25 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Kitabisa: Syarat Campaign hingga Alokasi Dana

Kitabisa adalah platform aplikasi mobile maupun web untuk menggalang dana dan berdonasi secara online atau biasa dikenal sebagai crowdfunding. Platform crowdfunding Kita Bisa berdiri sejak 2013 lalu melalui situs dan aplikasi yang kini menjadi jembatan kebaikan dan wadah gotong royong bagi masyarakat Indonesia.

Platform crowdfunding ini sampai sekarang telah menjadi wadah kebaikan untuk lebih dari 6 juta donatur dengan 100.000 galang dana yang dilakukan di situs maupun aplikasi kita bisa. Terhitung setiap bulannya bahwa platform ini telah memfasilitasi lebih dari 1,5 juta transaksi donasi dengan permintaan galang dana sebanyak 4.000 galang dana sosial, ratusan yayasan dan lembaga sosial di 34 provinsi, bahkan ratusan pasien yang membutuhkan kurang lebih sebanyak 150 rumah sakit yang ada di seluruh Indonesia.

Platform crowfunding ini memiliki badan hukum yayasan yang menjalankan fungsi sebagai operator seluruh kegiatan galang dana dan donasi yang ada di platform aplikasinya, mulai dari pendaftaran, verifikasi galang dana hingga pelaporan kepada donatur maupun Kementerian Sosial. PT Kitabisa Indonesia adalah badan usaha yang menawarkan jasa dan konsultasi di bidang pengembangan dan pengelolaan teknologi dan juga jasa konsultasi dan agensi untuk CSR (Corporate Social Responsibility) dan NGO (Non-Governmental Organization).

Biaya operasional yayasan ini dibiayai dari biaya administrasi platform sebesar 5% dan subsidi pendapatannya akan digunakan untuk memberikan dukungan teknologi platform serta mensubsidi sebagian operasional yayasan. Terhitung dari jumlah total penerimaan donasi di yayasan kita bisa selama tahun 2020 sebesar Rp835 miliar, dari total penerimaan donasi untuk program yang dikenakan biaya administrasi sebesar 5%, maka total penerimaan dari biaya administrasi yang diterima selama tahun 2020 terhitung sebesar Rp36,5 miliar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk memberikan dukungan teknologi platform serta mensubsidi sebagian besar operasional Yayasan Kita Bisa. 

Alokasi Dana dari Biaya Administrasi Yayasan Kita Bisa

Berikut ini adalah rincian alokasi dana dari biaya administrasi yang digunakan untuk operasional Yayasan dan Platform Kita Bisa.

  1. Biaya Personil

Dana yang diperoleh dari biaya administrasi dari urun dana yang difasilitasi oleh kita bisa akan dialokasikan sebagian besar untuk personil atau tim yang mengelola platform crowdfunding tersebut. Biaya yang dikeluarkan akan dibagi oleh 216 orang yang mengelola semua proses urun dana dan donasi, mulai dari pendaftaran dan verifikasi galang dana hingga pelaporan kepada donatur maupun administrasi ke Kementerian Sosial.

  1. Biaya kelola Website

Kita bisa adalah platform crowdfunding yang beroperasi melalui website maupun aplikasi mobile. Karena itulah biaya administrasi dikenakan pada saat mengadakan urun dana melalui platform kita bisa dan dana tersebut akan dialokasikan untuk memberikan dukungan teknologi pada platform mereka. Biaya ini meliputi biaya sewa website dan aplikasi, serta layanan SMS, WhatsApp, Email, dan Tools lainnya untuk memudahkan proses donasi dan urun dana.

  1. Iklan dan Promosi

Selanjutnya dana yang terkumpul dari biaya administrasi tersebut akan dialokasikan untuk melakukan aktivitas pemasaran dan iklan, baik melalui kanal digital maupun kanal konvensional. Tujuan dari aktivitas pemasaran dan iklan tersebut adalah untuk menjangkau lebih banyak orang yang ingin berdonasi dan membantu siapa saja yang sedang membutuhkan.

  1. Biaya Jasa Profesional

Alokasi dana selanjutnya yaitu untuk membiayai jasa profesional, audit dan pajak, dan biaya lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kita bisa mempunyai bukti sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi mereka kepada pengguna platformnya, bahwa aktivitas urun dana dan donasi yang dikelola Yayasan Kita Bisa secara rutin melakukan audit oleh lembaga akuntan publik independen setiap tahunnya. 

  1. Biaya Lain-Lain

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa selain untuk membayar biaya jasa profesional dan semacamnya, kita bisa juga mengeluarkan dananya untuk menyewa kantor, peralatan, dan kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh kantor untuk operasional harian mereka.

Semua pengeluaran tersebut dibutuhkan untuk membuat semua proses galang dana dan donasi agar lebih mudah, amanah, dan lebih cepat dilakukan sehingga ada lebih banyak orang yang bisa terbantu dari acara urun dana tersebut.

Jadi, setelah mengenal platform crowdfunding kita bisa, apakah tertarik untuk menjadi kitabisa campaign atau sebagai donatur? Langsung saja unduh aplikasi kitabisa login pada saat aplikasi sudah terinstall dan lakukan kebaikan untuk seluruh orang yang sedang membutuhkan. Karena hanya melalui platform inilah jumlah donasi yang ditentukan minimal Rp1.000 pada tiap acara urun dana.

Kitabisa Campaign: Syarat Pengajuan hingga Pelaksanaannya

Pada dasarnya campaign adalah suatu cara untuk mempromosikan produk melalui berbagai media yang berbeda. Namun, kitabisa campaign yang ada di platform kita bisa merupakan platform yang memfasilitasi siapa saja yang merupakan salah satu cara untuk menggalang dana secara online dengan tujuan sosial dan membantu sesama atau menciptakan karya bagi siapa saja.

Syarat yang dibutuhkan menjadi seorang campaigner di platform kita bisa, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP khusus perseorangan.
  • Untuk badan hukum harus menyertakan NPWP dan Akta Notaris tentang pendirian organisasi yang bersangkutan.
  • Bersedia melakukan serangkaian proses verifikasi akun kita bisa dan melengkapi kelengkapan lainnya apabila diperlukan.
  • Campaigner harus bisa menjamin bahwa setiap informasi yang diberikan kepada situs kita bisa merupakan data valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Setelah memahami persyaratan di atas, berikut ini adalah cara pelaksanaan untuk menjadi seorang campaigner yang menggalang dana bagi mereka yang membutuhkan.

  • Campaigner akan melakukan apa yang telah dijanjikan yang tersedia di dalam campaign melalui platform, termasuk memenuhi kewajiban secara tuntas imbalan kepada Donatur dalam hal suatu imbalan telah dijanjikan.
  • Campaigner diharuskan selalu memberikan laporan pelaksanaan campaign secara transparan, kredibel, dan dilengkapi dengan dokumentasi dan bukti pendukung yang layak kepada donatur dan pengelola platform melalui platform kita bisa.
  • Campaigner harus menjalankan kewajibannya sebagaimana dimuat dalam perjanjian kerja sama khusus tersebut.
  • Terkait dengan hal pelaksanaan campaign tidak dapat dipenuhi, jika keadaan memaksa.

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah platform kita bisa ini merupakan salah satu platform crowdfunding terpercaya di Indonesia. Karena platform ini sudah memiliki badan hukum yayasan untuk aktvitas penggalangan dana hingga badan hukum perseroan (PT) untuk pengembangan teknologi. Platform ini juga dijalankan dengan amanah dan sesuai aturan yang berlaku, kita bisa sudah memiliki izin dan legalitas untuk menjalankan semua kegiatan penggalangan dana.

 

Penulis: Kontributor

Editor: Anju Mahendra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE