26.1 C
Jakarta
Minggu, 25 Juli, 2021

Cara Daftar OVO Merchant Agar Bisnis Berkembang

Ada banyak metode pembayaran digital yang memudahkan bertransaksi, salah satunya OVO. Ada baiknya penjual mencari tahu cara daftar merchant OVO.

Pada era teknologi, ada banyak metode pembayaran digital yang memudahkan para pembeli dan penjual dalam bertransaksi, salah satunya OVO. Untuk menunjang perkembangan bisnis, ada baiknya penjual mencari tahu cara menjadi merchant OVO.

Aplikasi OVO merupakan aplikasi fintech yang banyak berguna masyarakat Indonesia. Saat ini, ada 10 juta orang yang telah mengunduh OVO.

Baca Juga : Perbankan Terbuka : Solusi untuk Negara Berkembang Seperti Indonesia

Baca Juga : Open Banking di Indonesia : Pengertian, Kondisi dan Potensi

Melalui OVO, kamu bisa melakukan pembayaran secara daring alias cashless. Di samping itu, OVO juga menawarkan beragam promosi seperti cashback dan diskon di berbagai merchant yang bekerja sama dengannya.

Keuntungan Daftar Merchant OVO

Ada banyak keuntungan penjual yang bergabung menjadi merchant OVO. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Transfer Pendapatan Bisa Setiap Hari

Sudah jadi hal klasik bahwa para pebisnis mengkhawatirkan durasi proses transfer pendapatan jika menggunakan layanan dompet digital. Tapi itu tidak berlaku kok untuk OVO.

Sebab, pendapatan dari pembayaran yang dari OVO bisa langsung masuk setiap hari tanpa biaya administrasi. Bagi pemilik bisnis yang membutuhkan perputaran uang cepat, tentunya akan sangat membantu bisnisnya.

2. Pelayanan yang Gesit

Para merchant OVO juga jangan khawatir soal pelayanan OVO, sebab dengan transaksi super gesit dari OVO, semua pesanan yang datang juga dapat terselesaikan dengan cepat.

Salah satu keuntungan transaksi digital adalah pembeli bisa melakukan transaksi dengan nominal yang pas, jadi sebagai penjual, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan uang kembalian.

Selain itu, transaksi OVO juga tidak memiliki minimal nominal pembayaran, alias transaksi nominal Rp1 pun juga bisa. Nah, nah, kurang baik apa lagi coba?

3. Mengelola Keuangan jadi Lebih Mudah

Masalah yang sering terjadi di pemilik bisnis salah satunya adalah pengelolaan keuangan. Lewat transaksi yang OVO, setiap transaksi yang kamu lakukan akan tercatat secara otomatis. Sehingga, kamu hanya perlu membuka riwayat penjualan untuk melakukan pembukuan.

Cara Menjadi Merchant OVO

Ada dua langkah jika kamu ingin menjadi merchant OVO. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Mendatangi kantor cabang OVO untuk melakukan pendaftaran melalui sales officer dari OVO; dan
  2. Mendaftar secara online. Caranya adalah sebagai berikut:
    1. Identitas pemilik usaha seperti nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email;
    2. Identitas usaha seperti nama toko, bidang usaha, jenis usaha, dan alamat lengkap toko termasuk kota dan kode pos;
    3. Menyiapkan proposal pengajuan kerjasama di dalam format PDF;
    4. Menyiapkan bukti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP);
    5. Kemudian mengirimkan seluruh persyaratan di atas lewat email ke [email protected];
    6. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu data yang kamu kirim terverifikasi oleh OVO.

Sebelum mengirim persyaratan, pastikan bahwa data yang kamu kirim tersebut sudah benar agar pihak OVO juga dapat memverifikasinya secepat mungkin. Biasanya, proses pendaftaran akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu.

Hal ini karenapihak OVO harus memilih dari sekian banyak merchant yang ingin mendaftar. Belum lagi, pihak OVO mesti memverifikasi satu demi satu data yang terkirim.

Setelah pendaftaran terverifikasi oleh OVO, kamu akan secepatnya mendapat email yang berisi QR Code. Kamu bisa memajangnya di merchant atau di tokomu.

Apabila kamu telah mendapatkan email tersebut, maka artinya pendaftaran toko kamu telah disetujui. Tapi, apabila kamu tidak mendapatkan persetujuan dari email, maka bisa saja bisnis kamu belum berhasil atau diterima menjadi mitra OVO. Lalu bagaimana jika bisnis kamu tidak diterima OVO? Apa yang bisa dilakukan?

Cara yang Bisa Dilakukan Jika Ditolak menjadi Merchant OVO

Jika bisnis yang kamu daftarkan menjadi merchant OVO tidak menggubris proposal yang kamu kirim, maka lakukanlah hal sebagai berikut.

  1. Telepon ke call center 1 500 696;
  2. Mengirimkan email ke [email protected];
  3. Bertanya di Pusat Bantuan yang terdapat di aplikasi OVO;
  4. Mengirimkan pesan ke akun media sosial OVO;
  5. Mendatangi OVO Booth secara langsung; atau
  6. Menanyakan alasan penolakan, waktu, dan cara untuk kembali mendaftarkan diri sebagai merchant OVO.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Qoala Insurtech Ungkap Strategi Digital Marketing Tahun 2021

DuniaFintech.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan di berbagai aspek bisnis, termasuk gaya pemasaran di setiap industri. Namun, pandemi justru memberi peluang bagi perusahaan...

Fintech Santara, Investasi di Bisnis UMKM dengan Sistem Equity Crowdfunding

DuniaFintech.com - Fintech Santara merupakan platform equity crowdfunding yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Equity crowdfunding itu sendiri adalah istilah untuk layanan urun...

Jenis-jenis Produk Pinjaman Bank Syariah Indonesia

Sebagaimana bank-bank lainnya, Bank Syariah Indonesia atau BSI juga memiliki produk pinjaman bagi nasabahnya. Apa saja jenis pinjaman bank syariah? Perlu diketahui, Bank Syariah...

PasarPolis, Perusahaan Asuransi dengan User Experience Terbaik

PasarPolis merupakan perusahaan asuransi yang telah hadir sejak tahun 2015 untuk merevolusi industri asuransi yang selama ini cenderung sulit. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, PasarPolis...

Bareksa, Marketplace Investasi Digital Pertama di Indonesia

Bareksa merupakan marketplace investasi reksadana digital terintegrasi pertama di Indonesia. Startup financial technology (fintech) ini milik PT Bareksa Portal Investasi yang berdiri pada 17...
LANGUAGE