25.8 C
Jakarta
Selasa, 16 Agustus, 2022

Indonesia Berpotensi Besar Memimpin Industri Blockchain

duniafintech.com – Dalam beberapa tahun terakhir, industri Blockchain memang sedang maju pesat. Berbagai sektor industri berlomba-lomba menerapkan teknologi yang menjadi dasar mata uang virtual ini. Indonesia berpotensi besar sebagai pemimpin industri Blockchain.

Di balik gemerlapnya implementasi Blockchain di seluruh dunia, pengetahuan masyarakat Indonesia masih termasuk minim. Untuk memperkenalkan secara lebih luas, para pelaku industri Blokchain tanah air pun berkumpul baru-baru ini dalam helatan bertajuk Jakarta Blockchain Meetup Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa pengusaha startup yang bergerak di bidang Blockchain.

Baca juga: Investasi Pertanian Berkelanjutan Melalui PetaniPadi

Indonesia Berpotensi Besar Menjadi Pemimpin Blockchain

Yang membuat acara ini menarik adalah presentasi yang disampaikan oleh CEO Daily Social dan pengamat industri startup, Rama Mamuaya yang mengatakan bahwa Indonesia memiliki kesempatan besar menjadi pusat Blockchain. Indonesia berpotensi besar menjadi pemimpin Blockchain.

“Dua tahun yang lalu Blockchain itu belum diregulasi. Mungkin kalau sekarang kita ada di stage di mana pemerintah mulai mengadopsi teknologi ini secara perlahan,” ungkap Rama di Jakarta, Senin malam (28/8/2018). “Dalam dua tahun ke depan, Blockchain bisa dipastikan akan semakin besar dan Indonesia bisa menjadi sosok yang memegang peran penting dalam industri ini. Indonesia punya iklim yang sangat terbuka untuk itu,” sambungnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Rama yang perlu dilakukan pemerintah adalah menyiapkan aturan khusus. Pengatur regulasi harus terus mengadakan koordinasi dengan para pelaku industri Blockchain. Ini demi mencapai tujuan yang maksimal dari industri ini.

Baca juga: Bertransaksi di SmartPhone Pakai Delima Money

Hadirnya Blockchain Hub Pertama di Indonesia

Di bulan Agustus ini, sebuah Blockchain hub untuk pertama kalinya berdiri di Indonesia. Dipelopori oleh CE HARA, Regi Wahyu, Blockchain hub yang diberi nama Indonesia Blockchain hub ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk memacu gairah industri Blockchain dalam negeri.

Berada di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, Indonesia Blockchain Hub diharapkan akan menjadi tempat ‘kopi darat’ dan berkumpulnya para pelaku industri Blockchain tanah air. Selanjutnya, orang-orang yang ingin mendapatkan edukasi dan latihan pun bisa datang ke sini. Indonesia Blockchain Hub juga akan berfungsi sebagai coworking space tempat sharing, mengerjakan proyek sekaligus bertukar pikiran.

Selama ini masih banyak orang yang khawatir tentang penggunaan Blockchain karena masih kurangnya pemahaman akan industri ini. Kehadiran Indonesia Blockchain Hub ini merupakan pertanda semakin besarnya kemungkinan Indonesia akan tumbuh menjadi salah satu pemimpin di dalam industri Blockchain.

Source: cnnindonesia.com, liputan6.com

Written by: Dita Safitri

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan, Inilah Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kesehatan rawat jalan adalah salah satu manfaat yang diberikan oleh asuransi asuransi kesehatan secara umum. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan...

Minimum Pembayaran Akulaku per Transaksi, Segini Besarannya

JAKARTA, duniafintech.com – Minimum pembayaran Akulaku atau minimum payment di Akulaku ini tentunya sangat penting diketahui oleh para penggunanya. Seperti diketahui, meski terbilang baru, tetapi...

Cara Top Up OVO lewat Maybank, dari ATM sampai SMS Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Maybank berikut ini menawarkan kemudahan bagi kamu yang ingin isi ulang saldo OVO dengan cepat. OVO sendiri...

Memahami Apa Itu DeFi dan Keuntungannya Dalam Dunia Kripto

JAKARTA, duniafintech.com - Penting sekali bagi seorang trader kripto untuk memahami apa itu DeFi. Saat ini, hampir semua layanan keuangan menggunakan sistem teknologi terpusat.  Artinya,...

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via Bank Mandiri, Cepat & Mudah!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tiket kereta api via Bank Mandiri berikut ini menjadi salah satu kemudahan yang harus ketahui sekarang juga. Bagi kamu yang...
LANGUAGE