27.8 C
Jakarta
Senin, 27 Mei, 2024

ICYWALLET TAWARKAN DOMPET BITCOIN UNTUK PENYANDANG DISABILITAS

duniafintech.com – Menyimpan mata uang virtual secara aman mungkin akan sangat membingungkan, terutama untuk orang-orang yang baru mengenal dompet online. Bagi orang-orang yang memiliki masalah penglihatan, hal ini tentu jauh lebih memusingkan.

IcyWallet adalah cold wallet yang diracang dengan sebuah kemampuan khusus: membuat dompet ini lebih sederhana dan mudah diakses bagi penyandang disabilitas. Dengan alat ini, orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan akan dapat dengan mudah menyimpan dan mengelola Bitcoin mereka secara offline.

Proyek ini dimulai saat Adam Newbold dan istrinya mengambil kursus membaca Braille sebagai kegiatan belajar. Tak lama kemudian, Newbold melakukan percakapan via Reddit dengan penggemar Bitcoin yang buta yang menyatakan frustrasinya dengan kurangnya dukungan untuk komunitas tuna netra dari pengembang perangkat lunak Bitcoin. Tak satu pun dompet bekerja dengan baik untuk orang-orang sepertinya dan meminta bantuan Newbold.

Saya belajar lebih banyak lagi tentang masalah aksesibilitas yang praktis dan tantangan dunia nyata yang dihadapi orang buta setiap hari,” ungkap Newbold kepada Majalah Bitcoin. “Ini berubah menjadi minat pribadi yang lebih kuat yang bergabung dengan minat saya pada Bitcoin ketika saya menyadari bahwa ada cukup banyak peluang untuk memperbaiki keadaan aksesibilitas perangkat lunak Bitcoin.”

Newbold memulai sebuah kampanye pada bulan Oktober 2017 untuk membuat versi Braille dari white paper Bitcoin asli. Kampanye itu berhasil dan dokumennya sekarang tersedia bagi siapa saja yang ingin mendapatkan salinannya.

Kesuksesan pertama itulah yang mendorong membuat Newbold menciptakan IcyWallet. Tujuannya adalah untuk menyediakan dompet hardware bitcoin 100 persen gratis dan open source untuk orang buta. Saat ini mereka sedang mengerjakannya dan progress-nya bisa disimak melalui website resmi IcyWallet.

Menurut Newbold, berikut perangkatnya itu akan memiliki berbagai fungsi seperti:

-Pertama, transaksi dihasilkan pada komputer (berbeda) yang terhubung ke internet, sehingga biayanya dapat diperkirakan dengan benar;

-Kemudian, transaksi ditandatangani oleh perangkat IcyWallet;

-Akhirnya, transaksi tersebut disiarkan ke jaringan Bitcoin kembali pada perangkat yang tersambung ke internet. Ini membuat perangkat IcyWallet benar-benar offline, memastikan kunci pribadi selalu aman setiap saat.

Pengguna hanya memasang perlu headphone dan keyboard atau layar Braille yang dapat di-refresh. Perangkat langsung masuk ke aplikasi dompet dengan dukungan fungsional audio dan Braille.

Source: bitcoinmagazine.com

Written by: Dita Safitri

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU