25.6 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh dalam menghadapi volatilitas tersebut adalah dengan strategi hodl.

Dengan melakukan hodl, maka kamu tidak akan terpengaruh dengan kondisi pasar kripto yang sedang terjadi. Berikut penjelasannya.

HODL Adalah

HODL atau hodling merupakan salah satu strategi populer yang sering dalam pasar perdagangan aset kripto. Hodling memiliki arti menahan dan tidak menjual aset kripto yang kamu miliki, meski nilai aset sedang meningkat atau bahkan anjlok. Strategi hodling jadi pilihan yang kerap investor lakukan dalam menghadapi volatilitas jangka pendek dari pasar kripto.

Strategi HODL ini cocok bagi investor yang melakukan pembelian aset kripto dan menunggu pengembalian dalam rentang waktu yang lama.

Sejarah Istilah HODL

Lucunya, pada mulanya, HODL ini berasal dari tulisan yang tidak sengaja, alias typo. Kejadiannya terjadi pada Desember 2013, ketika salah seorang trader menulis kalimat “I am Hodling” saat kondisinya tengah mabuk, pada sebuah forum bitcoin.

Kemudian, setelah kejadian tersebut, istilah HODL menjadi viral dan bahkan, beberapa komunitas membuat definisi untuk HODL, yaitu kondisi seseorang memilih untuk tidak menjual aset digitalnya ketika pasar sedang mengalami lonjakan harga. Pada akhirnya, istilah ini pun menjadi singkatan dari Hold On for Dear Life dan digunakan sebagai penanda seorang investor atau trader menunda atau menahan aset yang mereka miliki.

Keunggulan HODL

HODL memiliki sejumlah keunggulan ketika kamu menahan aset yang kamu punya. Alih-alih menjualnya secara tergesa-gesa, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan HODL.

Investasi Aset Kripto Tanpa Repot

Manfaat pertama dari melakukan HODL adalah dengan melakukan hodling, kamu tidak perlu khawatir setiap saat tentang nilai aset yang kamu miliki. Meski terkesan pasif, strategi ini berhasil untuk para investor yang sering mengalami panic attack ketika memantau harga secara terus-menerus.

Dengan HODL, kamu hanya perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk mengambil keuntungan dari aset yang kamu punya. Selain itu, upayakan untuk terus menambah lebih banyak jenis aset kripto yang kamu miliki ketika pasar sedang mengalami penurunan harga, atau biasa disebut dengan diversifikasi portofolio aset.

Dengan melakukan diversifikasi portofolio, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan eksposur dan potensi keuntungan lebih tinggi suatu waktu nanti.

Memperoleh Keuntungan Jangka Panjang

Ketika melakukan HODLing, kamu berpeluang mendapat keuntungan yang sifatnya jangka panjang. Hal ini karena aset yang kamu punya tidak terpengaruh oleh volatilitas harga yang terjadi.

Misalnya, ketika kamu sedang HODLing, tiba-tiba pasar kripto mengalami kemerosotan harga. Hal ini tentunya tidak akan menjadi beban pikiran, karena kamu telah melakukan hodling pada aset kripto tersebut. Nantinya, setelah beberapa waktu, ketika harga kripto sedang melonjak, kamu dapat menjualnya dan meraih keuntungan yang besar.

Mengurangi Tingkat Stres

Salah satu manfaat yang paling penting dari HODLing adalah kurangnya tingkat stres. Sudah jadi hal wajar ketika harga aset turun, seorang investor atau trader mengalami tingkat stress yang sangat tinggi.

Karena itu, metode hodling dapat mengurangi tingkat depresi seorang pemilik aset kripto. Dengan hodling, kamu akan lebih jarang melihat grafik pergerakan harga aset kripto. Selain itu, pastikan juga bahwa aset yang kamu hodl sudah tersimpan dan terlindungi dengan aman. Caranya dengan mencari atau memilih wallet yang memiliki reputasi terbaik. (Kontributor)

Cek Daftar perusahaan blockchain berizin di Indonesia di link ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE