26.7 C
Jakarta
Sabtu, 2 Desember, 2023

Selain untuk Investasi, Ini Kegunaan Bitcoin yang Lainnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kegunaan bitcoin ada beragam. Selain sebagai aset investasi ternyata bitcoin tersebut punya fungsi-fungsi lain. 

Bitcoin (BTC) adalah cryptocurrency atau mata uang kripto pertama sekaligus menjadi yang paling populer. Harganya yang terus naik dari tahun ke tahun menjadikan bitcoin sebagai aset digital yang banyak diburu oleh banyak orang.

Pengertian Bitcoin- Kegunaan Bitcoin

BTC adalah mata uang digital terdesentralisasi yang dibuat pada Januari 2009. Penemuan bitcoin adalah mengikuti gagasan yang ditetapkan dalam kertas putih oleh Satoshi Nakamoto (nama alias).

Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional. Tidak seperti mata uang yang dikeluarkan bank sentral, bitcoin adalah dioperasikan oleh otoritas yang terdesentralisasi.

Bitcoin dikenal sebagai jenis cryptocurrency karena menggunakan kriptografi untuk menjaganya tetap aman. Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik yang dapat diakses oleh setiap orang secara transparan (meskipun setiap catatan dienkripsi).

Dengan kata lain, bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat dan disimpan secara digital. Karena bentuknya digital, bitcoin tidak memiliki wujud fisik layaknya mata uang resmi Negara. Tidak ada otoritas yang mengatur yang mengendalikannya.

kegunaan bitcoin

Kegunaan Bitcoin yang Beragam

Berikut ini kegunaan bitcoin yang perlu diketahui, khususnya bagi kita yang masih pemula agar bisa dengan bijak menggunakan aset mata uang digital yang kita miliki.

1. Transaksi Jual-Beli Bitcoin

Cara menggunakan bitcoin yang pertama adalah dengan melakukan transaksi jual-beli bitcoin. Namun, untuk dapat melakukan ini, kita harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke exchange atau bursa. Beruntung sekali, di Indonesia telah banyak bursa bitcoin yang tersedia.

Baca juga: Bisa Dipilih, Inilah Teknik Trading Bitcoin Untuk Dapatkan Cuan Maksimal

Untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan transaksi jual-beli bitcoin, kita perlu dengan cermat dan teliti memperhatikan harga bitcoin yang sangat fluktuatif nilainya. Lumrahnya, kita bisa membeli bitcoin ketika nilainya sedang turun, dan menjualnya ketika harganya sedang naik dan tinggi.

2. Investasi Jangka Panjang

Cara menggunakan bitcoin yang bijak juga bisa kita lakukan untuk investasi jangka panjang. Seiring dengan pesatnya kenaikan harga bitcoin, banyak investor yang mulai bergeser mengalihkan dana yang dimiliki ke instrumen bitcoin. Hal tersebut jelas, karena tawaran keuntungan signifikan dan juga proses transaksi juga pergerakan harga yang transparan.

Baca jugaPenipuan Kripto Terjadi Lagi, Hanya Inilah Crypto Exchange Terdaftar Bapebbti yang Wajib Diketahui

Selama masa pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang lalu, tercatat harga bitcoin semakin meningkat, dan hal tersebut terus berlangsung hingga saat ini. Maka dari itu, bitcoin sangat potensial dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

3. Gunakan untuk Beramal

Kita juga bisa melakukan cara menggunakan bitcoin, selain sebagai investasi, juga digunakan untuk beramal. Saat ini, sudah tersedia beberapa organisasi yang menerima bitcoin untuk aksi kemanusiaan. Seperti aksi kemanusiaan dalam Save the Children, The Water Project, Red Cross, Unicef dan masih banyak organisasi kemanusiaan lainnya.

Dengan ketersediaan organisasi kemanusiaan yang menerima bitcoin untuk beramal, hal ini semakin menarik banyak minat orang untuk memainkan bitcoin itu sendiri. Dan tentu saja, akan sangat bermanfaat untuk kemanusiaan yang ada di dunia ini.

4. Membeli Barang Secara Online

Cara menggunakan bitcoin selanjutnya bisa digunakan untuk membeli barang secara online. Meskipun di Indonesia, penggunaan bitcoin untuk membeli barang masih ilegal. Namun, beberapa hal bisa dibeli secara online menggunakan bitcoin, seperti membeli game, film dan aplikasi secara online. Juga belanja di marketplace internasional Amazon.

5. Pembayaran Subscription

Subscription merupakan cara pembayaran online yang digunakan untuk berbagai layanan, seperti film, musik dan tayangan lainnya. Saat ini, kita telah bisa melakukan cara menggunakan bitcoin untuk pembayaran subscription. Layanan online seperti jaringan VPN, registrasi nama domain dan penyedia layanan internet juga telah bersedia menerima pembayaran menggunakan bitcoin. Hal ini semakin meluaskan fungsi dari kegunaan bitcoin itu sendiri.

6. Membeli Giftcard- Kegunaan Bitcoin

Sudah sejak lama, tradisi memberikan giftcard atau kartu hadiah dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Saat ini juga kita bisa membeli kartu hadiah dan diberikan kepada kerabat atau sejawat dengan menggunakan bitcoin. Maka dari itu, cara menggunakan bitcoin yang bijak yang bisa kita lakukan selanjutnya adalah dengan membeli giftcard. Banyak situs yang telah bersedia menerima bitcoin sebagai alat pembayaran, seperti Egifter dan Gyft.

7. Membeli Produk Ritel-Kegunaan Bitcoin

Jika beberapa cara menggunakan bitcoin di atas terasa sangat jauh dan tidak begitu dekat dengan kebutuhan sehari-hari kita, penggunaan bitcoin satu ini akan membuat kita semakin yakin untuk memainkan bitcoin. Karena, bitcoin telah dapat digunakan untuk membeli beberapa produk ritel. Kita bisa membeli produk ritel di toko online seperti Amazon, Starbucks dan Target untuk keperluan dan kebutuhan sehari-hari.

Demikianlah ulasan mengenai kegunaan Bitcoin. Sekarang, kamu sudah tahu kan? Semoga bermanfaat.

Baca jugaPanduan Cara Top Up Flazz BCA, dari M-Banking hingga Merchant

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Jenis Cyber Crime, Perhatikan Dampak dan Cara Antisipasinya

JAKARTA, duniafintech.com - Jenis Cyber Crime perhatikan dampak dan cara antisipasinya juga dikenal sebagai keamanan siber, mengacu pada kegiatan kriminal yang melibatkan penggunaan komputer,...

Cara mengajukan Asuransi Mobil Syariah yang Tepat

JAKARTA, duniafintech.com - Cara mengajukan asuransi mobil syariah tak jauh berbeda dengan pengajuan asuransi kendaraan yang menggunakan lembaga keuangan konvensional. Asuransi mobil adalah produk...

Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis Penting Diketahui Nih

JAKARTA, duniafintech.com - Dalam pengembangan bisnis, survei merupakan sarana pengumpulan informasi penting yang manfaat peranannya juga sangat penting. Dengan bantuan survei, perusahaan mendapatkan informasi...

Bunga Deposito 1 Milyar Per Bulan, Simulasi Perhitungan Bank

JAKARTA, duniafintech.com - Bunga deposito 1 milyar per bulan akan berbeda-beda tergantung pada bank dan tenor deposito. Bunga deposito untuk setiap jumlah dan periode...

Cara Cerdas Melunasi Kartu Kredit

JAKARTA, duniafintech.com - Cara cerdas lunasi kartu kredit hadir disaat kamu merasa tidak mungkin untuk melunasi semua utang tersebut, benarkah? Jangan bingung dulu. Utang...
LANGUAGE