25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Pengertian Investasi yang Menguntungkan hingga Risikonya

JAKARTA, duniafintech.com –Apa pengertian dari investasi yang menguntungkan dan apa saja risiko-risiko yang nantinya akan selalu ada di dalamnya?

Seperti diketahui, keputusan untuk melakukan investasi saat ini selalu mengedepankan banyak hal. Di samping itu, instrumen dari investasi juga selalu mengedepankan hasil yang terbaik.

Namun, akan selalu ada faktor risiko yang bisa terjadi kepada siapa pun sebelum akhirnya mendapatkan hasil terbaik sesuai tujuan dan lainnya.

Baca juga: Inilah Pentingnya Belajar Investasi yang Menguntungkan

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya.

Pengertian dan Jenis-jenis Investasi yang Menguntungkan

Pada dasarnya, investasi adalah upaya atau tindakan penanaman modal berupa uang maupun dengan cara membeli aset berupa properti dan lainnya yang nantinya akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi di masa mendatang.

Jenis-jenis investasi bisa dibedakan dari jangka waktunya, yakni investasi jangka panjang, menengah, dan pendek. Ditilik dari instrumen investasinya, jenis investasi terdiri dari investasi emas, properti, saham, P2P Lending, dan masih lagi yang lainnya.

Berikut ini adalah beragam jenis investasi yang populer di Indonesia.

1. Deposito

Deposito pada dasarnya hampir sama dengan tabungan. Deposito pun sering kali dipilih oleh investor pemula sebagai jenis investasi karena memiliki risiko yang rendah.

Akan tetapi, dibandingkan dengan tabungan, terdapat dua perbedaan, yakni, yakni tingkat bunga dan waktu jatuh tempo. Di lain sisi, suku bunga deposito pun lebih tinggi ketimbang bunga tabungan biasa karena ada di kisaran 5—6% per tahun.

Meski punya suku bunga yang lebih tinggi, tetapi uang yang diinvestasikan ke deposito tidak dapat diambil sewaktu-waktu seperti halnya tabungan. Hal itu terjadi karena ada tenor yang mengikat dan maksimal selama 12 bulan. Artinya, sebelum deposito jatuh tempo, kamu tidak bisa menyentuhnya.

2. Emas

Emas adalah pilihan yang menarik bagi kamu yang lebih tertarik dengan jenis investasi fisik dengan nilai intrinsik yang lebih jelas. Sebagaimana deposito, risiko investasi emas pun terbilang rendah.

Di samping itu, nilai emas juga cenderung stabil dan harganya terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

3. Saham

Investasi saham memang sangat potensial, tetapi punya risiko yang tinggi. Saham adalah bukti kepemilikan sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Ketika membeli saham, sejatinya kamu telah membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan yang menerbitkan saham itu.

4. Reksadana

Pengertian reksa dana adalah sebuah instrumen investasi yang berasal dari pendanaan oleh beberapa investor yang kemudian dikumpulkan menjadi satu dan selanjutnya diinvestasikan ke instrumen-instrumen investasi yang ada di pasar modal.

Secara umum, reksa dana sendiri terbagi menjadi lima jenis, yakni reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, campuran, dan index (indeks). Nah, setiap jenis reksa dana ini juga punya potensi dan risiko yang berbeda-beda, dengan risiko terendah ada di reksa dana pasar uang, sedangkan potensi return terbesar dengan risiko yang juga tidak kalah tinggi ada di reksa dana saham.

5. Peer-to-Peer Lending sebagai Investasi yang Menguntungkan

Meski masih tergolong cukup baru di Indonesia, tetapi jenis investasi peer to peer lending (P2P Lending) punya banyak peminat. Popularitasnya pun terus melejit seiring dengan kejelasan hukum dan kemudahan yang ditawarkannya.

Baca juga: Apa Itu Investasi yang Menguntungkan? Inilah Jenis-jenisnya

Buktinya bisa dilihat dari dari menjamurnya perusahaan fintech lending yang menjalankan model bisnis ini. Di samping itu,  jumlah uang yang berputar dalam investasi ini juga terus tumbuh.

Pada dasarnya, di P2P Lending, kamu akan meminjamkan sejumlah uang kepada pihak yang membutuhkan, baik individu mupun badan usaha. Selayaknya pinjaman bank, return jenis investasi ini berasal dari bunga pinjaman yang sudah disepakati bersama.

Suku bunganya pun menarik sebab bisa mencapai 18% per tahun. Di samping itu, kamu pun bisa mulai berinvestasi di sini dengan modal mulai dari Rp100.000 saja. Ada beberapa jenis P2P Lending yang perlu diketahui, salah satunya adalah crowdfunding.

Jenis crowdfunding pun terbagi lagi dan salah satu yang populer saat ini adalah securities crowdfunding. Sederhananya, securities crowdfunding adalah skema pengumpulan dana dengan metode patungan yang dilakukan oleh pemilik usaha untuk memulai atau mengembangkan bisnisnya. Dalam skema ini, dana yang dihimpun itu juga memperoleh lindung nilai (hedge) untuk jangka waktu tertentu.

Melalui securities crowdfunding ini, investor dapat membeli dan memperoleh kepemilikan melalui saham, saham syariah, surat bukti kepemilikan utang (obligasi), atau surat tanda kepemilikan bersama (sukuk). Saham dari usaha itu diperoleh sesuai dengan persentase terhadap nilai besaran kontribusinya.

Securities crowdfunding juga sudah memiliki payung hukum dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diatur dalam Peraturan OJK, yakni POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Securities Crowdfunding).

investasi yang menguntungkan

Apa Saja Manfaat Investasi yang Menguntungkan?

Ada beberapa manfaat dari investasi yang sangat menarik untuk diketahui, salah satunya adalah karena investasi punya manfaat yang mampu memberi poin penting dalam mencapai pendapatan dana lebih tinggi di masa mendatang.

Dari awal, investasi ini sering kali diartikan sebagai sumber penghasilan di masa depan. Dalam hal ini, banyak kalangan yang menilai bahwa investasi akan jadi satu kebutuhan utama sebagai langkah antisipasi dalam memperoleh akses dana tambahan di masa depan ataupun masa tua.

Risiko dalam Investasi, Apa Saja?

Salah satu risiko utama dalam investasi adalah terjadinya penurunan nilai aset yang dibeli, utamanya dalam investasi saham. 

Namun, secara umum, berikut ini beberapa risiko yang ada dalam investasi:

  • Risiko inflasi
  • Risiko pasar
  • Risiko reinvestment
  • Risiko negara
  • Risiko suku bunga
  • Risiko valas
  • Risiko likuiditas

Sekian ulasan tentang pengertian investasi yang menguntungkan beserta risiko yang ada di dalamnya. Investasi yuk sekaran juga!

Baca juga: Mau Investasi yang Menguntungkan Modal Kecil? Begini Caranya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE