27 C
Jakarta
Senin, 27 Juni, 2022

KABAR TERKINI HARGA BITCOIN MEROKET HINGGA PEMERINTAH SWEDIA TERIMA BITCOIN UNTUK PEMBAYARAN PAJAK

duniafintech.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Swedish Enforcement Authority, badan pemerintah yang bertugas mengumpulkan pajak, telah mengizinkan sebuah perusahaan Swedia untuk melunasi hutang melalui Bitcoin.

Debitur yang identitasnya tidak dipublikasikan itu mentransfer 0,6 Bitcoin ke agen tersebut, sejumlah yang akan dijual dalam lelang yang dimulai tanggal 12 Oktober kemarin.

Lelang serupa sebelumnya juga pernah dilakukan pemerintah Amerika Serikat pada tahun 2015 lalu. Pada waktu itu, yang berwenang menyita Bitcoin senilai 44.000 milik Ulbricht, perusahaan yang menjalankan bisnis pasar gelap di jalur sutra dengan nama alias Dread Pirates Roberts. Lelang itu diikuti sejumlah perusahaan mata uang digital seperti Genesis Trading dan Binary Financial.

Johannes Paulson, Operation Development di Swedish Enforcement Authority menjelaskan bahwa sementara agensi mereka telah mencoba untuk tidak menyita Bitcoin dari pelaku kejahatan di masa lalu. Perusahaan yang tidak disebutkan namanya membuat hal ini menjadi contoh pertama di mana badan pemerintah berhasil memperoleh kepemilikan mata uang virtual.

Beberapa di pers Swedia berspekulasi bahwa ini bisa membuka pintu bagi anggota masyarakat yang lain untuk mengikuti langkah ini dengan menawarkan Bitcoin sebagai pengganti mata uang kertas.

Di antara negara-negara di dunia, Swedia telah membuat beberapa langkah paling penting untuk menjadi masyarakat tanpa uang tunai. Toko-toko tertentu menolak untuk menerima uang keras dan banyak cabang bank tidak lagi menangani uang tunai.

Pemerintah Swedia sebelumnya telah memberi sinyal tentang ketertarikannya pada teknologi Blockchain. Pada tahun 2016, salah satu agensi di Swedia berkolaborasi dengan beberapa mitra sektor swasta untuk mengembangkan sebuah konsep untuk sebuah platform berbasis Blockchain.

Kabar menakjubkan lainnya adalah Harga Bitcoin dalam minggu-minggu ini meroket tajam. Saat artikel ini dibuat harga Bitcoin telah mencapai nilai sekitar Rp 73 juta, menurut data dari Bitcoin Indonesia (Bitcoin.co.id). Dengan demikian, prediksi bahwa Bitcoin sebagai mata uang masa depan tidak bisa dipungkiri seiring permintaannya yang semakin meningkat.

Source: ethnews.com, businessinsider.com

Written by : Dita Safitri

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Biaya CT Scan di Rumah Sakit Terlengkap

JAKARTA, duniafintech.com – Besaran biaya CT scan di rumah sakit memang variatif bervariasi, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adapun faktor-faktor itu terdiri dari rumah sakit,...

Nilai Syariah P2P Lending Syariah, Adil dan Transparan

JAKARTA, duniafintech.com – Nilai syariah dalam P2P lending syariah ada apa saja? Benarkah P2P lending syariah halal? Mari kita kupas tuntas nilai syariah yang...

Pengamat Prediksi Bitcoin Akan Kembali Sentuh Level Tertinggi, Tapi Butuh Waktu Lama

JAKARTA, duniafintech.com - Pembawa acara keuangan “Mad Money”, Jim Cramer dalam acaranya menjelaskan prediksi Bitcoin dapat mengalami reli selama beberapa bulan ke depan, meskipun...

Civic Turbo Baru dan Bekas 2022, Segini Harganya

JAKARTA, duniafintech.com – Civic Turbo adalah jenis mobil dengan performa “gahar” dan hal itu sekaligus menjadi pesona alias daya tariknya. Mobil ini memang menjadi incaran...

Afrika Tengah Adopsi Bitcoin Jadi Mata Uang Resmi, Ternyata Ini yang Jadi Alasannya

JAKARTA, duniafintech.com - Adopsi Bitcoin oleh Republik Afrika Tengah (CAR) jadi mata uang resmi ukup mengejutkan dan membingungkan dunia kripto. Hal itu karena masih...
LANGUAGE