27.6 C
Jakarta
Jumat, 19 April, 2024

Ulasan Lengkap Kartu Kredit Citibank, dari Jenis hingga Limitnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu Kredit Citibank adalah salah satu produk perbankan lumayan populer di masyarakat. Citibank sendiri punya berbagai jenis kartu kredit dengan keunggulan dan fitur sesuai kebutuhan nasabah.

Uniknya, produk ini dapat dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA). Nah, apa saja ya jenis dan limitnya? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini.

Jenis Kartu Kredit Citibank

  1. Kartu kredit Citi Rewards

Citi Rewards adalah salah satu jenis credit card dari Citibank yang bisa mengumpulkan poin lebih banyak setelah melakukan transaksi. Adapun welcome gift yang diberikan kepada pengguna baru bernilai hingga Rp1 juta.

Untuk iuran tahunan pemegang kartu kredit ini senilai Rp400.000 dan bagi pengguna kartu tambahan, iuran tahunan yang perlu dibayarkan Rp200.000. Kalau kartunya hilang atau rusak maka pemilik wajib membayar biaya ganti sebesar Rp50.000 per kartu.

Adapun permohonan kepemilikan kartu kredit Citi Rewards dapat diajukan jika pemohon berusia minimal 21 tahun ke atas. Untuk minimum pendapatan per bulan yang dimiliki pemohon, yakni Rp5 juta.

  1. Kartu Kredit Citi PremierMiles

Citi PremierMiles didesain untuk nasabah yang sering melakukan bepergian untuk urusan bisnis ataupun traveling. Pengguna baru Citi PremierMiles bisa mendapatkan cashback senilai Rp1 juta jika memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Kartu kredit yang satu ini berstatus no expiry alias berlaku selamanya sehingga bisa digunakan kapan pun.

Iuran tahunan untuk pemegang kartu kredit ini senilai Rp1 juta, sedangkan bagi pengguna kartu tambahan akan dikenakan iuran tahunan senilai Rp500.000. Biaya penggantian jika kartu ini hilang atau rusak senilai Rp50.000 per kartu.

Untuk pemohon harus berusia 21 tahun ke atas ketika mengajukan permohonan kepemilikan kartu Citi PremierMiles. Di samping itu, pendapatan pemohon perlu memenuhi persyaratan Citibank, yaitu minimum Rp20 juta per bulan.

  1. Kartu kredit Citi Cash Back Platinum

Sebagaimana namanya, Citi Cash Back merupakan jenis kartu kredit Citibank yang didesain khusus untuk memberikan keuntungan berupa cashback dalam setiap transaksi. Cashback yang didapatkan ini diklaim berlaku selamanya dan bisa ditukarkan kapan saja.

Apabila kartu hilang atau rusak maka pemilik kartu Citi Cash Back bakal dikenakan biaya penggantian sebesar Rp50.000 per kartu. Di lain sisi, setiap tahunnya, pengguna kartu kredit ini juga wajib membayar iuran sebesar Rp400.000 (kartu utama) dan Rp200.000 (kartu tambahan).

Minimal pendapatan per bulan untuk mendapatkan kartu ini adalah Rp12 juta. Usia yang diperbolehkan untuk menggunakan kartu kredit ini adalah 21 tahun ke atas.

  1. Kartu kredit Citi Simplicity+

Citi Simplicity+ merupakan jenis kartu kredit yang bebas biaya. Citibank sendiri mengklaim, pengguna Citi Simplicity bisa lebih berhemat dengan membayar tagihan. Kartu ini menggunakan sistem jaringan pembayaran Mastercard.

Untuk limit transaksinya senilai Rp10 juta. Penggunanya diwajibkan untuk membayar iuran tahunan sebesar Rp350.000 (kartu utama) dan Rp150.000 (kartu tambahan). Apabila kartu kredit rusak atau hilang maka pemilik akan dikenakan biaya penggantian sejumlah Rp50.000 per kartu.

