27.9 C
Jakarta
Sabtu, 22 Juni, 2024

IDC MERILIS DAFTAR 10 STARTUP FINTECH LOKAL DENGAN PERTUMBUHAN PALING PESAT

duniafintech.com – Lembaga riset global, International Data Corporation (IDC) akhirnya mengumumkan 10 startup lokal terbaik. Nama-nama itu diumumkan dalam acara FinTech Innovation Summit 2017 di Jakarta, tanggal 5 Oktober 2017 ini.

Daftar yang berisi 10 startup teknologi keuangan yang sedang berkembang di Indonesia itu dirilis IDC Financial Insight sebagai bagian dari daftar FinTech 101. Fintech 101 sendiri memiliki cakupan yang lebih luas yaitu hingga Asia/Pasifik.

IDC’s FinTech Fast 101 merujuk pada para pelaku industry fintech yang memiliki kemajuan paling pesat di wilayah Asia/Pasifik berdasarkan analisis lapangan. Adapun nama-nama startup lokal yang masuk ke dalam daftar adalah:

  1. Amartha
  2. Bareksa.com
  3. CekAja.com
  4. DOKU
  5. Finansialku.com
  6. GO-PAY
  7. Midtrans
  8. Modalku
  9. TCASH
  10. Uang Teman

Penilaian terhadap kesepuluh startup fintech ini dilakukan dengan pengukuran Triple U yakni ubiquity (penyebaran), utility (utilitas) dan usability (kegunaan). Rumusan ini sudah menjadi pola penilaian yang baku yang dapat mengevaluasi data dari banyak metrik utama seperti target pasar, adaptasi pelanggan, nilai investasi, kemampuan bertahan, inovasi dan juga luas pemasaran.

IDC Financial Insight juga menyebutkan beberapa kategori baru yang mungkin akan menuai daya tarik seperti pertukaran bitcoin dan mata uang digital lain, identitas digital dan otentikasi, analisis kredit dan penialain, analisis robo serta asuransi

Pasar Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar memberikan harapan besar bagi para startup untuk tumbuh. Tidak dibatasi oleh regulasi dan mengejar model bisnis baru, para pemain ini bisa berkembang lebih pesat daripada lembaga keuangan konvensional,” ungkap Handojo Triyanto, Senior Reasearch Manager di IDC Financial Insight Indonesia pada acara FinTech Innovation Summit 2017 yang diadakan kemarin, Kamis (5/10).

Written by: Dita Safitri

 

Iklan

ARTIKEL TERBARU