25.6 C
Jakarta
Sabtu, 25 Juni, 2022

ICO SUMBANG ANGKA 3,5 KALI LIPAT LEBIH BANYAK UNTUK STARTUP BLOCKCHAIN KETIMBANG VC SEJAK 2017

duniafintech.com – Pertumbuhan industri startup dan blockchain yang semakin pesat belakangan ini ternyata membuat salah satu tren pengumpulan modal, ICO (Initial Coin Offerings) semakin populer. Angkanya mencapai 3,5 kali lipat lebih banyak daripada VC (venture capital) sejak tahun 2017 lalu.

Baru-baru ini di tahun 2018 diketahui bahwa jumlah dana melalui VC yang berhasil diakumulasi oleh perusahaan blockchain dan perusahaan yang menerapkan teknologi ini berhasil memecahkan rekornya di tahun 2017.

Baca juga: perusahaan-pertukaran-cryptocurrency-di-jepang-membentuk-badan-pengawas-industri-mata-uang-digital/

Meksipun mencatat pendanaan venture hingga $900 juta di tahun 2017, dan tambahan lebih dari $375 juta di awal tahun 2018 ini, cara tradisional VC masih kalah jauh dibandingkan dengan jumlah akumulasi dana yang didapatkan dengan cara ICO.

Meskipun Anda tidak pernah ikut serta melakukan VC, dengan membaca artikel ini setidaknya Anda pernah mengikuti ICO, atau setidaknya membaca tentang metode pendanaan ini. Ini membuktikan bahwa ICO belakangan menjadi lebih populer daripada VC.

Tujuan asli dari Bitcoin dan sebagian besar mata uang virtual yang lain adalah meningkatkan sistem moneter yang tidak bergantung pada bank sentral dan mempercayai pihak ketiga. Tidak mengherankan jika para penggemar kripto telah menemukan cara untuk menghindari proses yang lama demi meningkatkan modal untuk mendanai proyek baru, yang secara tradisional tertanam dalam budaya perbankan dan kepercayaan lama.

Hari ini kita menyaksikan seberapa cepat dominasi ICO dalam proses pendanaan startup blockchain dan memahami cara kerja bagaimana dana bisa masuk melalui instrumen pendanaan baru ini.

Baca juga: https://duniafintech.com/bagaimana-teknologi-blockchain-mengubah-cara-kerja-aplikasi-kencan-online/

ICO: Jumlah Deal Lebih Sedikit, Namun Nilainya Lebih Tinggi Daripada VC

Untuk catatan tahun 2017 dan ditambah dua bulan pertama tahun 2018 pada saat penulisan artikel ini, data Crunchbase telah mencatat total 527 putaran modal ventura dan ICO yang diajukan oleh perusahaan-perusahaan dalam kategori Bitcoin, Ethereum, Blockchain, cryptocurrency dan virtual currency.

Selama 14 bulan terakhir, blockchain dan startup terkait telah mengumpulkan hampir $ 1,3 miliar melalui modal ventura tradisional di seluruh dunia. Tapi untuk ICO Crunchbase telah berhasil mencatat, hampir $ 4,5 miliar dana diperoleh melalui ICO.

Source: techcrunch.com

Written by: Dita Safitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Dari Kasus Penipuan Binomo, Segini Nilai Aset Kekayaan Indra Kenz yang sudah Disita Polisi

JAKARTA, duniafintech.com – Terkait kasus dugaan penipuan dan pencucian uang dalam kasus investasi bodong Binary Option (Binomo), semua aset atau harta kekayaan Indra Kenz...

Beragam Manfaat P2P Lending Syariah, Kamu Berminat?

JAKARTA, duniafintech - Beragam manfaat P2P Lending Syariah. Pasalnya sistem P2P lending Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara online,...

Ide Usaha Makanan Online Terbaru, Bikin Ngiler!

JAKARTA, duniafintech.com - Ide usaha makanan online, nampaknya cukup menarik untuk dikupas. Memulai usaha makanan online memang cukup menantang, karena kompetitor dalam usaha tersebut...

Cara Kerja P2P Lending, Simak ya Guys!

JAKARTA, duniafintech.com - Cara kerja p2p lending atau Sistem P2P lending Indonesia ini sangat mirip dengan konsep yang diterapkan pada marketplace secara online, yakni menyediakan...

Aplikasi Kasir Pintar yang Berguna untuk Kebutuhan Bisnis

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi kasir pintar atau biasa dikenal sebagai Point of Sales (POS) telah menjadi salah satu kebutuhan agar aktivitas bisnis menjadi lebih efektif...
LANGUAGE