Bagi pemohon yang ingin memiliki kartu kredit Citi Simplicity+ wajib memiliki pendapatan minimal Rp5 juta per bulan. Usia yang diperbolehkan Citibank untuk menggunakan kartu ini adalah 21 tahun ke atas.

Baca juga: Hindari Risiko Gagal Bayar, Fintech Kredit Pintar Gandeng FWD Insurance

  1. Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi

Citibank bekerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia untuk menerbitkan kartu Garuda Indonesia Citi. Jenis kartu kredit ini menggunakan sistem jaringan pembayaran Mastercard yang bisa digunakan untuk transaksi di dalam maupun luar negeri.Iuran untuk pemegang kartu kredit utama Garuda Indonesia Citi adalah Rp800.00 per tahun. Pengguna kartu tambahan dikenakan iuran tahunan senilai Rp400.000. Untuk penggantian kartu yang rusak atau hilang, pemilik kartu perlu membayar Rp50.000 per kartu.

Pengajuan kepemilikan Garuda Indonesia Citi bisa dilakukan jika pemohon mempunyai pendapatan minimal 12 juta per bulan. Citibank mensyaratkan pengguna kartu kredit ini wajib berusia 21 tahun ke atas.

  1. Kartu kredit Citi Telkomsel

Pengguna kartu Citi Telkomsel bisa melakukan transaksi di dalam atau luar negeri yang masuk dalam sistem jaringan pembayaran Visa. Untuk biaya penggantian kartu kredit Citi Telkomsel dari Citibank jika hilang atau rusak adalah Rp50.000 per kartu.

Adapun iuran tahunan yang perlu dibayarkan oleh pemegang kartu utama, yakni Rp400.000, sementra bagi pengguna kartu tambahan Rp200.000. Bagi pemohon yang ingin mengajukan kepemilikan Citi Telkomsel setidaknya telah berusia 21 tahun ke atas. Minimal pendapatan yang dimiliki per bulan adalah Rp5 juta.

  1. Kartu kredit Citi Prestige

Citi Prestige termasuk dalam jenis credit card Citibank yang ditujukan untuk nasabah prioritas dengan pendapatan yang tinggi. Produk ini menggunakan sistem jaringan pembayaran Mastercard dan menyediakan welcome gift senilai 150.000 Citi Points.

Iuran tahunan untuk pemegang kartu utamanya adalah Rp3,5 juta, sedangkan untuk pengguna kartu tambahan iurannya adalah Rp1,5 juta. Apabila kartu rusak atau hilang maka pemilik kartu perlu membayar biaya penggantian sebesar Rp50.000 per kartu.

Untuk permohonan kepemilikan Citi Prestige bisa diajukan baik oleh WNI maupun WNA. Adapun persyaratan yang perlu dipenuhi, antara lain, pendapatan minimal Rp500 juta per tahun, kartu tanda pengenal, dan NPWP.

Layanan Kartu Kredit Citibank

  1. Citibank World Privileges

Layanan Citibank World Privileges memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai tawaran promo credit card dari Citibank di berbagai merchant, mulai dari restoran, pusat perbelanjaan, hotel, maskapai, dan lain-lain.

  1. Citibank 1Bill

Layanan 1Bill adalah fitur tagihan rutin dari kartu kredit Citibank yang dikeluarkan setiap bulan melalui kartu kredit Citi. Fungsinya untuk mempermudah proses pembayaran supaya semakin gampang serta praktis. Anda pun bisa memperoleh laporan pembayaran secara online lewat layanan 1Bill.

  1. Citi Quick Cash

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan suntikan dana dengan cepat dan mudah. Di samping itu, Anda pun bisa mencicil dana tersebut hingga masa tenor 3 tahun atau 36 bulan.

  1. Citi PayLite

Layanan yang satu ini akan membantu Anda untuk mengubah tagihan menjadi cicilan bulanan yang dapat diatur pembayarannya sesuai dengan kebutuhan dan masa tenor yang diinginkan.

  1. Citibank Credit Shield Plus

Layanan ini bisa memberikan perlindungan untuk pelunasan tagihan kartu kredit Anda saat terjadi keadaan darurat. Citibank bakal memberikan perlindungan terhadap pelunasan tagihan jika Anda atau keluarga mengalami penyakit kritis, meninggal dunia, atau cacat total.

  1. Citibank Isi Pulsa

Layanan isi pulsa ini memudahkan Anda untuk melakukan isi ulang pulsa prabayar hingga ke 5 nomor sekaligus.

  1. Citi Alert

Layanan ini membuat Anda bisa memantau semua transaksi kartu kredit melalui notifikasi instan yang dikirimkan lewat email maupun SMS.

  1. Citibank Online

Citibank Online sendiri adalah layanan yang akan memudahkan Anda dalam mendapatkan informasi dan juga transaksi melalui internet kapan dan di mana saja.

  1. Citi Mobile App

Layanan ini memudahkan Anda untuk mengatur kendali keuangan melalui Citi Mobile App. Melalui fitur ini, Anda bisa melakukan berbagai transaksi dengan lebih mudah dan cepat, mulai dari transfer dana, cek saldo, info promo, dan informasi lainnya. Untuk memberikan keamanan ekstra, layanan ini pun dilengkapi dengan One Time PIN yang bakal membuat transaksi semakin aman.

Baca juga: Ekonomi Membaik, Restrukturisasi Kredit BNI Turun Jadi Rp69,6 Triliun

Limit Credit Card dari Citibank

Setiap credit card yang diterbitkan oleh Citibank tentu saja punya nilai limit yang berbeda-beda, bergantung kepada pilihan nasabah dalam memilih jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh Citibank. Inilah rincian limit kartu kreditnya:

  1. Citi Rewards: Rp2.000.0000—100.000.0000
  2. Citi PremierMiles: N/A
  3. Citi Cash Back Platinum: Rp2.000.0000—100.000.0000
  4. Citi Simplicity+: N/A
  5. Garuda Indonesia Citi: Rp9.000.0000—100.000.0000
  6. Citi Telkomsel: Rp8.000.000—Rp100.000.000
  7. Citi Prestige: Rp15.000.000—Rp500.000.000

Cara Aktivasi Kartu Kredit

  1. Aktivasi Kartu Kredit via SMS Banking

Cara mengaktifkan credit card dari Citibank melalui SMS bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan mengirimkan SMS (ketik) AKT (spasi) empat digit nomor terakhir pada kartu kredit Anda, lalu kirim SMS tersebut ke 69999.

Setelah itu, nantinya Anda akan mendapatkan SMS balasan yang menyatakan bahwa kartu kredit Anda sudah aktif dan bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi.

  1. Aktivasi lewat Citiphone atau Call Center

Cara lainnya adalah melalui Citiphone. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah karena Anda cukup memanggil Call Center Citibank pada 69999. Setelah itu, Anda akan terhubung dengan layanan Citiphone dan Anda akan diberikan beberapa pertanyaan untuk validasi data-data diri.

  1. Aktivasi Kartu Kredit Citibank Via Citibank Online

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Login ke laman Citibank.co.id. Anda bisa memasukkan user ID dan password. Namun, jika Anda belum punya User maka Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu pada laman utama Citibank Online.
  • Pilih Menu “Rekening Kartu Kredit” pada bagian akhir laman website Citibank Online.
  • Setelah memilih menu di atas, Anda bisa langsung pilih “aktifkan kartu kamu” yang tertera pada laman Citibank Online.
  • Pilih nomor kartu kredit yang akan Anda aktifkan. Biasanya, jika satu nasabah memiliki beberapa kartu kredit maka akan tertera nomor-nomor kartu kredit yang dimiliki. Pilihlah nomor kartu kredit yang akan Anda gunakan dan belum diaktifkan.
  • Pilih “activate” pada menu sebelah kanan bagian bawah, kemudian agree atau setujui dan selesaikan proses aktivasi kartu kredit Anda.

Baca juga: Hingga Kuartal I-2022 BNI Berhasil Salurkan Kredit Rp591,68 Triliun

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE