26.7 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Panduan dan Tips Aman Menggunakan KlikBCA Bisnis

Sebagaimana namanya, KlikBCA Bisnis adalah produk digital dari Bank BCA. Produk yang satu ini berbasis web dan dipakai untuk bertransaksi dan melakukan pengontrolan keuangan untuk bisnis.

Mengingat produknya berbasis web, tidak perlu ada aktivitas penginstalan di device apa pun yang akan Anda gunakan. Anda dalam hal ini hanya perlu menggunakan browser dalam pengaksesannya.

Keberadaan produk digital ini diperuntukkan sebagai solusi para nasabah BCA yang mesti mengelola keuangan untuk bisnis. Dengan demikian, apabila ada transaksi, pelaku bisnis tidak harus datang mengantre ke bank.

Di samping itu, layanan dengan jenis internet banking bca ini pun akan sangat memudahkan dan menghemat waktu para pebisnis yang terbilang sibuk. Di sisi lain, penggunannya pun relatif sama dengan internet banking lainnya, yakni Anda hanya perlu menggunakan laptop, ponsel dan juga akses internet.

Bukan hanya untuk transfer dana tanpa limit harian, internet banking yang satu ini pun dapat dipakai untuk melakukan transaksi lainnya, misalnya seperti e-billing pajak dan account sweeping otomatis untuk pengelolaan laporan keuangan mendetail.

KlikBCA Bisnis: Syarat dan Cara Daftar

Syarat dan angkah-langkah untuk mendaftarkan diri di produk ini sangat mudah, yakni:

  • Punya rekening bisnis di BCA.
  • Kalau belum punya rekening bisnis, Anda dapat mendatangi cabang BCA tempat membuka rekening bisnis sekaligus mengaktifkan klik BCA bisnis.
  • Mengisi formulir yang disediakan.
  • Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan.
  • Anda akan memperoleh Corporate ID, User ID, KeyBCA, VPN Installer, panduan penggunaan, dan PIN KeyBCA.

Selanjutnya, Anda dapat langsung menggunakan layanannya yang sudah aktif, yakni dengan login lewat ponsel ataupun laptop.

Panduan Penggunaan KlikBCA Bisnis dengan VPN

  1. Buka website Klik BCA

Anda bisa mengunjungi website www.klikbca.com, lalu Anda bisa memilih untuk login ke dalam akun bisnis.

  1. Login ke VPN

Anda sebelumnya harus login terlebih dahulu ke dalam VPN lewat link https://vpn.klikbca.com/. Kemudian, Anda bisa mengisi kolom username dan password. Keduanya merupakan corporate ID dan user ID dari layanan internet banking ini yang digabungkan. Ketika memasukkan username, tidak perlu dispasi antara corporate ID dan user ID-nya. Misalkan, Corporate ID-nya adalah “KWFINTECH” dan ID-nya “FINANCE01” maka penulisannya KWFINTECHFINANCE01.

Adapun untuk password-nya adalah respons dari keyBCA apply1.

  • Tekan tombol merah
  • Masukkan PIN keyBCA
  • Tekan angka 1 dan akan muncul contoh seperti di bawah.

Lalu, masukkan hasil nomor yang tertera pada keyBCA ke kolom password.

  1. Login kembali 

Anda kemudian harus login kembali. Namun, di tahap ini, masukkanlah corporate ID dan user ID di kolom terpisah. Untuk password-nya, masukan dengan cara yang sama. Sekarang, Anda bisa langsung menggunakan layanan ini.

Tips Aman Bertransaksi

  • Jangan mengakses layanan ini dari banner yang ada di situs internet. Anda harus akses langsung melalui www.klikbca.com.
  • Jika Anda menemukan situs ini di tempat lain atau email, pastikan untuk mengecek apakah huruf “L” dari nama situs benar-benar huruf “l” kecil, atau huruf “i” besar.
  • Jangan melakukan save username dan password pada browser sebab klikBCA menggunakan dynamic password.
  • Jangan pernah melakukan pendaftaran layanan internet banking ini untuk mendapatkan hadiah atau alasan apa pun atas permintaan orang via telepon atau media lain.
  • Anda perlu menjaga kerahasian Corporate ID, User ID, dan PIN untuk mengaktifkan KeyBCA dan KeyBCA response.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan PIN yang mudah ditebak orang-orang terdekat, misalnya berupa tanggal lahir, nomor telepon, dan yang lainnya.
  • Tidak menuliskan Corporate ID, User ID, dan PIN ditempat yang mudah ditemukan.
  • Tidak menggunakan Corporate ID, User ID, dan PIN untuk mengaktifkan keyBCA di situs lain, kecuali di website resmi layanan ini.
  • Lakukan transaksi di tempat yang terjamin keamanannya, baik itu laptop atau komputer PC di rumah milik pribadi maupun di kantor atau kiosk di kantor cabang BCA.
  • Jangan biarkan siapa pun untuk melakukan registrasi layanan internet banking milik Anda ini atau transaksi lainnya.

Keunggulan

  1. Lebih Terjamin Keamanannya

Adapun cara kerja VPN layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Saat Anda mengakses layanan ini maka akan langsung menggunakan VPN.
  • Penyedia layanan VPN di internet banking ini bakal menggunakan protokol dan jalur khusus yang menjadikan aktivitas Anda di dalam internet nantinya lebih aman.
  • Mereka pun akan tetap menjaga koneksi internet Anda dalam ranah privasi, membuat jaringan internet Anda terenkripsi sehingga melindungi dari penyusup online yang punya niat tidak baik, terlebih lagi ketika Anda menggunakan internet publik atau umum.
  • Dengan demikian, Anda bisa dengan aman melakukan transaksi perbankan secara online, mulai dari transafer dana sampai pembayaran tagihan.
  1. Melakukan Transaksi Bisnis Lebih Praktis dan Hemat Waktu

Anda akan dapat melakukan segala transaksi keuangan bisnis dengan mudah melalui layanan ini, mulai dari melihat informasi saldo rekening, transfer dana rupiah atau mata uang asing ke rekening tujuan bank lain, membayar tagihan pajak, BPJS Ketenagakerjaan, Listrik, melakukan multi transfer, sampai adanya B2B pertamina.

  1. Tidak Repot dalam Membayar Gaji Karyawan

Hal yang bisa digunakan dengan aplikasi ini, antara lain, pengusaha dapat menggunakan fitur transfer dana untuk membayar gaji karyawan dengan sistem payroll. Syaratnya adalah karyawan juga harus menggunakan rekening BCA.

  1. Adanya Layanan B2B Pertamina

B2B pertamina merupakan solusi untuk para pengusaha SPBU. Fitur yang satu ini diutamakan bagi para pelanggan atau pengusaha Pertamina agar dapat melakukan pemesanan serta pembayaran atas transaksi pembelian produk-produk Pertamina dengan lebih mudah.

Demikianlah penjelasan mengenai KlikBCA Bisnis yang merupakan produk digital dari Bank BCA. Dengan menggunakan layanan internet banking dari bank populer di Indonesia ini, Anda sebagai pengusaha tentu saja akan memperoleh manfaat dan merasakan kemudahan dalam bertransaksi nantinya.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE