31.7 C
Jakarta
Senin, 13 Juli, 2020

INOVASI BARU DARI LINE PAY – CHIT CHAT SEKALIGUS TRANSAKSI

duniafintech.comPlatform messanger LINE kini telah merambah ke online payment gateway. Sekarang pengguna LINE dapat melakukan sejumlah pembayaran melalui LINE Pay.

LINE Pay mengklaim produknya sebagai cara mudah dan aman untuk berbelanja. Untuk mulai menggunakan LINE Pay, pengguna LINE bisa membuka menu “Lainnya” di aplikasi LINE dan ketuk “Pay”. Jadi, LINE Pay sudah menjadi bagian dalam sistem aplikasi LINE itu sendiri. Selain itu, LINE Pay mendukung iPhone dan perangkat Android. Namun, LINE Pay tidak tersedia di beberapa negara.

Dari segi keamanan, LINE Pay telah memperoleh sertifikat PCI DSS (Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran). PCI DSS adalah standar keamanan untuk pemrosesan kartu kredit sebagaimana ditetapkan oleh Dewan Standar Keamanan PCI. PCI DSS diakui sebagai persyaratan dasar bagi setiap perusahan di industri kartu pembayaran.

PCI DSS memiliki enam tujuan, yakni membangun dan memelihara jaringan yang aman; melindungi data pemegang kartu; mempertahankan program manajemen kerentanan; menerapkan kebijakan kontrol akses yang ketat; mengawasi dan menguji jaringan secara berkala; dan memelihara kebijakan keamanan informasi.

Sertifikasi PCI DSS untuk penyedia layanan dikategorikan sebagai Level 1 atau Level 2. Bagi penyedia layanan yang ingin memperoleh Sertifikat Level 1 PCI DSS, penyedia layanan harus memenuhi persyaratan pindai jaringan dan 12 persyaratan keamanan, yang dinilai secara menyeluruh oleh QSA (Penilai Keamanan Berkualifikasi).

LINE Pay sendiri telah memperoleh sertifikat untuk pemenuhan PCI DSS Level 1 melalui penilaian menyeluruh yang dilakukan oleh QSA. Hal ini membuktikan bahwa LINE Pay telah membuat dan memberlakukan langkah-langkah keamanan untuk melindungi tidak hanya informasi kartu pembayaran pengguna, tetapi juga informasi pribadi mereka di bawah lingkungan yang aman dijamin oleh merek pembayaran global terkemuka di dunia.

Tak hanya itu, untuk mengelola dan melindungi data dan informasi penting pengguna dengan aman, LINE Pay telah memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) ISO/IEC 27001. ISO/IEC 27001 adalah standar internasional untuk sistem manajemen keamanan informasi yang dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC). Standar ini diakui sebagai sertifikasi paling otoritatif di dunia.

SO/IEC 27001:2013 adalah hasil revisi dari standar keamanan informasi yang menggantikan ISO/IEC 27001:2005. ISO/IEC 27001:2013 terdiri atas 114 kendali yang dikategorikan ke dalam 14 kelompok domain yang mencakup kebijakan keamanan informasi, organisasi keamanan informasi, kendali akses, kriptografi serta keamanan fisik dan lingkungan.

Di samping itu, pengguna aplikasi chatting LINE kini dapat menikmati produk uang elektronik Mandiri e-cash. Integrasi produk bernama LINE Pay e-cash ini ditujukan untuk memudahkan pengguna aplikasi LINE dalam bertransaksi elektronik dengan fitur pembayaran LINE Pay.

Pengguna dapat melakukan pembelian dengan LINE Pay e-cash di lebih dari 300.000 toko online dan offline di seluruh Indonesia. Konsumen juga bisa mengisi ulang e-cash dan mengambil uang di semua ATM Mandiri, Indomaret, dan Alfamart terdekat. LINE Pay e-cash juga memungkinkan pengguna melakukan transfer e-cash langsung ke teman LINE-nya atau nomor telepon penerima.

Layanan ini dapat dinikmati pengguna LINE yang telah menjadi nasabah atau non nasabah Bank Mandiri. Bagi pengguna Mandiri e-cash, layanan ini dapat diakses cukup dengan menghubungkan nomor Mandiri e-cash dengan LINE Pay. Sedangkan bagi pengguna LINE yang belum memiliki Mandiri e-cash, dapat langsung membuat rekening Mandiri e-cash di menu LINE Pay.

Sumber:

  • line.me/id
  • republika.co.id

Written by: Sebastian Atmodjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Aset Kripto untuk Para Pecinta Game Telah Listing di Indodax

DuniaFintech.com - Kabar gembira untuk gamers Indonesia!! Sudah tak perlu diragukan lagi, selain sebagai hiburan, industri game juga bisa dijadikan sarana untuk...

Strategi Sukses Jualan Online dengan Untung Jutaan Rupiah, Wajib Dicoba

DuniaFintech.com - Tak bisa dipungkiri, dengan adanya internet telah mengubah sebagian besar cara hidup kita sehari-hari. Jika sebelumnya kita lebih sering berbelanja...

Kemkominfo Klaim Indonesia Segera Miliki 3 Unicorn Baru

DuniaFintech.com - Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) mengklaim Indonesia akan memiliki 3 unicorn baru hingga tahun 2024. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika,...

Bukan Dilarang, Ini Sebab Mengapa Regulasi Kripto Aset Itu Penting

DuniaFintech.com – Regulasi kripto aset sebagai teknologi yang masih terbilang baru, banyak negara yang mengkhawatirkan tentang bagaimana kripto aset akan memengaruhi iklim perekomian...

Blockchain Velas Mampu Selesaikan 30 Ribu Transaksi Per Detik?

DuniaFintech.com - Apa benar Blockchain Velas mampu selesaikan 30 ribu transaksi per detiknya? Dirancang dan dikembangkan sejak tahun 2019, Virtual Expanding Learning...
LANGUAGE