33.9 C
Jakarta
Sabtu, 2 Juli, 2022

Kamu Karyawan yang Ingin Asuransi, Yuk Ikuti 3 Tips Berikut Ini

Dalam pekerjaan, ada banyak risiko kerja yang bisa saja terjadi. Karena itulah, para karyawan memerlukan proteksi dari asuransi yang akan menjamin finansialnya apabila terjadi hal yang tak diinginkan. Di samping itu pihak perusahaan pun juga harus menyediakan asuransi kesehatan karyawan ini.

Dengan proteksi dari asuransi kesehatan karyawan, maka para pekerja akan lebih terlindungi finansialnya jika suatu waktu terjadi hal-hal yang berisiko. Karyawan tidak lagi perlu mencari biaya perawatan atau pengobatan karena telah ditanggung oleh asuransi.

Asuransi karyawan ini tidak hanya menanggung biaya berobat karena penyakit, tetapi juga melindungi finansial karyawan yang membutuhkan biaya berobat yang diakibatkan oleh kecelakaan saat berangkat, di tempat kerja, maupun saat pulang dari tempat kerja.  

Baca Juga : Asuransi dari Cigna Indonesia Melindungi Kesehatan Nasabah Sejak 1990

Baca Juga : Aplikasi BPJSTKU, Cek Saldo dan Claim Asuransi Jaminan Hari Tua

Perlindungan yang lengkap tersebut, tentu tidak tersedia pada semua perusahaan asuransi. Di Indonesia hanya ada beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan manfaat secara maksimal. Dalam hal ini, karyawan maupun perusahaan harus benar-benar mencari tahu perusahaan apa saja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bersama.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan

Nah, jadi apa saja sih yang harus dilakukan oleh oleh perusahaan atau karyawan saat akan memilih produk asuransi karyawan ini? Berikut ini ada tips-tips dalam memilih asuransi karyawan yang tepat sasaran. Silakan disimak, ya!

1. Perusahaan asuransi tersebut beroperasi di bawah OJK

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau karyawan adalah perusahaan asuransi tersebut beroperasi secara resmi atau legal, alias terdaftar izin usahanya di Otoritas Jasa Keuangan. Di Indonesia, ada banyak sekali perusahaan asuransi yang menawarkan beragam produk asuransi dengan segudang keunggulan.

Untuk mencari yang terbaik, hal pertama yang harus diketahui adalah apakah perusahaan tersebut telah beroperasi secara resmi. Perusahaan asuransi harus memiliki kredibilitas yang baik, dan sebagai calon nasabah, kamu juga harus mempelajari masing-masing polis yang ditawarkan.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara melihat suatu perusahaan telah terdaftar dan mendapat izin dari OJK? Sangat gampang, kok! Kamu dapat melihatnya di situs website resmi perusahaan tersebut. Biasanya, perusahaan asuransi akan menampilkan nomor registrasi usahanya di halaman websitenya.

Namun, jika kamu merasa hal itu belum meyakinkan, kamu juga dapat melihatnya di situs resmi Otoritas Jasa Keuangan secara langsung. Di sana kamu akan menemukan banyak perusahaan asuransi legal dan dapat membandingkan mana yang paling kamu butuhkan.

2. Perusahaan asuransi memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Hal kedua yang harus kamu perhatikan sebagai calon nasabah asuransi adalah memastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Semakin banyak rumah sakit yang telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut, maka semakin mudah pula kamu mendapat manfaat pertanggungannya.

Sebab, akan sangat percuma jika kamu memilih asuransi yang menawarkan berjuta manfaat, tetapi hanya punya jaringan rumah sakit yang sangat sedikit, yang bahkan tidak ada di wilayah kamu tinggal. Dengan memiliki jaringan rumah sakit yang luas, secara tak langsung perusahaan asuransi juga memberikan proteksi yang sangat baik kepada nasabahnya.

3. Perusahaan asuransi menyediakan berbagai macam produk asuransi

Salah satu kriteria perusahaan asuransi yang bagus tentunya mempunyai berbagai macam produk asuransi untuk memenuhi segala kebutuhan nasabahnya. Nah, dengan begitu, nasabah jadi punya berbagai macam pilihan yang dibutuhkannya.

Pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan produk pertanggungan tidak hanya kepada nasabahnya, tetapi juga kepada anggota keluarganya, yaitu istri dan anak.

Beli Asuransi Karyawan di Marketplace Asuransi Secara Online

Salah satu cara paling simpel dan sesuai pada saat ini, yaitu membeli asuransi karyawan melalui broker asuransi online atau marketplace online. Saat ini, ada cukup banyak broker asuransi yang menawarkan berbagai macam produk asuransi secara online, lho.

Beberapa di antaranya adalah Lifepal, Qoala, Raja Premi, dan masih banyak lagi. Melalui website resmi marketplace mereka, kamu dapat memilih dan mencari tahu langsung asuransi mana yang cocok di sana.

Bahkan, kamu juga dapat membandingkan manfaat masing-masing produk, premi, dan lainnya. Marketplace asuransi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menelisik satu per satu produk asuransi yang sesuai kebutuhan. Di samping itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan tim atau pihak marketplace untuk membantu kamu menentukan asuransi karyawan yang tepat.

Penulis : Kontributor

Editor : Gemal A.N. Panggabean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Luncurkan Fitur Baru, Aplikasi Anak Bangsa Ini Mudahkan Bikin NFT Kurang dari Satu Menit

JAKARTA, duniafintech.com - Aplikasi Media Sosial karya anak bangsa, Woilo meluncurkan fitur 'NFT Woilo'. Dengan fitur baru tersebut, Aplikasi asal Surabaya, Jawa Timur itu...

Tak Konsisten, Rusia Batalkan Rencana Pembayaran Ekspor Minyak Pakai Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah Rusia membatalkan rencana sebelumnya untuk menerima pembayaran Bitcoin untuk ekspor minyak. Kementerian keuangan negara itu menganggap bitcoin sebagai opsi pembayaran...

Dijuluki Ratu Kripto, Ternyata Perempuan Ini Tipu Investor Sampai Rp60 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - FBI menambahkan Dr. Ruja Ignatova, yang memproklamirkan diri sebagai 'Cryptoqueen' atau ratu kripto ke dalam daftar Sepuluh buronan Paling Dicari. Bahkan lembaga...

Menyasar Timur Indonesia, Pemerintah Tambah Kuota Ekspor Produsen Minyak Goreng 

JAKARTA, duniafintech.com - Pemerintah akan memberikan insentif berupa penambahan kuota ekspor bahan baku minyak goreng bagi produsen yang memasok minyak goreng ke wilayah Indonesia...

Asuransi Mobil Bekas, Segini Besaran Preminya

JAKARTA, duniafintech.com – Kehadiran asuransi mobil bekas tentunya akan memberikan proteksi sekaligus kenyamanan bagi pemilik kendaraan. Bukan hanya untuk mobil baru, asuransi mobil memang sangat...
LANGUAGE