25.6 C
Jakarta
Sabtu, 2 Maret, 2024

Investasi Tanah atau Emas Mana yang Lebih Untung?

JAKARTA, duniafintech.com – Melakukan investasi dalam bentuk tanah atau emas mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Pernahkah Anda bertanya-tanya, mana yang lebih menguntungkan berinvestasi tanah atau emas? Padahal, investasi tanah dan emas memiliki keuntungan yang cukup menjanjikan. Namun, terdapat perbedaan antara kedua opsi investasi ini yang dapat dipertimbangkan dari segi likuiditas dan ukuran margin.

Melakukan investasi tanah atau emas bisa menjadi pilihan Anda untuk tujuan jangka panjang, karena menabung saja tidak cukup. Jadi penasaran, lebih baik investasi tanah atau emas? Berikut ikhtisar perbedaan kedua investasi tersebut dari segi pendapatan. Investasi Tanah atau Emas, Pilih Yang Mana? Padahal, pemilihan investasi tanah atau emas harus disesuaikan dengan tujuan awal seseorang.

Meski sama-sama merupakan aset yang menjanjikan, baik investasi tanah maupun emas tidak bisa menandinginya. Sebagai perbandingan, emas cenderung mudah dicairkan kapan saja, sedangkan bumi membutuhkan waktu untuk menjualnya. Selain itu, perbedaan investasi tanah atau emas terletak pada modalnya. Investasi tanah membutuhkan modal yang besar, sedangkan emas bisa langsung dimiliki minimal 1 gram.

Agar lebih jelas, berikut pembahasan investasi tanah atau emas yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca jugaAplikasi Investasi Emas OJK: Cara Investasi Emas di Aplikasi Bank

ISFF 2023 INDODAX

Baca jugaKelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Yuk Kita Simak!

Keuntungan Investasi Tanah

Investasi tanah memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menentukan pilihan, antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak Memerlukan Banyak Perawatan

Berbeda dengan instrumen lainnya, bumi umumnya memerlukan sedikit perawatan. Tanah tidak selamanya mengharuskan pemiliknya untuk selalu merawatnya. Oleh karena itu, pembeli biasanya tidak mengecek kondisi tanahnya, melainkan lokasi atau ukurannya yang strategis. Makanya reksa dana tanah atau emas ini bisa dikurangi karena tidak memerlukan pemeliharaan.

2. Adanya Nilai Lebih

Keunggulan investasi tanah ini menjadikannya istimewa dan berbeda dengan real estate pada umumnya. Dengan memilih instrumen tanah untuk investasi, Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan lain yang juga dapat meningkatkan pendapatan dan nilai jual. Kebutuhan relevan lainnya termasuk perusahaan pabrik, industri tekstil, bangunan komersial, dll.

  1. Keuntungan Besar

Karena beberapa faktor seperti kelangkaan dan modal yang besar, investasi tanah memiliki keuntungan yang tinggi. Selain peningkatan permintaan, investasi lahan diperkirakan akan tumbuh sekitar 200%. Hal ini dibuktikan dengan tabel perbandingan harga tanah atau investasi logam mulia World Gold Council selama 37 tahun. Grafik tersebut menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan pengembalian investasi tanah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan logam mulia.

  1. Tidak Banyak Pesaing

Hingga saat ini, investor yang fokus pada mineral umumnya tidak memiliki banyak emas. Umumnya masyarakat membeli tanah hanya untuk tinggal atau tinggal, sehingga lebih kompetitif. Oleh karena itu, investasi tanah dinilai memiliki potensi lebih besar jika dibayar tepat waktu.

  1. Tidak Ada Kemungkinan Dicuri

Jika Anda memiliki dokumen lengkap seperti Akta Hak Milik (SHM), maka pembebasan lahan tidak bisa dilakukan. Bahkan, jika ada yang mencoba mencuri tanah tersebut, Anda bisa langsung menggugatnya dengan menggunakan dokumen yang dimilikinya.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan berinvestasi emas biasanya adalah kenyamanan dan kehandalan bagi pemiliknya. Keuntungan berinvestasi emas yang bisa Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

  1. Pembayaran Mudah

Keuntungan paling nyata dari berinvestasi emas adalah tingginya likuiditas instrumen ini. Artinya, permintaan emas tinggi dan tetap dapat diandalkan di pasar global. Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah menjual atau menebus emas tersebut jika sewaktu-waktu membutuhkan dana mendesak.

  1. Dapat Digunakan Sebagai Dana Darurat

Investasi emas bersifat likuid dan mudah dibayar kembali, menjadikannya pilihan paling penting bagi sebagian investor. Imbal hasil emas yang relatif lebih tinggi dapat digunakan sebagai dana darurat sekaligus memperoleh keuntungan permanen.

  1. Tersedia dengan Harga Murah

Berbeda dengan di darat, kondisi harga investasi emas relatif tidak stabil. Hal ini memaksa investor untuk membeli emas dengan harga rendah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan harga emas naik, antara lain diskon pembelian, perubahan harga pasar, pembelian bekas, dan program investasi khusus.

  1. Nilainya Akan Terus Meningkat Seiring Berjalannya Waktu

Meski nilai emas tidak sekonsisten investasi tanah, namun nilai emas cenderung terus meningkat seiring berjalannya waktu. Faktanya, data menunjukkan return emas bisa naik menjadi 62,43% pada tahun 2021, melampaui return negara yang sebesar 39,5%.

  1. Tahan dari Inflasi

Selama berabad-abad, emas telah dianggap sebagai aset yang tahan inflasi karena beberapa sifatnya. Beberapa karakteristik tersebut antara lain nilainya sebagai logam mulia langka, perlindungan terhadap penurunan harga, dan tingginya permintaan di saat ketidakpastian.

Tips Sebelum Melakukan Investasi Tanah atau Emas

Berinvestasi pada tanah atau emas mungkin menjadi dua pilihan paling menjanjikan saat ini. Namun keduanya memiliki risiko yang sebaiknya dihindari. Oleh karena itu, sebelum berinvestasi tanah atau emas, ada beberapa tips menghindari risiko investasi. Investasi tanah

Sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum memilih investasi tanah.

– Periksa legalitas seperti sertifikat tanah.

– Memahami prospek kenaikan nilai tanah.

– Memilih letak dan kondisi yang strategis dan aman dari risiko bencana.

Lakukan ini sebelum Berinvestasi Emas

-Simpan di tempat yang aman

-Pantau harga secara berkala

– Pilih lokasi yang aman di toko terpercaya.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai investasi tanah dan emas beserta saran sebelum melakukannya. Kedua jenis investasi ini bisa dikatakan menawarkan beberapa keuntungan yang sama-sama menjanjikan. Namun Anda harus paham strategi mendapatkan gol kemenangan berlipat ganda. Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah bisa memutuskan investasi apa yang akan dilakukan? Selamat mencoba.

Baca jugaInvestasi Emas di Tahun 2023 Masih Menguntungkan?

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE