31.4 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Ini Tips Menabung dan Investasi untuk yang Memiliki Gaji Kecil

Meski memiliki gaji kecil atau pas-pasan, tentu setiap dari kita punya keinginan untuk menabung dan berinvestasi. Sebenarnya, hal itu tidaklah mustahil. 

Ada banyak sekali tips menabung dan investasi yang bisa kamu terapkan. Intinya, kamu harus bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu dan bisa menentukan prioritas dalam mengelola gaji mu.

Jangan sampai gaji yang kamu nanti-nantikan setiap bulan itu hanya ‘numpang lewat’ dan tidak ada sedikitpun yang bisa tersisa untuk tabungan dan investasi. 

Baca Juga : Ini Cara Membedakan Fintech Legal dan Ilegal

Baca Juga : Manfaatkan Diskon PPnBM, Ini Cara Kredit untuk Beli Mobil Impianmu

Berikut ini, DuniaFintech akan menjelaskan bagaimana caranya tetap bisa menabung dan berinvestasi meski memiliki gaji yang kecil.

Dua Cara Menabung dan Berinvestasi Meski Gaji Kecil

Selagi kamu mampu mengatur keuangan dengan cermat, gaji bulanan kamu yang  nilainya hanya bisa terpakai untuk keperluan sehari-hari itu bisa tersisa untuk tabungan dan investasi, lho.

  1. Metode 50-20-30

Kamu bisa menggunakan metode 50/20/30. Metode ini terkenal dari Senator Elizabeth Warren. Dalam bukunya yang berjudul “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”, ia menjelaskan pembagian gaji itu, 50% untuk kebutuhan, 30% untuk konsumtif, dan terakhir 20% untuk berhemat alias untuk tabungan atau investasi.

Lebih jelasnya, maka 50% dari pendapatan kamu adalah dana yang terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Misalkan, untuk keperluan makan, membayar cicilan, listrik, air, dan tagihan rutin lainnya.

Setelah 50% pendapatan kamu terpakai untuk kebutuhan wajib, 30% pendapatan lagi bisa kamu sisihkan untuk  kebutuhan tersier kamu seperti pergi liburan bersama keluarga, menonton film di bioskop, membeli gawai baru, dan lain sebagainya. Tapi pastikan, dana yang kamu keluarkan untuk membahagiakan diri sendiri ini tidak lebih dari 30% dari pendapatan mu, ya.

Kemudian, sisa 20% pendapatan kamu bisa terpakai untuk tabungan atau investasi. Menabung merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk menyiapkan dana darurat jika suatu waktu kamu mengalami hal-hal yang tak terduga.

  1. Memilih Investasi yang tepat untuk gaji kecil

Untuk investasi, kamu bisa lho memanfaatkan instrumen investasi yang saat ini sangat banyak macamnya. Misalkan saja, kamu menginvestasikan uang kamu dengan Reksadana. Reksadana merupakan investasi yang dilakukan dengan menghimpun dana masyarakat. Kelebihannya, investasi ini dilakukan oleh Manajer Investasi yang berpengalaman, sehingga kamu tidak perlu cemas lagi dengan uang yang telah kamu investasikan itu.

Atau, kamu juga bisa menginvestasikan uang kamu ke dalam tabungan emas.  Emas adalah instrumen terpercaya untuk menyimpan aset karena tidak terpengaruh oleh inflasi. Investasi tabungan emas ini bisa dimulai dengan nilai yang kecil, misalnya 0,5 gram. Nilai tersebut tentu bisa kamu tingkatkan di kemudian harinya.  Jika kamu bersabar dan terus menghimpun dana di sana, maka nilai simpanan kamu akan menjadi berkali-kali lipat di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE