28.2 C
Jakarta
Minggu, 21 Juli, 2024

Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Global saat Ini

Sistem informasi memegang peranan penting hampir di seluruh sektor bisnis di dunia. Berperan dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang keunggulan strategi kompetitif organisasi serta menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan. Lalu, bagaimana dengan sistem informasi dalam kegiatan bisnis global saat ini?

Mengingat sistem informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi, maka penting bagi siapapun untuk mempelajari sistem informasi manajemen. Sistem informasi dapat disebut sebagai dasar bagi jalannya bisnis saat ini karena dapat membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global. 

Sistem Informasi dalam Dunia Bisnis

Sebuah perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik jika didalamnya tidak didukung oleh peran sistem informasi. Karena dengan adanya teknologi informasi segala jenis kegiatan dalam bisnis dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, mendukung proses pengambilan keputusan hingga memperkuat posisi kompetitif bisnis dalam pasar global.

Sistem Informasi dapat Mengubah Bisnis

Jika ditanya bagaimana sistem informasi mengubah bisnis? Coba perhatikan lingkungan sekitar anda, apakah kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas bisnis menggunakan kecanggihan teknologi ? Anda bisa melihat bahwa kecanggihan sistem teknologi informasi saat ini banyak yang mengandalkan jaringan internet dan mengubah bisnis menjadi maju.

Tantangan dan Peluang Sistem Informasi dalam Globalisasi

Indonesia harus bisa lolos dalam tantangan dan mengambil peluang dalam berbisnis melalui sistem informasi. Memasuki era globalisasi, itu berarti semua arus komunikasi dan sistem informasi telah berjalan semakin dahsyat. Hal ini tentu saja menjadi tantangan sekaligus peluang bagus bagi Indonesia untuk mendapatkan sektor bisnis yang menguntungkan.

Tujuan Bisnis Strategi 

Adapun tujuan bisnis strategis dari sistem informasi, yang mana mendorong perusahaan bisnis dapat berinvestasi dalam jumlah besar. Diantara tujuannya adalah peningkatan kualitas pengambilan keputusan, kinerja operasional yang memuaskan hingga peningkatan daya saing.

Peran Sistem Informasi dalam Bisnis Global

Sistem informasi memegang peranan penting bagi keberlangsungan bisnis global saat ini. Manfaat penggunaan sistem informasi tentu saja memberi dampak positif, terutama di lingkungan bisnis global. Berikut beberapa peranan sistem informasi dalam bisnis global yang perlu anda ketahui:

1. Mendukung Operasi Bisnis

Sistem informasi memiliki peranan dalam mendukung operasi bisnis, menyediakan dukungan bagi manajemen dalam kegiatan bisnis setiap harinya. Saat tanggapan yang cepat menjadi kebutuhan paling penting, maka dengan adanya kemampuan sistem informasi yang canggih saat ini dapat mengumpulkan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi penting.  

2. Mendukung Pengambilan Keputusan

Turut serta mendukung pengambilan keputusan dalam manajemen, merupakan salah satu peranan sistem informasi yang dapat membuat bisnis berkembang menjadi lebih baik. Dengan adanya sistem informasi ini nantinya dapat membantu manajer dalam membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat

3. Mendukung Keunggulan Strategis

Peran serta fungsi sistem informasi yang ketiga yakni dapat membantu pencapaian sasaran strategis perusahaan. Dengannya, sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa diharapkan dapat menciptakan keunggulan dalam bersaing di pasar. Sehingga perusahaan akan terus maju seiring dengan semakin canggihnya sistem informasi dan teknologi.

Nah, itulah dia beberapa peranan sistem informasi dalam kegiatan bisnis global saat ini. Setelah mengetahui bahwa sistem informasi memegang peranan yang cukup penting dalam bisnis, lakukan berbagai macam usaha terbaik untuk mengembangkan sistem informasi yang digunakan di dalam perusahaan, demi kepentingan perusahaan itu sendiri,

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU