27.2 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Keunggulan Mekanisme Blockchain, Aman & Transparan!

JAKARTA, duniafintech.com – Keunggulan mekanisme Blockchain tentunya memiliki keamanan yang kuat dan transparan dalam setiap transaksi.

Teknologi ini merupakan teknologi pendukung yang diterapkan dalam aset kripto atau mata uang digital dalam setiap transaksi.

Kekinian, keunggulan mekanisme teknologi blockchain makin populer seiring kepopuleran aset mata uang kripto sebagai instrumen investasi yang populer di dunia.

Blockchain merupakan sebuah teknologi yang digunakan dalam perkembangan mata uang digital. Blockchain adalah sebuah blok yang terkoneksi antara satu dan lainnya dengan menggunakan komputasi, blok-blok ini berisi data daftar transaksi serta melacak aset dari sebuah jaringan bisnis.

Keunggulan mekanisme teknologi ini salah satunya adalah semua yang tersimpan di blockchain ini bersifat transparan sehingga semua orang bisa melihatnya. Oleh karena itu, semua yang terlibat di dalam blockchain harus bertanggung jawab atas tindakannya masing-masing.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Industri Kripto Indonesia sedang Turun, Ini Tanggapan Asosiasi Blockchain

Penggunaan blockchain sebenarnya tidak terbatas pada mata uang digital saja. Namun, keunggulan mekanisme blockchain ini bisa digunakan untuk fungsi yang lebih luas dalam bidang teknologi dan digitalisasi. Misalnya, dalam pemesanan tiket kereta api di sebuah aplikasi menggunakan kartu kredit, maka pihak bank akan melakukan pemotongan untuk transaksi tersebut.

Perkembangan teknologi memaksa kita untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang dulunya kita membeli tiket secara langsung menggunakan uang fisik, sekarang semua didigitalisasikan.

Hampir semua transaksi jual beli menggunakan prinsip online. Dan semua yang menggunakan prinsip digital ini pasti mengadopsi salah satu keunggulan mekanisme teknologi blockchain. Jadi, yuk kenali lebih lanjut mengenai fungsi, karakteristik dan cara kerja blockchain.

Keunggulan Mekanisme Blockchain

Mengenal Apa Itu Teknologi Blockchain

Blockchain diambil dari dua kata, yaitu block dan chain. Block adalah kelompok, sedangkan chain adalah rantai. Sehingga bisa disimpulkan bahwa blockchain adalah kelompok data yang terkoneksi satu dengan lainnya. Blockchain adalah penyimpanan data digital yang saling terhubung satu sama lain.

Pada mulanya teknologi blockchain ini dikembangkan untuk mendapatkan sistem yang efisien, andal, aman dan tentunya hemat biaya.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Aturan Baru Perdagangan Kripto, Simak! 

Teknologi ini awalnya dimanfaatkan untuk pencatatan transaksi keuangan. Perbedaan cara kerja blockchain dan pendataan biasa adalah blockchain membuat data transaksi menjadi terdesentralisasi, sedangkan pendataan biasa tidak.

Blockchain merupakan pusat data dalam format digital terdistribusi yang dibagikan pada setiap titik pada jaringan komputer. Informasi dalam blockchain tergantung dengan penggunaan.

Contoh blockchain yang digunakan dalam aset kripto Bitcoin berisi informasi mengenai detail transaksi, jumlah koin, pemilih koin hingga penerima koin. Penggunaan blockchain ini pertama kali digunakan oleh Satoshi Nakamoto dalam pengembangan Bitcoin.

Karena cara kerja blockchain dengan menghubungkan data pada satu jaringan ke jaringan yang lain, jika terjadi masalah pada satu jaringan akan berdampak pada semua rantai. Sehingga untuk mengoperasikan teknologi ini dibutuhkan komputer dengan kemampuan yang besar yang dibentuk dari komunikasi antar beberapa komputer.

Keunggulan Mekanisme Blockchain

Teknologi Blockchain memiliki banyak manfaat. Mekanisme keunggulan blockchain yang menyerupai buku besar digital yang bebas akses membuat teknologi ini sangat pas digunakan di bidang keuangan, khususnya cryptocurrency, memiliki keunggulan tersendiri.

Tidak hanya memiliki sistem yang transparan, blockchain juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Berikut adalah penjelasan mengenai keunggulan cara kerja blockchain. Di antaranya:

1. Keunggulan Mekanisme Blockchain: Sistem yang Transparan

Blockchain memiliki sistem yang sudah terbukti transparan. Ini karena setiap transaksi yang terjadi memiliki public access yang bisa diakses siapa saja tanpa harus log in akun. Tentunya sistem ini sangat berbeda dengan sistem perbankan yang memiliki banyak tahapan untuk mengaksesnya.

Sistem blockchain yang transparan ini memungkinkan kamu untuk memastikan setiap aset yang kamu miliki tidak sembarang digunakan oleh perusahaan finansial.

2. Keunggulan Mekanisme Blockchain: Teknologi yang Dijamin Aman

Selain transparan, sistem blockchain pun juga terbukti aman. Sistem ini memiliki algoritma konsensus sebagai mekanisme pembuktian transaksi dilakukan oleh pemilik.

Mekanisme blockchain yang tidak dapat mengedit dan menghapus transaksi juga membuat sistem ini memiliki keunggulan tersendiri dan lebih aman. Karena peretas tidak dapat mengubah apapun dan tidak dapat mengambil data apapun.

Itulah penjelasan lengkap dari Kami mengenai keunggulan mekanisme blockchain. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Dijamin Cuan, Ini Cara Aman Trading Bitcoin

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE