25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Indodax : Marketplace Aset Kripto Pertama di Indonesia

Indodax merupakan platform jual beli alias marketplace-nya aset kripto pertama di Indonesia. Hingga kini, sudah lebih dari 3,8 juta anggota terverifikasi pada exchange yang terdiri dari versi aplikasi dan website ini.

Indodax milik PT. Indodax Nasional Indonesia ini resmi terdaftar pada Bappebti Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202.

Untuk menggunakan Indodax, kamu hanya harus memenuhi persyaratan yang ada. Langkah pertama, kamu dapat mengunduh aplikasinya, lalu membuka akun di situs Indodax.Kemudian isi data, yaitu nama, e-mail, username, kata sandi dan nomor telepon.

Setelah selesai membuat akun, kamu akan melakukan verifikasi agar dapat melakukan transaksi seperti deposit, withdraw dan perdagangan pada aset kripto. Kemudian, pihak Indodax akan memproses verifikasi akun kamu dalam kurun waktu kurang dari 12 jam.

Setelah akun yang kamu bikin terverifikasi, kamu hanya tinggal melakukan setoran awal untuk dapat mengoperasikannya. Setoran minimal yang Indodax patok adalah sebesar Rp 500,000. Deposit ke Indodax bisa kamu lakukan dengan banyak cara, yaitu melalui transfer bank (rekening & virtual account), melalui e-wallet (OVO, GoPay, ShopeePay).

Selain itu, kamu juga dapat deposit melalui setor tunai, bahkan kamu juga bisa menyetor dana melalui Ritel seperti Alfamart. Untuk biaya deposit ini, pihak Indodax tidak membebankan biaya administrasi.  

Kemudian, dari faktor keamanannya, Indodax telah menerapkan two factor authentication atau 2FA. Fitur keamanan ini akan membuat pengguna melakukan verifikasi identitas setiap kali ingin mengakses akun yang dimilikinya.

Saat melakukan log in akun Indodax, pengguna akan diminta memasukkan kode khusus yang dikirimkan melalui SMS atau melalui Google Authenticator. Cara ini akan memberikan jaminan lebih bahwa setiap transaksi yang terjadi telah melalui validasi pemilik akun. Sebab, melalui cara ini, pengguna juga harus mengizinkan aplikasi atau website untuk mengakses ponsel.

Cara Trading Crypto di Indodax

Jika kamu ingin melakukan trading crypto, berikut ini langkah-langkah trading crypto di Indodax.

1.  Registrasi dan Verifikasi

Pertama yang perlu kamu lakukan sebelum trading crypto adalah melakukan registrasi. Jika sudah melakukan registrasi, kamu akan diarahkan untuk melakukan proses KYC (Know Your Customer). Proses ini merupakan proses verifikasi identitas, apakah data yang kamu masukkan benar atau tidak. KYC juga berguna untuk melindungi kamu jika ada hal yang tidak kamu harapkan terjadi di bursa.

Kamu akan diminta mengupload foto KTP dan juga foto pribadi. Setelah itu, ikuti permintaan untuk mengupload semua dokumen yang diperlukan, lalu akan kamu akan diverifikasi Indodax dalam waktu 1 x 24 jam.

2. Deposit Rupiah

Setelah membuat akun, maka saatnya kamu membeli Bitcoin dengan mata uang Rupiah. Sebelum membeli, kamu perlu melakukan deposit dulu dengan melakukan pembayaran via transfer bank. Proses deposit ini membutuhkan waktu 1 x 24 jam untuk bisa diverifikasi oleh exchange.

3. Membeli Bitcoin

Ada dua cara membeli bitcoin di Indodax, yaitu secara instan atau limit. Cara instan maksudnya saat kamu membeli Bitcoin dengan harga sesuai market. Sedangkan cara limit, kamu sendiri yang menentukan pembelian bitcoin dengan nominal berapa.

Jika kamu ingin membeli bitcoin dengan metode instan, maka pilih market atau instan. Kemudian, masukkanlah nominal yang kamu ingin untuk membeli. Setelah itu, klik hitung untuk mengetahui estimasi bitcoin yang akan kamu dapatkan.

Sedangkan membeli bitcoin dengan metode limit, kamu akan diarahkan memasukkan jumlah rupiah yang kamu ingin keluarkan, serta masukkan harga bitcoin yang kamu inginkan. Setelah itu barulah klik beli bitcoin.

4. Menjual Bitcoin

Tidak hanya membeli, menjual bitcoin pun dapat kamu lakukan secara instan atau limit. Sederhananya, menjual bitcoin secara instan, kamu akan menjual bitcoin sesuai dengan harga market saat itu. Sedangkan cara limit, kamu yang menentukan ingin melakukan penjualan bitcoin pada harga berapa. Pada metode instan, pilihlah metode market atau instan.

5. Melakukan Withdraw

Withdraw alias penarikan saldo rupiah ke rekening bank dapat kamu lakukan sebagai berikut. Klik menu “finansial”, lalu klik Rupiah, dan klik bagian “withdraw”. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal yang ingin kamu tarik. Lalu pilih bank yang kamu gunakan dan masukkan nomor rekeningnya.

Untuk melakukan withdraw, pastikan kamu telah menggunakan rekening yang sesuai dengan nama yang terdaftar pada akun Indodax Anda. Tujuannya adalah untuk menghindari penipuan.

(Kontributor)

Cek member atau anggota ABI di sini.

Cek marketplace aset kripto berizin di Indonesia di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE