Ingin Meningkatkan Limit Kartu Kredit? Begini Caranya

0
116
cara apply kartu kredit
Image by Pixabay

Jika kamu seorang pengguna kartu kredit, pasti sudah tidak asing lagi dengan limit kartu kredit yang kecil. Nah, di artikel ini, DuniaFintech akan memberikan panduan cara meningkatkan limit kartu kredit.

Tapi sebelum itu, bagi yang masih asing dengan kartu kredit, ada baiknya kita bahas dulu pengertian kartu kredit. Kartu kredit adalah kartu dari bank untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi secara cashless dan pembayarannya .

Kembali pada limit kartu kredit yang minim, biasanya pengguna kartu kredit terbatas atau memiliki limit transaksi mulai dari Rp 3 juta per bulan. Limit ini bervariasi hingga mencapai ratusan juta per bulan.

Baca Juga : Apa Itu Sukuk, Tujuan, Syarat serta Manfaatnya? Mari Kita Bahas

Baca Juga : Apa itu Obligasi dan Keuntungannya untuk Masa Depan

Bagi kamu yang ingin mencoba menaikkan limit, ketahuilah dahulu syarat menaikkan jumlah dana kartu kredit kamu.

Syarat Pengajuan Kenaikan Limit Kartu Kredit

Berikut ini merupakan syarat-syarat yang harus kamu penuhi agar pengajuan kenaikan limit kartu kredit disetujui

1.  Kartu Tanda Penduduk,

2.  Nomor Pokok Wajib Pajak,

3.  Rekening koran,

4.  Slip gaji terbaru,

5.  SIUP (bagi kamu yang bukan karyawan,

6.  Surat pernyataan pengajuan kenaikan limit kartu kredit.

Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit

Setelah mengetahui syaratnya, maka kamu harus tahu bahwa limit kartu kredit tiap pengguna tidak selalu sama, terutama jika berbeda bank. Nah, cara menaikkan limit antara bank A dengan bank B juga berbeda. Tetapi, dapat dibilang, ada dua cara menaikkan nominal kartu kredit yang kamu miliki, yaitu lewat saluran telepon layanan konsumen bank dan lewat aplikasi secara digital.

Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit dengan Layanan Telepon

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi sambungan layanan konsumen bank penerbit kartu kredit.

Jika kamu nasabah Bank BCA, kamu dapat menghubungi call centernya di HaloBCA 1500888. Kemudian, jika kamu adalah nasabah Bank Mandiri, kamu dapat menghubungi layanan Call Center Mandiri di nomor 14000.

Tapi, jika kamu merupakan nasabah bank lain, carilah call center bank tersebut. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di Google.

Jika sudah terhubung, jelaskanlah bahwa kamu ingin menaikkan limit kartu kredit kamu.

Jelaskan maksud kamu pada petugas yang melayani. Nanti kamu akan diarahkan untuk melengkapi sejumlah persyaratan yang sudah dibahas tadi.

Setelah pemberkasan selesai, bank akan menganalisis dan melakukan penilaian atas dokumen yang kamu kirimkan. Setelah dinyatakan layak, barulah limit kartu kredit kamu naik.

Cara Meningkatkan Limit Kartu Kredit Melalui Aplikasi

Selain lewat layanan call center, pengajuan kenaikan nominal kartu kredit juga bisa dilakukan via aplikasi, lho. Cara ini bisa dibilang lebih sederhana. Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi bank yang kamu gunakan.

Jika sudah mengunduhnya, carilah fitur m-Admin, dan pilih kategori request limit credit card (kartu kredit). Masukkan limit baru yang kamu ingin, dan tunggu konfirmasi dari pihak bank apakah limit kredit kamu dapat naik atau tidak.

6 Hal yang Dapat Membuat Limit Kartu Kredit Naik

Menaikkan limit kartu kredit itu tentu memiliki penilaian yang baik. Nah, berikut ini ada 6 hal yang dapat membuat limit kartu kredit naik. Jika 6 hal ini sudah kamu lakukan, maka percayalah tidak akan butuh lama bagi bank menerima permintaan kenaikan limit kartu kredit kamu.

1.      Selalu Gunakan Limit dengan Maksimal

Jika limit yang sudah ada saja tidak kamu gunakan sampai habis, bagaimana pula pihak bank akan memberikan kenaikan limit? Selalu gunakan limit yang diberikan kartu kredit secara maksimal agar bank dapat meninjau kenaikan limit untuk kartu kreditmu, ya.

2.      Menjadi Pengguna Kartu Kredit Selama Minimal 1 Tahun

Untuk mendapatkan persetujuan kenaikan nominal kartu kredit, akan lebih jika kamu sudah menjadi pengguna setia selama minimal 1 tahun. Hal ini juga sebagai bentuk loyalitas kamu sebagai nasabah.

3.      Penghasilan Naik

Nominal gaji juga jadi salah satu pertimbangan kenaikan kartu kredit. Semakin tinggi pendapatan kamu, semakin besar peluang limit kartu kredit tinggi. Misalkan hari ini kamu mendapat kenaikan gaji, maka slip gaji tersebut bisa kamu masukkan ke dalam pemberkasan untuk pengajuan limit kredit.

4.      Riwayat Pemakaian Kartu Kredit

Jika kamu memiliki riwayat pemakaian kartu kredit yang baik, maka bank akan lebih mudah menerima pengajuan kenaikan limit kartu kredit. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh ke depannya. Jika riwayat keuanganmu tidak baik, maka bank akan berpikir dua kali untuk menaikkan limit kartu kredit kamu.

5.      Total Rasio Utang Mencukupi

Selain melihat penghasilan, bank juga akan menilai jumlah utang yang kamu miliki. Jika kamu memiliki pendapatan besar namun di sisi lain punya beban utang yang tinggi, biasanya bank tidak akan menyetujui kenaikan limit kredit.

6.      Tempat tinggal yang tetap

Biasanya, tempat tinggal menjadi salah satu faktor penilaian dari bank. Jika kamu adalah orang yang sering berpindah-pindah tempat tinggal, maka akan sulit bagi bank untuk menyetujui kenaikan limit kartu kredit.

Hal ini disebabkan, jika suatu waktu kamu gagal bayar, maka bank akan kesulitan untuk mencari keberadaan kamu. Tapi bagi kamu yang sudah memiliki tempat tinggal tetap, maka hal ini tidak perlu terlalu dipikirkan.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here