26.1 C
Jakarta
Rabu, 17 Juli, 2024

Kiat Memulai Bisnis untuk Milenial di Tengah Badai Resesi

Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab terjadinya badai resesi yang melanda Indonesia. Dampaknya terhadap dunia ekonomi terlihat sangat signifikan, yakni ditandai dengan banyaknya pengangguran dan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Lantas, bagaimana kiat memulai bisnis buat milenial di tengah badai resesi?

Resesi ekonomi menjadi cobaan tersendiri bagi kaum milenial. Namun, hal itu bukan berarti akhir dari sebuah perjalanan hidup. Walaupun keadaan ekonomi Indonesia saat ini sulit, akan tetapi peluang membangun bisnis sangat terbuka lebar. Asalkan jeli melihat pasar dan tepat sasaran, anda bisa bangkit dari tengah badai resesi yang melanda.

7 Kiat Memulai Bisnis untuk Kaum Milenial di tengah Badai Resesi

Kaum milenial memiliki peluang sangat lebar untuk membangun usaha atau bisnis di tengah badai resesi. Bagi yang baru saja terkena PHK atau belum mendapatkan pekerjaan, coba ciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan memulai bisnis. Nah, simak beberapa kiat dan tips memulai bisnis bagi milenial berikut ini !

1. Mencari Tahu Bidang yang Disukai

Sebuah bisnis bisa berkembang dengan pesat jika didalamnya ada peran seorang wirausahawan yang giat dan ahli dalam mengembangkan usaha. Oleh karena itu, menggeluti pekerjaan pada bidang yang disukai menjadi faktor terbesar suksesnya sebuah bisnis. Jika anda menyukai tata boga, fokuslah membangun usaha dalam bisnis makanan.

2. Menemukan Target Pasar yang Tepat

Nah, kiat kedua khusus untuk milenial yang ingin membangun sebuah bisnis di tengah badai resesi yaitu mencari target pasar. Setelah tahu bisnis apa yang hendak dibangun, pastikan anda menemukan target pasar yang tepat. Hal ini akan membuat bisnis anda melesat dengan cepat. 

3. Mencari Informasi yang Relevan

Berikutnya, mencari informasi yang terkait dengan bidang usaha yang dibangun menjadi kiat paling penting yang tak boleh terlewatkan. Pastikan anda mencari informasi mengenai bahan makanan yang berkualitas dari penyuplai makanan yang terbaik. Dalam masalah ini, anda bisa mendapatkan informasi dari media massa, rekan, keluarga dan sumber lainnya.

4. Fokus Membuat Konsep Bisnis

Fokuslah membuat ide usaha dengan konsep terbaik adalah kiat selanjutnya. Konsep bisnis yang tepat akan lebih mengoptimalkan gagasan bisnis yang ingin diwujudkan. Jika perlu, diskusikan konsep bisnis usaha yang hendak dibangun bersama orang terpercaya sehingga bisa memperoleh gagasan yang lebih bagus demi keberlangsungan bisnis kedepannya. 

5. Menghitung Modal Usaha 

Setelah konsep bisnis tersusun dengan rapi, inilah saatnya untuk menghitung modal usaha. Pastikan anda telah menyiapkan dana untuk pembelian perlengkapan usaha, penyediaan aset, biaya tenaga kerja, ongkos listrik, sewa ruang dan ongkos opersional lainnya. Sebaiknya untuk langkah awal hindari menghutang dari bank ya!

6. Merealisasikan Usaha 

Harus ada tindakan yang nyata untuk mulai membangun bisnis. Oleh karena itu, realisasikan konsep bisnis yang sudah direncanakan dengan matang dan yakinkan tidak ada yang terlewatkan. Lakukan strategi produksi dan marketing yang tepat untuk memaksimalkan usaha. 

7. Meminta Review dari Customer

Jika usaha sudah terealiasiskan dan bisnis telah berkembang, maka jangan luput untuk melakukan penilaian. Meminta review, saran dan kiritikan dari customer menjadi hal penting yang tak boleh terlewatkan. Dari sana, anda bisa melihat sejauh mana bisnis anda berkembang, apa saja yang perlu diperbaharui atau diubah dari bisnis anda. 

Demikianlah 7 kiat memulai bisnis buat milenial di tengah badai resesi. Dengan menerapkan kiat-kiat diatas, diharapkan bisa menjadi salah satu langkah awal membangun bisnis dengan sukses di tengah badai resesi. 

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU