26.1 C
Jakarta
Jumat, 12 Agustus, 2022

8 Jenis KPR yang Harus Diketahui sebelum Ajukan Kredit

Apakah kamu sudah tahu tentang jenis KPR? KPR adalah Kredit Pemilikan Rumah yang menjadi solusi untuk kamu yang berkeinginan mempunyai rumah, tapi dari segi dana belum tercukupi. Seperti yang diketahui, rumah adalah salah satu kebutuhan primer setiap orang. Namun, seiring waktu rumah terus mengalami peningkatan harga.

Alhasil, hal ini membuat orang merasa kewalahan untuk mencukup biayanya sebelum bisa membeli rumah idaman. Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ada KPR. Karena KPR merupakan jalur membeli rumah dengan jalur kredit. Kamu hanya perlu menyiapkan DP saja. Selebihnya, kamu bisa mencicil dengan jangka dan bunga tertentu.

Jenis KPR 

Di Indonesia sendiri, KPR mempunyai beberapa jenis di dalamnya yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Sebelum mengajukannya, ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis yang ada di dalamnya.

1. KPR Subsidi

KPR Subsidi adalah kredit kepemilikan rumah yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kemudahan atau bantuan tersebut berupa dana yang murah dengan jangka panjang. Selain itu, subsidi perolehan rumah tersedia secara konvensional atau sesuai prinsip syariah.

Biasanya, jenis KPR ini ditujukan kepada masyarakat yang mempunyai penghasilan rendah. Jadi, dengan menggunakan KPR ini, kamu bisa mendapatkan keringanan berupa pengurangan suku bunga kredit atau DP. Beberapa jenis KPR Subsidi, antara lain FLPP, SBUM, dan SSB. Syarat untuk mengajukan pinjaman ini adalah gaji tidak boleh lebih dari Rp7.000.000.

2. KPR Konvensional

Jenis-jenis KPR rumah yang bisa kamu temukan selanjutnya adalah KPR Konvensional. Jenis KPR ini sering kali disebut sebagai KPR non subsidi. KPR ini ditujukan untuk pelanggan berdasarkan harga jual rumah oleh developer. Hampir setiap bank mempunyai jenis KPR ini dengan menyediakan suku bunga yang berbeda-beda. Biasanya, suku bunga yang ditetapkan mengikuti BI Rate.

Masa pinjaman jenis KPR Konvensional memiliki kisaran 5 – 25 tahun. Selain itu, pihak bank akan mengenakan denda yang cukup besar jika kamu menunggak cicilan. Jadi, sebelum mengajukan KPR ini, pastikan lebih dulu cicilan dan bunganya agar kamu tidak merasa terbebani.

3. KPR Syariah

Ada lagi jenis KPR yang banyak dipilih dan diminati, yakni KPR Syariah. Jika dilihat secara umum, jenis KPR ini tidak jauh berbeda dengan KPR Konvensional. Namun, KPR Syariah menerapkan prinsip ajaran Islam. Dengan kata lain, produk yang disediakan tidak akan menggunakan sistem suku bunga atau riba.

Jadi, KPR Syariah akan mengganti sistem suku bunga dengan sistem bagi hasil atau nisbah. Keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan KPR ini, yaitu cicilan tidak akan mengalami perubahan sampai habis. Jenis ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang takut mengalami pergerakan bunga yang relatif naik turun.

4. KPR Refinancing

Salah satu rekomendasi KPR yang bisa dipilih adalah KPR Refinancing. Jadi, kamu bisa memindahkan sisa cicilan dari bank lama ke bank baru. Nantinya, bank baru akan membantu melunasi cicilan. Lalu, kamu hanya perlu membayar sisa cicilan di bank baru dengan bunga lebih rendah.

Ternyata, jenis KPR ini juga termasuk jenis pinjaman pribadi, lho. Kamu bisa menggunakan fasilitas pinjaman yang dengan menggunakan rumah sebagai jaminan. Selain itu, surat tanah juga bisa dijadikan sebagai jaminan.

5. KPR Duo

Jenis-jenis KPR untuk rumah lainnya adalah KPR Duo. Jenis ini mungkin jarang ditawarkan sehingga hanya sedikit yang mengetahuinya. Kamu bisa menemukan KPR ini di bank Mandiri. Di sini, pengguna akan mendapat fasilitas pinjaman untuk membeli rumah sampai membeli kendaraan.

6. KPR Angsuran Berjenjang

Selain KPR Duo, Bank Mandiri juga menghadirkan KPR angsuran berjenjang yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal. Jenis KPR ini akan memberi bantuan keringanan sebagian angsuran pokok sampai tahun ke-3 masa pinjaman. Setelah itu, di tahun keempat, angsuran akan kembali normal.

7. KPR Pembelian

Jenis KPR ini adalah jenis pembiayaan rumah dengan memberikan pinjaman uang untuk membeli tempat tinggal. Setelah itu, rumah yang akan dibeli akan menjadi jaminannya. Kamu juga bisa menggunakan properti lain sebagai agunan, seperti ruko, rukan, dan apartemen.

8. KPR Take Over

Bank Mandiri juga menghadirkan KPR Take Over yang fasilitasnya memindahkan KPR berjalan ke bank lain. Nantinya, keuntungan berupa tambahan limit pinjaman. Jenis ini terbilang cocok untuk kamu yang ingin mengubah jenis suku bunga.

Kesimpulan

Melihat beragam jenis KPR di atas, sudahkah kamu menentukan ingin mengajukan yang mana? Jangan salah pilih, ya karena nantinya malah akan semakin menambah beban. Yuk, dapatkan rumah idaman dengan cicilan dari sekarang.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Buka Tabungan BCA Dollar Terbaru dan Daftar Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara buka Tabungan BCA Dollar berikut ini penting diketahui jika kamu memang tertarik dengan jenis tabungan yang satu ini. Sebagaimana diketahui, BCA...

OJK Keluarkan 671 Sanksi Kepada Pelaku Pasar Modal

JAKARTA, duniafintech.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengungkapkan sebanyak 671 surat sanksi, serta selain itu, OJK juga menerbitkan 12...

OJK Akui Minimnya Pengetahuan Perempuan Soal Literasi Keuangan Digital

JAKARTA, duniafintech.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat jarak tingkat literasi keuangan digital antara perempuan dan laki-laki. Perempuan merupakan sektor yang membutuhkan perhatian...

Mendag Harapkan Harga Mie Instan Tidak Naik

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Zaini, mengharapkan kenaikan harga gandum tidak membuat harga mie ataupun mie instan menjadi naik. Hal itu disebabkan...

Malacca Trust Insurance: Profil Lengkap hingga Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Malacca Trust Insurance merupakan adalah perusahaan asuransi umum yang lumayan terkenal di kalangan masyarakat. Perusahaan ini berdiri dengan nama PT Malacca Trust...
LANGUAGE