27.8 C
Jakarta
Senin, 30 Januari, 2023

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini.

Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli produk asuransi adalah dengan mengetahui kerugian yang mungkin dialami, termasuk di perusahaan Prudential. 

Adapun keuntungan utama membeli asuransi, yakni dapat memproteksi finansial dari risiko-risiko yang mungkin muncul di masa depan. Dengan demikian, kamu tidak perlu pusing memikirkan hal ini lantaran risiko itu akan di-cover oleh pihak asuransi.

Akan tetapi, di balik manfaat asuransi yang besar, juga ada kerugian yang mungkin akan dialami, misalnya memperoleh manfaat yang tidak sesuai dengan perjanjian polis, sulitnya melakukan klaim asuransi, padahal telah memenuhi syarat, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui kerugiannya, simak ulasan berikut ini, seperti dirangkum dari Lifepal

Baca juga: Cek Polis Prudential dengan 6 Cara Ini, Mudah Lho!

Produk Asuransi Prudential

Produk unggulan asuransi Prudential saat ini berupa asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan sebagai rider (manfaat). Inilah penjabarannya.

  1. PRULink Generasi Baru

Manfaat:

  • Uang pertanggungan minimal Rp200 juta dan ada tambahan 100 persen dari UP jika tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun
  • Tambahan investasi sebesar 5% dari premi berkala untuk 10 tahun pertama dan 10 persen untuk tahun berikutnya
  • Ada banyak manfaat rider yang bisa dipilih
  • Bebas memilih jenis investasi
  1. PRULink Capital Account

Manfaat: 

  • Mendapat santunan meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit
  • Santunan jika mengalami penyakit yang tergolong dalam 34 penyakit kritis
  • Pertanggungan hingga usia 99 tahun
  • Ada 7 pilihan dana investasi
  1. PRULink Investor Account

Manfaat: 

  • Manfaat santunan untuk risiko meninggal dunia sebesar 125 persen dari premi tunggal
  • Uang pertanggungan yang didapat hingga Rp25 miliar jika tertanggung cacat tetap total dan tetap
  • Ada pilihan syariah
  • Ada banyak pilihan investasi
  1. PRULink Assurance Account

Manfaat: 

  • Ada santunan meninggal dunia dan cacat tetap serta manfaat investasi
  • Pertanggungan hingga usia 99 tahun
  • Ada pilihan asuransi syariah
  • Ada fasilitas withdrawal
  • Premi minimal Rp400 ribu per bulan
  1. PRUMy Child

Manfaat: 

  • Asuransi jiwa yang memberikan pertanggungan khusus untuk ibu dan calon bayi selama kehamilan
  • Manfaat kelainan bawaan anak
  • Manfaat komplikasi pada ibu saat kehamilan dan setelah melahirkan
  • Manfaat perawatan inkubator untuk bayi
  • Manfaat pertanggungan jiwa jika anak lahir dengan cacat total dan tetap atau jika anak meninggal dunia
  1. PRUCritical Benefit 88

Manfaat:

  • UP hingga 100 persen jika tertanggung terkena salah satu dari 60 kondisi kritis tingkat akhir
  • UP sebesar 10 persen atau maksimal 200 juta jika tertanggung melakukan perawatan angioplasti
  • UP sebesar 100 persen jika tertanggung terkena risiko meninggal dunia
  • UP sebesar 100 persen jika tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan
  • UP sebesar 200 persen jika tertanggung meninggal karena kecelakaan sebelum usia 70 tahun

Kerugian Ikut Asuransi Prudential

Kerugian Ikut Asuransi Prudential

Mengutip prudential.co.id, inilah sejumlah kerugian ikut asuransi Prudential yang sering dialami nasabah.

1. Tidak mendapatkan apa-apa hingga masa asuransi habis

Pertama, kerugian yang sering dirasakan oleh nasabah adalah mereka tidak mendapatkan apa-apa hingga masa asuransi ini habis, padahal mereka selalu membayar premi secara rutin selama bertahun-tahun. 

Mereka merasa bahwa belum pernah melakukan klaim asuransi sama sekali, tetapi nyatanya tidak mendapatkan pengembalian premi atau manfaat lainnya. Menurut penjelasan Prudential, fungsi asuransi sendiri adalah sebagai proteksi risiko-risiko kerugian yang mungkin dialami.

Baca juga: Harga Unit Link Prudential Hari Ini dan Daftar Produknya

Dengan demikian, saat kamu membayar premi asuransi setiap tahunnya, bisa disebut bahwa uang yang dikeluarkan itu untuk berjaga-jaga apabila risiko buruk menimpa. Masalahnya, tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa membeli asuransi sama dengan menabung.

Dalam arti, saat tidak terpakai, kamu bisa mendapatkan pengembalian premi asuransi. Padahal, membeli asuransi seharusnya termasuk ke dalam pos pengeluaran sebab memang fungsinya untuk memproteksi finansial sehingga kamu tidak akan merasa rugi. Hidup pun menjadi merasa lebih tenang sebab finansial kamu akan tetap aman.

2. Tidak mendapatkan keuntungan dari asuransi unit link

Kerugian kedua adalah tidak mendapatkan keuntungan, padahal sudah mengikuti asuransi unit link. Sebagaimana sudah dijelaskan tadi, fungsi asuransi hanyalah melindungi—sekalipun ada embel-embel investasi dalam produk unit link.

Prudential menyebut, premi yang dibayarkan untuk asuransi unit link sebagian digunakan sebagai proteksi dan beberapa bagiannya digunakan untuk investasi sehingga tidak semua premi dibayarkan untuk investasi.

Maka dari itu, saat masa asuransi unit link ini habis, nominal yang akan kamu peroleh tentu saja tidak sebanyak premi yang sudah dibayar sebab sebagiannya digunakan untuk proteksi.  Apalagi, saat kamu melakukan cuti premi tetapi manfaat proteksi masih berjalan, pihak asuransi akan memotongnya dari nilai investasi yang sudah disetorkan.

Dengan demikian, nilai investasi juga bisa menurun karena digunakan untuk membayar cuti premi tersebut. Di samping itu, investasi yang ada di unit link pun fluktuatif mengikuti pasar keuangan. Boleh jadi investasi kamu sedang menurun sehingga nominal yang didapatkan tidak sesuai dengan harapanmu.

Keuntungan Ikut Asuransi Prudential

Di lain sisi, asuransi Prudential pun memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Inilah penjelasannya.

  1. Ada inner limit

Kalau kamu membeli asuransi kesehatan Prudential maka kamu akan mendapatkan manfaat inner limit atau yang biasa disebut limit penggantian. Adapun inner limit adalah adanya pembatasan total tagihan rumah sakit setiap melakukan rawat inap. Dengan demikian, saat kamu sakit dan harus menjalani rawat inap, kamu tidak perlu khawatir terkena limit tahunan sebab ada inner limit. 

  1. Ada pengembalian premi

Sejumlah produk asuransi Prudential memberikan pengembalian premi. Akan tetapi, memang, kamu tetap harus membaca ketentuan dan persyaratannya. Pasalnya, lazimnya nominal pengembalian premi bergantung pada kinerja investasi yang dilakukan. Kalau investasi bagus maka kemungkinan pengembalian premi dengan nominal banyak bisa didapatkan. 

  1. Masa perlindungan lama

Ketimbang produk asuransi lainnya, Prudential punya kelebihan, yaitu memberikan masa perlindungan yang cukup lama mencapai 75 tahun.  Sejumlah produk juga ada yang memberikan keuntungan, yaitu pembayaran premi asuransi hanya 10 tahun dan memperoleh manfaat hingga 75 tahun.

  1. Ada kartu PHS

Untuk diketahui, kartu PHS adalah kartu dari Prudential yang dapat digunakan untuk melakukan pengobatan di rumah sakit rekanan Prudential hanya dengan menunjukan kartunya. Dengan demikian, kamu tidak perlu mengajukan dokumen klaim sebab semuanya telah dibayarkan secara cashless. Cukup praktis. 

  1. Bisa melakukan pengobatan di luar negeri

Bagi kamu yang membeli asuransi kesehatan Prudential, kamu dapat melakukan pengobatan hingga ke luar negeri. Kamu dapat melakukannya di negara mana pun, kecuali Jepang dan Kanada.

Sekian ulasan tentang kerugian ikut asuransi Prudential yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Kode Bayar Prudential [sesuai Bank] hingga Panduan Bayarnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE