29.2 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Ide Usaha Ibu Rumah Tangga, Modal Minim Untung Besar dari Rumah

DuniaFintech.com – Kata siapa ibu rumah tangga engga bisa dapat penghasilan dari rumah? Simak beberapa ide usaha ibu rumah tangga bagi Anda yang memiliki modal minim.

Penulis Freelance

Ide usaha ibu rumah tangga yang pertama adalah penulis freelance. Di zaman yang serba digital, penulis mempunyai peran yang sangat penting.

Tidak perlu heran, lihat saja setiap website, aplikasi, bahkan hingga konten media sosial yang Anda buka, semuanya pasti membutuhkan konten tulisan.

Memiliki bakat menulis dan yang paling penting adalah memiliki minat di bidang tulis menulis, karena tidak mungkin mengembangkan bakat Anda menjadi sebuah sumber uang bila tidak memiliki minat untuk mengembangkannya.

Menulis akan memberi Anda banyak peluang untuk menghasilkan uang. Anda dapat memulainya dengan bekerja freelance sebagai penulis di berbagai media.

Ada banyak situs marketplace yang menawarkan pekerjaan di bidang menulis dan Anda hanya perlu waktu yang singkat untuk mendapatkan pekerjaan di sana.      

Jangan anggap remeh pekerjaan di bidang ini, karena bila karya Anda ternyata bisa diterima pasar dengan baik, maka Anda juga akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan melalui pembayaran royalti.

Katering

Ide usaha ibu rumah tangga ini memang paling cocok untuk Anda yang memiliki hobi memasak, ini bisa jadi peluang Anda untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner.

Tidak perlu berpikir rumit sampai ke tahap membuka sebuah restoran walau sangat mungkin bisnis di bidang ini diarahkan ke sana.

Anda bisa memulainya dengan membuka jasa katering, mulai dari makanan berat untuk kebutuhan prasmanan, nasi box, pesanan kue kering atau kue basah untuk kebutuhan arisan atau bisa juga jasa katering makanan khas dan lain-lain.

Selain tidak memerlukan biaya tambahanan untuk menyewa tempat selayaknya jika membuat sebuah restoran, Anda bisa menggunakan dapur pribadi terlebih dahulu dan memanfaatkan jaringan yang Anda miliki mulai dari teman arisan, grup perkumpulan komplek.

Anda tentu bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan jasa katering ini, namun perlu diingat relasi-relasi yang sebelumnya sudah disebutkan juga berperan penting untuk mempromosikan jasa Anda dari mulut ke mulut.

Baca juga:

Dropshipper

Keberadaan e-commerce tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah bahkan hanya dengan berbekal smartphone.

Hal ini juga yang Anda bisa lakukan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari distributor ke tangan konsumen.

Anda bisa melihat tren barang apa saja yang sedang digandrungi oleh banyak orang lalu, tawarkan barang-barang tersebut kepada orang-orang di sekitar Anda. 

Usaha dropshipper ini model bisnis yang sederhana karena dropshipper tidak perlu menyediakan tempat untuk menampung barang yang dibeli pelanggan. Si dropshipper juga tak perlu mengirimkan barang tersebut satu per satu ke alamat pembeli.

Coba gunakan media sosial atau toko online di e-commerce untuk memasarkan barang-barang yang akan Anda tawarkan. Selain lebih mudah, hal ini juga memungkinkan Anda menjangkau cakupan konsumen yang lebih luas.

Usaha Tanaman

Belakangan ini, tanaman hias ataupun hidroponik tampaknya menjadi tren di masyarakat.

Tanaman hias dan hidroponik bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang mudah dilakukan dari rumah.

Kembangkan bisnis tanaman Anda dengan cara melakukan pembibitan tanaman bunga dan obat-obatan di sekitar pekarangan rumah.

Anda dapat memasarkannya dengan mudah kepada para tetangga, kenalan dan teman-teman bahkan memanfaatkan internet sebagai sarana pemasaran bagi bisnis yang Anda kerjakan ini dan pembeli dengan mudah akan dapat menghubungi Anda setiap saat melalui email/ telepon.

Beberapa tanaman hias yang sedang digandrungi adalah monstera, hoya, aglonema, dan lainnya.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU