29 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Milenial dan Minim Modal

Sedang mencari referensi investasi yang cocok untuk kaum milenial? Bagi sebagian orang, berinvestasi menjadi salah satu hal yang tidak perlu dilakukan. Padahal, investasi sangat penting dilakukan sejak dini. Terlebih lagi mengingat perkembangan zaman yang semakin maju. Alhasil, investasi menjadi hal yang penting dilakukan.

Kaum milenial saat ini tampaknya belum begitu tertarik untuk melakukan investasi. Padahal, investasi bisa meningkatkan aset dan menambah kekayaan pribadi. Berinvestasi juga membantu Anda untuk meraih kebebasan dalam finansial. Nah, jika Anda ingin kaya dalam waktu yang cepat, berinvestasi bisa menjadi salah satu solusi mudah.

Jenis Investasi yang Cocok untuk Kaum Milenial

Di era yang rata-rata menggunakan sistem online, kaum milenial juga dituntut untuk semakin berkembang. Salah satunya dalam soal finansial. Bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi sejak dini, berikut beberapa investasi yang mudah dilakukan untuk pemula. Selain itu, investasi ini juga minim akan modal.

  1. Investasi P2P Lending

P2P Lending adalah investasi yang cocok untuk dicoba oleh pemula. Investasi Peer to Peer Lending mempunyai banyak peminatnya, terutama oleh kaum milenial. Hal ini karena para imvestor bisa mendapatkan imbal hasil yang mencapai dua kali lipat. Jenis investasi tersebut masuk ke dalam investasi jangka pendek.

Salah satu keuntungan berinvestasi di P2P Lending adalah transaksinya yang praktis dan bisa diakses secara online. Sementara sistem kerja investasi tersebut adalah peminjaman dana. Jadi, dana tidak bisa langsung diinvestasikan karena mencegah risiko default.

  1. Investasi Emas atau Logam Mulia

Investasi untuk generasi milenial yang masuk ke dalam investasi jangka panjang adalah investasi emas. Meski banyak yang beranggapan jika investasi emas adalah hal yang kuno, tapi jenis ini mampu mendatangkan keuntungan yang cukup memuaskan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang yang sifatnya likuid dan minim risiko.

Jika dilihat dari harga emas, nilai kenaikannya termasuk signifikan. Anda bisa mempertimbangkan harga jual dan jangka investasi sebelum membeli emas atau logam mulia. Tidak heran jika jenis investasi ini masih banyak diincar oleh semua kalangan.

  1. Equity Crowdfunding

Equity Crowdfunding menjadi salah satu investasi yang cocok untuk kaum milenial. Bisa dibilang, jenis investasi ini menjadi alternatif dalam menghimpun dana. Apalagi prosesnya sangat mudah di mana investor tidak perlu masuk bursa. Investasi ini bisa membantu Anda atau UMKM yang ingin memulai bisnis kecil.

Keuntungan yang bisa dirasakan oleh investor adalah bisa melakukan test market lebih dulu. Selain itu, para investor bisa membangun ekonomi yang berjalan sehat dan mampu bertahan lama. Alhasil, investasi Equity Crowdfunding juga bisa membantu pengusaha melakukan pendanaan.

  1. Investasi Reksa dana

Investasi untuk pelajar yang cocok untuk Anda yang juga kaum milenial adalah imvestasi Resadana. Pastinya Anda tidak merasa asing dengan nama tersebut, bukan? Reksadana adalah investasi yang mudah untuk dipelajari dan minim akan risiko serta modal. Bahkan, dengan uang Rp 100.000 saja, Anda bisa melakukan investasi di sini.

Nantinya, uang yang sudah ditransfer akan mempunyai nilai lebih seiring berjalannya waktu. Tidak heran jika investasi Reksadana dinilai memberikan keuntungan yang cukup besar bagi para investor.

Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya untuk Anda yang ingin memulai investasi di Reksadana. Mulai dari beli jual online, jumlah investasi yang kecil, sampai dikelola manajer investasi profesional.

  1. Investasi Kripto

Investasi Kripto menjadi salah satu investasi yang cocok untuk kaum milenial. Pasalnya, investasi ini menawarkan high return yang bisa digunakan dalam berbagai transaksi. Mata uang digital ini sering kali menjadi aset di mana banyak sekali mata uang yang populer. Salah satunya adalah Bitcion.

Para investor bisa menjadikan mata uang Kripto sebagai alat pembayaran transaksi online. Selain itu, Anda juga bisa menukarkannya menjadi mata uang dalam Rupiah, Yen, Dollar, atau mata uang lainnya. Cara melakukan investasinya pun mudah, yakni melakukan aktivitas jual beli di marketplace exchange.

Kesimpulan

Masih banyak lagi jenis investasi yang bisa dicoba oleh pemula dan kaum milenial untuk menambah kekayaan pribadi. Seperti investasi deposito, investasi properti, investasi saham, dan lainnya. Meski begitu, Anda bisa memilih satu atau dua jenis investasi yang sekiranya mudah dilakukan tapi mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Di antara kelima investasi yang cocok untuk kaum milenial di atas, manakah jenis investasi yang ingin dicoba? Yuk, mulai berinvestasi sejak dini agar bisa mempunyai masa depan cerah terkait finansial.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU