25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Inilah Pentingnya Belajar Investasi yang Menguntungkan

JAKARTA, duniafintech.com – Belajar tentang investasi yang menguntungkan memang sebaiknya dilakukan sejak usia dini alias sedari kecil.

Pasalnya, akan diperlukan informasi yang cukup agar bisa menjalankan investasi suatu saat nanti. Meski demikian, memang tidak mudah untuk mengembangkan nilai investasi sejak dini sehingga nilai profit pada masa mendatang bisa diperoleh dalam nominal lebih besar.

Kalau mencermati semua investasi pada semua instrumen, baik itu saham, logam mulia, maupun reksa dana, tentunya akan tampak potensi terbaik yang dapat diperoleh. Bahkan, juga ada keuntungan jangka panjang kalau kamu mampu berinvestasi sejak belia.

Nah, saat ini pun bentuk investasi kian efektif untuk menjangkau simpanan dana pada masa depan. Sementara itu, tujuan utama melakukan investasi memang masih bervariasi, baik di sektor kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia—Tips Investasi Online lewat Fintech

investasi yang menguntungkan

Pentingnya Belajar Investasi yang Menguntungkan sejak Dini

Pertanyaannya, seberapa penting sih investasi?

Kalau memang menginginkan kehidupan yang lebih baik, tentu saja investasi menjadi sangat penting. Ketika memasuki usia pensiun, misalnya, kamu bisa mengajukan pensiun lebih awal sebab sudah merasa siap dari segi finansial, contohnya punya portofolio investasi jangka panjang yang tepat.

Adapun buat yang berencana menikah/membangun rumah tangga, kamu bisa melakukan investasi untuk persiapan dana menikah, membeli rumah dan mobil, persiapan dana pendidikan anak, dan lainnya.

Sejatinya, investasi membantu meringankan beban finansial di masa depan, utamanya yang berjumlah besar. Di samping memanfaatkan keuntungan investasi, dananya bisa dicairkan kapan pun ketika dibutuhkan.

Berikut ini beberapa hal yang membuat investasi menjadi penting.

Mendapatkan Dana Masa Depan dari Investasi yang Menguntungkan

Baik dari sisi kondisi kesehatan maupun finansial, masa depan tidak bisa diketahui dengan pasti. Oleh sebab itu, sedari awal akan tampak bahwa belajar investasi bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri.

Karena itu, dengan mengetahui setiap karakter instrumen dalam investasi sejak dini, hal itu bisa menjadi modal penting agar kamu tahu seperti apa poin menarik dan keuntungan dari penanaman modal ini.

Mendapatkan Gambaran Bagaimana Mengatur Finansial

Konsep penting yang saat ini diperhitungkan adalah bisa diperhitungkan dengan tepat. Dengan belajar investasi yang menguntungkan sejak dini, mengatur finansial bisa kamu lakukan dengan benar ke depannya.

Tidak Mengalami Kesulitan Finansial di Masa Depan

Pentingnya investasi juga terasa ketika sejak awal kamu sudah tahu cakupan data utama dalam mengetahui finansial di masa depan. Poinnya adalah bahwa kamu tidak mengalami kesulitan finansial di masa mendatang.

Baca juga: Selain untuk Investasi, Ini Kegunaan Bitcoin yang Lainnya

Keunggulan Investasi yang Menguntungkan sejak Dini

Lantas, apa saja sih keunggulan dari investasi? Berikut ini ulasannya.

Instrumen investasi yang beragam

Saat ini, investasi saat ini kian beragam. Bukan hanya investasi saham, juga ada investasi reksadana, deposito, obligasi, emas, hingga peer to peer lending yang di dalamnya juga ada sektor crowdfunding.

Nah, instrumen investasi yang beragam ini bisa dipilih sesuai kebutuhan, kemampuan keuangan, serta profil risiko kamu.

Transaksi cepat dan aman

Hadirnya aplikasi dan platform investasi telah memudahkan transaksi dalam investasi. Dengan perkembangan teknologi saat ini, transaksi bisa dilakukan dengan cepat dan aman serta via online.

Aset kekayaan untuk membayar utang

Investasi pada dasarnya merupakan aset kekayaan yang bisa dipakai untuk membayar utang. Sekiranya suatu waktu kamu memiliki utang dalam jumlah besar, kamu bisa menjual aset investasi kamu untuk membayar sebagian atau seluruh utang itu.

Modal yang terjangkau

Investasi saat ini juga bisa dilakukan dengan modal yang sangat terjangkau. Bahkan, hanya dengan Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa mulai berinvestasi.

Misalnya saja investasi emas dan investasi reksadana di e-commerce atau juga membeli saham dengan modal Rp100 ribu.

Dengan demikian, kamu pun sebenarnya tidak perlu takut untuk berinvestasi. Pasalnya, investasi pada dasarnya bukan hanya untuk kaum sultan alias orang kaya sebab siapa pun saat ini bisa melakukannya dan meraih kesuksesan dari situ.

Sekian ulasan tentang pentingnya belajar investasi yang menguntungkan sejak dini yang perlu kamu pahami, khususnya bagi pemula di dunia investasi.

Baca juga: Berita Fintech Indonesia: Cara Investasi Online di P2P Lending dan Crowdfunding

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE