33 C
Jakarta
Kamis, 21 Oktober, 2021

5 Jenis Mata Uang Kripto yang Terjamin dalam Jangka Panjang

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, alat transaksi pembayaran pun mengalami banyak perubahan. Salah satunya tentang jenis mata uang Kripto yang menjadi aset mata uang digital. Alhasil, Anda bisa membeli produk tanpa harus menggunakan uang fisik.

Tentunya hal ini sangat berguna mengingat banyaknya transaksi keuangan yang menggunakan sistem online. Namun, masih banyak juga orang yang belum tahu tentang mata uang ini. Apakah Anda salah satunya?

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Cryptocurrency

Aset digital ini sering kali disebut sebagai Cryptocurrency. Jenis mata uang ini sangat berbeda dengan uang fisik. Hal ini karena Crypto mempunyai sifat desentralisasi yang artinya tidak ada pihak yang menjadi perantara saat melalukan transaksi. Alhasil, pembayarannya akan dilakukan secara langsung antara pihak pengirim dengan pihak penerima.

Cryptocurrency mempunyai banyak sekali jenis mata uang di dalamnya dan saling bersaing satu sama lain. Tidak heran jika banyak orang yang bingung ingin menggunakan mata uang mana untuk melakukan transaksi. Selain itu, nilai setiap jenis mata uang tidak sama dengan nilai produk keuangan.

Jenis Mata Uang Kripto yang Terbilang Mempunyai Masa Depan Cerah

Setelah melihat pengertian dari Cryptocurrency di atas, ada baiknya untuk mengetahui beberapa jenis mata uang di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah jenis mata uang yang populer dan banyak digunakan.

  1. Ethereum

Ethereum menjadi salah satu Cryptocurrency terbesar jika dilihat dari kapitalisasi pasar. Jenis ini juga menjadi Crypto pertama yang meluncurkan kemampuan terkait kontrak pintar. Kontak pintar tersebut adalah bagian kecil dari kode yang dijalankan dan berada di blockchain.

Orang-orang yang berada di balik Ethereum adalah visioner kripto Vitalik Buterin dan bekerja di platform perangkat lunak terdesentralisasi. Koin ETH ini bisa dibangun dan dioperasikan tanpa adanya jeda waktu. Alhasil, mata uang Kripto ini bisa membantu para investor menghindari transaksi yang meragukan.

Ethereum mempunyai fitur yang menarik, yakni tidak adanya gangguan atau kontrol dari operator nonspesifik. Selain itu, pihak tersebut meningkatkan sistem agar bisa diakses di program yang bisa menjalankan aplikasi. Alhasil, ada sekitar 3.000 aplikasi yang dibangun di platform Ethereum terkait Cryptocurrency.

  1. Bitcoin

Bitcoin menjadi salah satu jenis mata uang kripto terpopuler yang mempunyai masa depan cerah. Jenis mata uang ini adalah yang pertama lahir dan tetap unggul di kalangan Crypto lainnya. Hal ini karena koin BTC mempunyai nilai yang sangat tinggi. Belum lagi banyaknya peminat yang berasal dari kalangan investor secara global.

Meski mata uang ini unggul, tapi pergerakan Bitcoin dalam soal harga sangat fluktuatif. Tidak jarang terkadang jangka waktunya bersifat luas. Meski begitu, hal tersebut tidak membuat para investor menjadi khawatir karenanya. Hal ini karena investor akan mendapatkan kembali nilai mata uang beserta premi.

  1. Cardano

Cryptocurrency yang dianggap terjamin dalam jangka panjang adalah Cardano atau koin ADA. Diridrikan oleh Charles Hoskinson, mata uang ini dibangun agar lebih cepat dan berkelanjutan sejak awal. Bisa dibilang, Cardano menggunakan BTC dan ETH untuk merancang blockchain.

Mata uang Kripto dianggap mampu bersaing dalam kehidupan dunia maya. Hal ini karena ADA mempunyai berbagai proyek di negara berkembang. Saat ini, kapitalisasi pasar yang sudah terbentuk, membuat setiap koin dijual senilai Rp 5.643.

  1. Aave

Aave adalah pemberi pinjaman DeFi di mana para investor bisa memperoleh bunga. Caranya dengan mengumpulkan Crypto ke kumpulan pinjaman. Nantinya, para investor akan dibayar dari bunga peminjam yang membayar pinjaman tersebut. Di sini, investor tidak perlu khawatir karena AAVE mempunyai mitra yang kuat dan reputasi yang baik.

  1. Ripple

Salah satu jenis mata uang yang bisa Anda temukan di Crypto dan berpotensi mempunyai masa depan cerah adalah Ripple. Koin XRP ini adalah aset incaran para investor yang berasal dari Amerika Serikat. Tujuan dari perusahaan tersebut adalah menyediakan layanan yang efisien dalam pembayaran lalu lintas dengan menghilangkan perantara.

Jika dilihat dari segi likuiditas, koin XRP menjadi salah satu aset yang paling likuid. Wajar saja jika mata uang ini dianggap terjamin dalam jangka panjang. Harga Ripple ini kisaran Rp 15.000 saja. Alhasil, aset ini cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi tapi minim budget.

Nah, di atas adalah lima jenis mata uang Kripto yang dianggap terjamin untuk jangka panjang. Dengan kata lain, mata uang tersebut mempunyai masa depan yang cerah. Manakah mata uang yang ingin Anda coba gunakan untuk berinvestasi?

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Bitcoin Pecah Rekor Sepanjang Masa, Analis Berharap Lewati US$100.000

Reli terbaru Bitcoin ke harga tertinggi sepanjang masa di atas US$66.000 sudah memunculkan gelombang prediksi bullish baru, dengan harga cryptocurrency sudah lebih dari dua...

Komite Senat Australia Buat 12 Rekomendasi untuk Regulasi Crypto

Komite Terpilih Senat Australia sudah menyerahkan laporan terakhirnya tentang tinjauan selama setahun terhadap pendekatan negara ini terhadap peraturan kripto dan blockchain. Seperti dikutip dari...

Bitcoin Lewati Rp932 Juta Setelah Peluncuran ETF di NYSE

Harga Bitcoin (BTC) terus naik. Harga Bitcoin sempat dijual Rp932 juta di marketplace Indodax, Kamis (21 Oktober 2021) dini hari. Hal ini terjadi semenjak...

Keuntungan dan Daftar Produk Asuransi Rawat Inap Terbaik di Indonesia

Produk asuransi kesehatan dengan manfaat asuransi rawat inap sangat berperan untuk membebaskan dari kekhawatiran dan kegelisahan terkait kondisi keuangan yang terganggu akibat tidak adanya...

Kasus Pinjaman Online: Contoh dan Cara Melaporkan

Belakangan ini marak terjadi kasus pinjaman online, mulai dari penipuan yang mengatasnamakan pinjaman online terpercaya, pinjaman online ilegal, kasus pinjaman online tidak dibayar, hingga...
LANGUAGE