24.6 C
Jakarta
Sabtu, 15 Agustus, 2020

Ketahui Cara Menghitung Bunga Pinjaman dengan Rumus Anuitas

DuniaFintech.com – Sebelum Anda mengajukan pinjaman melalui Aplikasi online, ada baiknya pahami dulu bagaimana cara menghitung bunga pinjaman. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa total angsuran kredit (Jumlah pinjaman ditambah bunga) yang dibebankan sesuai kebenarannya.  

Setiap jenis pinjaman memiliki perbedaan dalam cara perhitungan bunganya. Meski besaran suku bunganya sama tapi dengan cara menghitung bunga pinjaman yang berbeda akan berpengaruh kepada jumlah angsuran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Pada umumnya terdapat tiga jenis perhitungan bunga pinjaman untuk semua produk pinjaman yaitu perhitungan suku bunga flat, perhitungan suku bunga efektif dan perhitungan suku bunga anuitas.

1. Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah perhitungan bunga pinjaman yang paling mudah. Dengan menggunakan perhitungan bunga flat, Anda akan membayar cicilan pokok dan bunga jumlah yang sama setiap bulannya.

Perhitungan ini biasanya dipakai untuk mengitung bunga pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan. Suku bunga flat jufa disebut sebagai suku bunga tetap dimana plafon kredit dan besarnya bunga akan dihitung secara seimbang sesuai dengan jangka waktu kredit.

Nilai bunga akan tetap sama setiap bulannya karena dihitung berdasarkan persentasi bunga yang dikalikan dengan pokok pinjaman ditambah bunga setiap bulan.

Rumus perhitungannya:

Bunga Perbulan = (Pokok Pinjaman x Suku Bunga x Jumlah Tenor) / Jumlah Bulan

2. Suku Bunga Efektif

Perhitungan suku bunga efektif atau dikenal juga sebagai sliding rate merupakan perhitungan bunga pinjaman yang dilakukan pada setiap akhir periode cicilan. Bunga kredit dihitung dari saldo akhir setiap bulannya.

Bunga dihitung berdasarkan nilai pokok yang belum dibayarkan oleh si peminjam. Dengan begitu jumlah besaran bunga tiap bulannya akan berubah-ubah sesuai dengan nilai pokok yang belum dibayarkan tersebut.

Nilai bunga yang dibayarkan oleh peminjam akan berkurang setiap bulannya sehingga cicilannya pun akan mengecil dari waktu ke waktu. Cicilan bulan kedua akan lebih kecil daripada bulan cicilan bulan pertama, cicilan bulan ketiga lebih kecil daripada cicilan bulan kedua, dan begitu seterusnya.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = Saldo Pokok x Suku Bunga per Tahun x (30 Hari / 360 Hari)

3. Suku Bunga Anuitas

Cara menghitung bunga pinjaman yang terakhir dengan suku bunga anuitas. Bunga ini merupakan sebuah bentuk modifikasi dari perhitungan bunga pinjaman efektif. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan para nasabah dalam membayar cicilan tiap bulannya.

Perhitungan bunga pinjaman ini menentukan besaran cicilan tiap bulan dengan jumlah yang sama namun komposisi bunga dan pokok cicilannya akan berubah-ubah setiap periodenya.

Nilai bunga perbulan akan berkurang namun cicilan pokoknya akan membesar. Perhitungan bunga ini membuat porsi di masa awal pinjaman menjadi sangat besar namun lambat laun akan mengecil di masa akhir pinjaman.

Rumus Perhitungannya:

Bunga = Saldo Pokok x Suku Bunga per Tahun x (30 Hari / 360 Hari)

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

5 E-Commerce Terbesar dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia, check!

DuniaFintech.com – Apa saja perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia tahun 2020? Simak ulasannya berikut ini! Pasar e-commerce Indonesia diproyeksikan akan semakin melejit hingga tahun-tahun kedepan....

Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Indonesia, Raih Keuntungan Optimal Dengan Ini

DuniaFintech.com - Masih bingung bagaimana cara mendapatkan Bitcoin gratis di indonesia? Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan investasi...

Daftar Nama Besar Perusahaan Pemberi Modal Startup Indonesia

DuniaFintech.com - Ekosistem usaha rintisan, atau dikenal dengan sebutan startup telah menjadi tren positif dalam mendukung ekonomi digital Indonesia. Adopsi dan perkembangan...

Aplikasi Penghasil Saldo Gopay yang Banyak Diburu Kaum Milenial, Apa Saja? Simak Disini

DuniaFintech.com - Generasi milenial kini semakin dimudahkan dalam mencari sumber pendapatan tambahan dengan kemajuan teknologi internet. Selain banyaknya pekerjaan sampingan dengan sistem...

Fintech P2P Lending Jadi Primadona, Pinjaman Meroket Di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com - Fintech P2P Lending jadi primadona? Pinjaman online lewat fintech peer to peer (P2P) lending meroket di tengah pandemi Covid-19 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berdasarkan...
LANGUAGE