32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Tumbuh 70%, Puncak Arus Balik di Bandara AP I Capai 194.519 Penumpang

JAKARTA, duniafintech.com – PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat telah melayani sebanyak 194.519 penumpang pesawat udara di 15 bandara kelolaannya pada puncak arus balik lebaran di hari Minggu, 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran.

Jika dibandingkan dengan catatan pada tahun 2021 lalu, di mana jumlah penumpang yang terlayani sebanyak 114.388, maka terdapat pertumbuhan jumlah penumpang pada puncak arus balik libur lebaran tahun 2022 sebesar 70%.

Direktur Utama PT AP I, Faik Fahmi menjelaskan, hal yang sama juga turut terjadi pada jumlah pergerakan pesawat udara, di mana arus balik libur lebaran 2022, tercatat sebanyak 1.413 pergerakan pesawat udara di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I.

Baca juga: Pengusaha yang Tak Bayar Upah Lembur Lebaran Terancam Penjara

Dengan begitu, terdapat pertumbuhan sebesar 25,9% jika dibandingkan dengan catatan di tahun 2021, di mana terdapat sebanyak 1.122 pergerakan pesawat terlayani.

“Sesuai prediksi kami, puncak arus balik libur Lebaran terjadi pada tanggal 8 Mei kemarin, atau H+5 Lebaran. Untuk trafik pesawat dan penumpang di 15 bandara kami cukup padat, yaitu mencapai 1.413 pergerakan pesawat udara dan 194.519 penumpang,” katanya dalam keterangannya, Selasa (10/5).

Dia mengatakan, pada arus balik, operasional bandara berjalan lancar, nyaman, dan kondusif. Hal ini dapat tercapai berkat koordinasi seluruh stakeholder di 15 bandara, seluruh personel yang sigap dan cakap dalam melayani penumpang, serta alur penanganan penumpang dan pesawat udara yang berjalan secara baik dan optimal.

“Untuk menjamin kelancaran operasional, kami juga telah melakukan penyesuaian jam operasional di beberapa bandara dengan penambahan jam operasional,” ujarnya.

Penambahan jam operasional tersebut dilakukan di Bandara Juanda, Bandara SAMS Sepinggan, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Ahmad Yani, dan Bandara Syamsudin Noor.

Bahkan dua bandara lain, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin dan Bandara I Gusti Ngurah Rai beroperasi penuh selama 24 jam untuk mengantisipasi lonjakan trafik arus balik.

“Dari data, diketahui bahwa bandara-bandara tersebut yang menangani trafik tertinggi pada puncak arus balik kemarin,” ucapnya.

Dikutip dari data AP I, Bandara Juanda Surabaya tercatat melayani jumlah penumpang tertinggi arus balik di tanggal 8 Mei, yaitu mencapai 45.414 penumpang, disusul Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 39.173 penumpang, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 37.063 penumpang.

Baca juga: Puncak Arus Balik Lebaran, BPH Migas Pastikan Stok BBM Aman Terkendali

Dengan jumlah 278 pergerakan pesawat yang terlayani pada tanggal 8 Mei 2022 menjadikan Bandara Juanda Surabaya sebagai bandara tersibuk di antara 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I pada puncak arus balik, disusul oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, masing-masing dengan 270 dan 257 pergerakan pesawat.

“Dapat kami sampaikan pula bahwa jumlah penumpang yang terlayani pada puncak arus balik lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah penumpang pada puncak arus mudik pada H-3 Lebaran atau pada tanggal 29 April lalu,” tambahnya.

Adapun, untuk arus balik mencapai 194.519 penumpang, berbanding angka puncak arus mudik yang sejumlah 174.979 penumpang. Lebih tinggi jumlah penumpang pada puncak arus balik sebesar 11%.

Sementara itu, pada puncak arus balik terdapat 100 penerbangan extra flight yang terealisasi dari 96 permohonan extra flight yang diajukan oleh maskapai.

Jumlah realisasi extra flight yang lebih tinggi daripada jumlah pengajuan tersebut menunjukkan tingginya permintaan dari masyarakat akan moda transportasi udara pada arus balik Lebaran.

Bandara Juanda Surabaya dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani jumlah extra flight terbanyak, yaitu masing-masing 27 dan 23 penerbangan.

Sedangkan untuk tingkat ketepatan waktu atau on time performance (OTP), rata-rata OTP di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I pada arus balik Lebaran mencapai 67,72%, atau melampaui rata-rata OTP harian pelaksanaan posko angkutan udara Lebaran tahun 2022 yang mencapai 67,5%.

Baca juga: Luhut Minta Pekerja WFH Usai Lebaran Dengan Alasan Covid-19, Respons Pengusaha Begini

 

Penulis: Nanda Aria

Editor: Rahmat Fitranto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE