29 C
Jakarta
Kamis, 23 Mei, 2024

Kartu Kredit Mandiri: Syarat, Cara Membuat, dan Besaran Bunga

Bagaimana cara pengajuan kartu kredit Mandiri online? Di bawah ini akan diulas mengenai pengajuan credit card online, khususnya dari Bank Mandiri.

Kartu kredit Mandiri merupakan salah satu produk yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Karena Bank Mandiri memberikan banyak keuntungan bagi nasabah kartu kredit. 

Sekilas tentang Bank Mandiri yang merupakan salah satu bank BUMN terbesar tanah air dengan pengajuan kartu kredit yang sangat mudah. Hanya dengan melengkapi beberapa syarat dan meluangkan waktu untuk melakukan langkah yang diperlukan, maka Anda dapat langsung menggunakan layanan kartu kredit tersebut. 

Untuk membuat kartu kredit dari salah satu Bank BUMN terbesar tanah air satu ini terbilang sangat mudah. Selain harus mendatangi Kantor Cabang Mandiri terdekat atau secara Offline, bisa juga secara online tanpa harus datang langsung dan bisa sambil rebahan. Karena pengajuan kartu kredit dapat dilakukan di rumah melalui website resmi mereka.

Selain untuk pembayaran e-commerce maupun merchant yang bekerja sama dengan pihak Bank Mandiri. Kartu kredit ini juga bisa digunakan untuk tarik tunai di ATM atau gestun (gesek tunai). Pihak Bank Mandiri memberikan batasan limit atau limit kredit dari kartu kredit kepada nasabahnya juga berbeda-beda sesuai dengan jenis kartu yang Anda pilih.

Menariknya adalah setiap nasabah mandiri yang mempunyai kartu kredit dapat melakukan pelunasan di bank dengan cara cicilan. Tenor pembayaran yang disediakan oleh pihak Bank Mandiri juga relatif panjang, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan maksimal 12 tahun.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit Mandiri Online

Syarat umum yang biasanya digunakan oleh pihak Bank untuk menilai kelayakan calon pemegang kartu kredit, antara lain:

  • Berusia 21 tahun atau lebih dan memiliki buku tabungan mandiri.
  • Menyiapkan identitas diri (asli dan fotokopinya) dan memiliki NPWP.
  • Mengisi formulir pengajuan kartu kredit yang disediakan pihak Bank Mandiri (bagi nasabah yang memiliki buku tabungan).

Namun, apakah bisa mengajukan kartu kredit Mandiri tanpa adanya buku tabungan mandiri? Tentu saja bisa, meskipun demikian kamu harus dapat melengkapi persyaratannya lebih dulu. Berikut ini adalah syarat pengajuan non dokumen, antara lain:

  • Usia 21 tahun atau lebih.
  • Memiliki KTP/PASPOR/SIM/KITAS. 
  • Memiliki penghasilan bulanan minimal Rp3 juta.
  • Menyertakan slip gaji 3 bulan terakhir dan NPWP (bila ada).

Setelah syarat pengajuan sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda dapat melakukan pengajuan kartu kredit mandiri online.

Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Online

Kini, pengajuan kartu kredit perbankan bisa Anda lakukan secara online melalui website resmi mereka, termasuk Bank Mandiri. Dalam website resmi tersebut tersedia berbagai macam jenis kartu yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabahnya dan juga penawaran menarik lainnya.

Berikut ini adalah cara membuat kartu kredit online bank mandiri, yaitu:

  • Buka mobile browser Anda, baik itu Chrome maupun Safari. Sebab, jika membukanya melalui desktop browser tidak akan tersedia untuk kamu yang ingin Apply Kartu Kredit.
  • Setelah itu, kunjungi situs resmi bank mandiri di https://www.mandirikartukredit.com/  
  • Kemudian, muncul tampilan depan dari halaman tersebut yang isinya adalah berbagai pilihan jenis kartu kredit dari bank mandiri hingga perbandingan kartu yang akan kamu pilih nantinya.
  • Adapun jenis produk kartu kredit yang ditawarkan adalah Kartu Kredit Travel, Kartu Kredit Automotive, Kartu Kredit Lifestyle, Mandiri Golf Card, Corporate Card, dan Mandiri World Elite Card.
  • Setelah memilih jenis produk kartu kredit, selanjutnya adalah mengisi formulir data diri lengkap dan sesuai dengan yang ada pada situs resmi bank mandiri.
  • Setelah itu, nanti Anda akan diarahkan untuk mengisi data pekerjaan serta nomor handphone dan email yang masih aktif digunakan.
  • Lalu, Anda akan diarahkan kembali untuk mengisi info dan kontak keluarga serta alamat pengiriman secara lengkap dan valid.
  • Setelah semuanya sudah terisi, maka langkah selanjutnya adalah proses verifikasi data melalui SMS dan tanda tangan digital.
  • Terakhir adalah memverifikasi data dengan membuka link login PrivyID yang dikirimkan melalui SMS berikut username dan password di dalamnya untuk menandatangani dokumen pengajuan.

Setelah semuanya diproses oleh pihak Bank Mandiri, maka kartu kredit yang telah Anda pilih akan dikirimkan dalam waktu 2 hari hingga 7 hari kerja. 

Biaya dan Bunga 

Mengenai biaya dan suku bunga dari bank Mandiri pada kartu kreditnya sesuai dengan jenis kartu kredit yang telah kamu pilih. Namun, pada umumnya suku bunga yang dikenakan oleh pengguna kartu kredit bank mandiri biasanya sebesar 1,75% hingga 2,25%. Sementara biaya cash advance atau biaya tarik tunai yang dibebankan kepada pemegang kartu sebesar 4% hingga 6% per bulannya. 

Untuk biaya membership disesuaikan berdasarkan jenis kartu berupa kartu utama dan kartu tambahan dengan tingkatan berbeda. Biasanya, bunga dari pembelanjaan dan tarik tunai di ATM sebesar 2,95%, serta biaya administrasi untuk penarikan tunai di ATM sebesar Rp7 ribu per transaksi. 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU