26.8 C
Jakarta
Jumat, 1 Maret, 2024

Harus Diperhatikan, Inilah Pertimbangan Sebelum Memanfaatkan Pinjaman Online

JAKARTA, duniafintech.com – Pertimbangan sebelum memanfaatkan pinjaman online perlu Anda perhatikan. Pinjaman online (peer-to-peer lending) kerap kali menjadi opsi yang dipilih oleh sejumlah orang demi mendapatkan tambahan suplai dana. 

Alasannya karena prosedur untuk mengajukan pinjaman dengan cara online ini relatif lebih cepat dan mudah.

Agar langkah Anda dalam memperoleh dana tambahan ini tidak berbuntut masalah, pilihlah situs pinjaman online resmi yang sudah terdaftar. Selain itu, sebaiknya pertimbangkanlah dahulu dengan sungguh-sungguh seberapa penting sebetulnya keputusan ini bagi Anda.

Pertimbangan Sebelum Memanfaatkan Pinjaman Online

Pertimbangkan Sebelum Memanfaatkan Pinjaman Online, Wajib Diperhatikan 

Berupaya untuk memperoleh dana tambahan melalui situs pinjaman online guna memenuhi suatu kebutuhan tentunya sah-sah saja. Namun, barangkali ada lebih baik jika sebelum mengambil langkah tersebut Anda lebih dulu mempertimbangkan sejumlah hal berikut:

1. Tujuan Anda mengajukan pinjaman

Ilmu ekonomi mengelompokkan jenis kebutuhan manusia menjadi tiga kategori, yaitu kebutuhan primer (pokok), sekunder (tambahan), dan tersier (barang mewah). Ketiga jenis kebutuhan ini tentunya perlu Anda penuhi dengan sebagaimana mestinya berdasarkan skala prioritas.

Baca jugaInvestasi Syariah Jadi Investasi yang Menguntungkan, Begini Simulasi Perhitungan & Jenisnya

Anda memang berhak untuk memilih salah satu dari ketiga jenis kebutuhan di atas yang hendak dipenuhi dengan menggunakan dana pinjaman. Namun, perlu Anda ingat bahwa pemanfaatan dana pinjaman untuk konsumsi berlebih dapat mengakibatkan Anda terjerat kesulitan keuangan.

2. Kemampuan Anda dalam melakukan pengembalian dana

Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya Anda mencermati tingkat suku bunga dan jangka waktu pengembalian dana itu lebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan dapat memperhitungkan kapasitas untuk mengembalikan dana itu sekaligus menyusun estimasi anggarannya.

3. Kredibilitas situs pinjaman online yang hendak dijadikan rekanan

Situs pinjaman online abal-abal tidak hanya dapat mengakibatkan Anda batal memperoleh dana yang diharapkan, tetapi bahkan juga kehilangan harta simpanan. Untuk menghindarkan diri dari resiko kerugian ini, penting untuk mencermati kredibilitas calon pinjaman online rekanan.

Baca juga: Panduan Cara Bayar Tagihan DANA PayLater di BRI, dari ATM hingga BRImo

Segala bentuk keputusan pada umumnya selalu memiliki resikonya sendiri, tak terkecuali pilihan untuk mengajukan pinjaman dana. Namun, apabila Anda telah memikirkannya masak-masak dan memilih pinjaman online resmi yang terpercaya, niscaya resiko itu akan dapat diminimalkan.

Manfaat Pinjaman Online

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini? 

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan. 

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia 

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Demikianlah ulasan memgenai pertimbangan sebelum memanfaatkan pinjaman online. Semoga bermanfaat ya. 

Baca juga: Wajib Diketahui, Begini Batasan Akses Pinjaman Online Kepada Nasabah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE