25.6 C
Jakarta
Kamis, 26 Mei, 2022

Sempat Jadi Topik Hangat di Twitter, Kaesang Beli Saham Rp100 M, Apa Saja Bisnisnya?

JAKARTA, duniafintech.com – Sosok Kaesang Pangarep selalu menjadi sorotan di Indonesia. Bahkan, belum lama ini tagar #DarimanaDuitKaesang sempat menjadi trending topic di Twitter.

Sebelumnya, pada awal November lalu, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu diketahui telah membeli saham emiten pengolahan makanan beku berbasis udang, yaitu PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) sebanyak 8% melalui perusahaannya, GK Hebat, senilai Rp92 miliar.

Meski hanya 8% dan nilainya kurang dari Rp100 miliar, tetapi angka itu lumayan besar untuk anak muda sekelas Kaesang yang baru berusia 26 tahun. Akibanya, banyak yang bertanya, dari mana semua uang Kaesang berasal dan apa saja bisnisnya.

Sebagai informasi, Kaesang sendiri sejak usia muda sudah menjadi content creator, pebisnis, sampai investor saham. Ditambah degan pamor sebagai “anak presiden”, hal itu dimanfaatkan oleh Kaesang dengan baik untuk memproduksi konten dan memperdagangkan bisnisnya.

Setidaknya, Kaesang punya beberapa bisnis yang bergerak di sektor makanan dan minuman (F&B) hingga fashion. Inilah daftarnya, sebagaimana dilangsir dari CNBC Indonesia, Kamis (16/12).

  1. Sang Pisang

Ini merupakan bisnis yang paling besar dimiliki oleh Kaesang, yang kini sudah tersebar di 25 kota dengan lebih dari 73 outlet. Saat ini, bisnis olahan pisang tersebut sudah memiliki 1.500 orang karyawan.

  1. Hompimpa Gamers

Berikutnya ada Hompimpa Gamers. Ini adalah bisnis hiburan yang menjual berbagai macam produk board game dengan merk Hompimpa Games yang membawa pesan toleransi dan mengedepankan budaya nusantara.

  1. Sang Javas

Merek clothing line ini unik karena punya gambar kecebong pada desain kaosnya. Bahkan, ketika kali pertama diluncurkan, merek ini berhasil menarik perhatian netizen.

Kaesang Pangarep mengatakan, gambar kecebong ini layaknya potongan komik pada bagian depan kaus terinspirasi dari perilaku masyarakat di media sosial.

Di Indonesia, Cebong adalah panggilan untuk pendukung berat Jokowi sewaktu pemilihan presiden tahun 2014.

  1. Ternakopi

Selanjutnya, Kaesang pun merintis bisnis minuman olahan kopi dengan nama Ternakopi. Bisnis tersebut ia jalankan bersama dengan sang kakak pertamanya, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

  1. Madhang

Aplikasi Madhang ini dibuat untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi yang diluncurkan oleh Kaesang ini juga berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

  1. Siap Mas

Brand Siap Mas ini juga merupakan usaha Kaesang di bidang kuliner. Usaha yang satu ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

  1. Mangkok Ku

Menggandeng chef ternama, Arnold Poernomo, dan sang kakak, Gibran, Kaesang juga membuka bisnis restoran bernama Mangkok Ku.

Setelah sang kakak terjun ke dunia politik, bisnis yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat itu kini diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

  1. Chili Pari

Ini juga bisnis Gibran lainnya yang diserahkan ke Kaesang Pangarep. Chili Pari adalah sebuah merupakan usaha katering yang didirikan sejak Desember 2010.

  1. Markobar

Aneka martabak bisa ditemukan di Markobar, bisnis kuliner lainnya dari kakak beradik putra Presiden Jokowi. Di samping makanan, bisnis Gibran yang diserahkan ke Kaesang Pangarep ini pun mencakup bisnis di bidang reparasi produk Apple dengan nama Icolor dengan konsep jemput bola.

Gibran sendiri juga punya bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual melalui online di sejumlah aplikasi belanja online.

  1. Goola

Ini adalah startup yang menjual minuman, yang pada mulanya milik Gibran. Kini, bisnis tersebut diserahkan kepada Kaesang Pangarep.

Bisnis ini menawarkan produk minuman tradisional khas Indonesia, seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Waspada! Perusahaan Jual Beli Kripto Ini Ilegal, Binance Juga Tak Berizin 

JAKARTA, duniafintech.com - Masyarakat mesti waspada, terbaru, ada perusahaan jual beli Kripto di Indonesia yang ilegal alias tak berizin.  Investasi uang kripto saat ini menjadi...

Kasusnya Diusut, Polisi Sebut Ada Karyawan Terraform yang Diduga Gelapkan Dana Perusahaan

JAKARTA, duniafintech.com - Unit Investigasi Kejahatan Dunia Maya Badan Kepolisian Metropolitan Seoul mengumumkan pada Senin, bahwa mereka telah meluncurkan penyelidikan atas kemungkinan penggelapan oleh...

Nilai Kripto Sedang Lesu, Ukraina Putar Otak Cari Dana Perang

JAKARTA, duniafintech.com - Ukraina berencana terus memanfaatkan investor kripto untuk membantu mengumpulkan dana. Meskipun kondisi anjloknya mata uang virtual ini sempat mengganggu upaya penggalangan...

Pemerintah Bakal Audit Semua Perusahaan Kelapa Sawit, Ternyata Ini Penyebabnya

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, pemerintah nantinya akan melakukan audit terhadap semua perusahaan yang mengelola hasil...

Bolehkan ASN Investasi Kripto? Jawaban Perencana Keuangan Ini Bijak Banget

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi kripto kini tengah menjadi salah satu instrumen investasi yang digandrungi masyarakat, tak terkecuali ASN atau aparatur sipil negara.  Namun apakah ASN...
LANGUAGE