30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Imbas Stablecoin Terra, Harga Bitcoin Sempat Senggol Rp 402,7 Juta per Koin

JAKARTA, duniafintech.com – Sudah empat hari berlalu pada pekan kedua Mei 2022, pasar kripto masih melanjutkan koreksi yang sangat dalam. Harga Bitcoin jatuh ke level terendah baru selama 16 bulan. Sedangkan kripto teratas lainnya masih bertahan di zona merah. 

Berdasarkan data dari CoinDesk, Kamis (12/5/2022) harga Bitcoin jatuh ke USD 27.700 atau sekitar Rp 402,7 juta pada satu titik ke level terendah baru 16 bulan sebelum mendapatkan kembali beberapa kekuatan, tetapi itu masih merupakan bagian dari aksi jual massal aset digital yang dipicu oleh ledakan stablecoin Terra USD (UST) terhadap patokan 1:1 dolarnya.

Analis Pasar Senior Oanda Americas, Edward Moya mengatakan ini adalah saat-saat menegangkan bagi pasar kripto. 

“Ini adalah waktu yang sangat menegangkan di pasar kripto setelah runtuhnya Stablecoin kontroversial UST dan karena mayoritas investor kripto institusional yang berinvestasi tahun lalu sekarang kehilangan uang,” ujar Moya, seperti diberitakan Liputan6.com. \

Baca juga: Sepuluh Tahun ke Depan, Satu Miliar Penduduk Bumi Diprediksi Bakal Gunakan Mata Uang Kripto

Token LUNA, blockchain Terra, yang dibuat sebagai penyangga terhadap volatilitas stablecoin UST jatuh 96 persen pada satu titik setelah Luna Foundation Guard, organisasi nirlaba yang didirikan untuk mendukung jaringan Terra, memindahkan cadangannya ke pertukaran Bitcoin untuk mempertahankan pasak dolar. 

Baca juga: Melek Teknologi, NFT Jadi Metode Lain untuk Populerkan Karya Musisi Tanah Air

UST sendiri turun serendah USD 0,3088 sebelum pulih ke USD 8158 di kemudian hari. 

Bitcoin, cryptocurrency terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, baru-baru ini diperdagangkan pada kiesara USD 29.500, turun sekitar 7 persen. Ethereum, kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, juga turun, turun sekitar 11 persen selama periode yang sama, menjadi sekitar USD 2.050.

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE