockchain, cryptocurrency dan virtual currency.

Selama 14 bulan terakhir, blockchain dan startup terkait telah mengumpulkan hampir $ 1,3 miliar melalui modal ventura tradisional di seluruh dunia. Tapi untuk ICO Crunchbase telah berhasil mencatat, hampir $ 4,5 miliar dana diperoleh melalui ICO.

Source: techcrunch.com

Written by: Dita Safitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan PHK Karyawan Kembali Terjadi, Kali Ini PepsiCo

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan PHK karyawan hingga saat ini masih saja terjadi di dunia ketenagakerjaan, termasuk perusahaan startup. Hal itu berlangsung di tengah ketidakpastian ekonomi...

Tips Investasi Untuk Persiapan Masa Depan

JAKARTA, duniafintech.com - Saham merupakan instrumen investasi yang berpotensi memberikan keuntungan cukup tinggi jika dibandingkan instrumen investasi lainnya. Namun, sebagai investor, kita harus cukup cerdas...

Dollar ke Rupiah Hari Ini Terlengkap, Cek sebelum Tukar Valas

JAKARTA, duniafintech.com – Dollar ke Rupiah hari ini, sesuai kurs, melemah pada level Rp 15.637 di perdagangan pasar spot Rabu (7/12). Diketahui, rupiah melemah 0,05%...

Jelang Akhir Tahun, Modalku Catat Pertumbuhan Positif Fasilitas Finansial Bagi Karyawan

JAKARTA, duniafintech.com - Modalku mencatatkan pertumbuhan positif dari berbagai fasilitas finansial karyawan antara lain fasilitas Modal Karyawan dan Modal Kasbon. Dalam menyediakan fasilitas finansial bagi...

Berita Kripto Hari Ini: Mantan CEO FTX Siap-siap Dipenjara?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini terkait sosok mantan CEO pertukaran kripto yang bangkrut, yaitu FTX, Sam Bankman-Fried. Menjadi salah satu sosok berpengaruh di...
LANGUAGE